11 Trik Desain Ruang Tamu Kecil Yang Membuat Tamu Terpana

Desain Ruang Tamu Kecil

Semua orang paham bahwa mendekorasi suatu ruangan tidak akan semudah dan semulus yang dibayangkan, apalagi untuk ruang tamu yang kecil! Tantangan sebenarnya datang dari bagaimana menata, memilih furnitur, dan juga menentukan warna yang tepat di sana. Desain ruang tamu yang kecil harus memberikan tampilan visual yang nyaman, elegan dan seimbang.

Trik dekorasi ruang tamu kecil datang dalam banyak cara, tetapi 10 Trik Desain Ruang Tamu Kecil ini akan bekerja dengan baik untuk pengoptimalan ruang Anda! Jadi, ayo gulir dan dapatkan lebih banyak inspirasi untuk desain ruang tamu Anda.

11 Trik Desain Ruang Tamu Kecil

11 Trik Desain Ruang Tamu Kecil Yang Membuat Tamu Terpana
11 Trik Desain Ruang Tamu Kecil Yang Membuat Tamu Terpana Yang Membuat Tamu Terpana

1. Desain Ruang Tamu Kecil Dengan Wallpaper dan Cermin
Pada ruangan berskala kecil dan jendela pendek, hal ini dapat membuat ruangan tampak seperti kotak persegi. Untuk mempercantik tampilannya, Anda bisa memasukkan cermin untuk menambah titik fokus, memberi pantulan cahaya, dan menciptakan kedalaman bidang.

Kursi cinta bisa Anda letakkan di tengah dinding aksen lalu balut dengan sepasang meja samping dan lampu dinding atau lampu lantai untuk kesan harmonis. Menambahkan ottoman besar bisa berfungsi ganda sebagai tempat duduk tambahan atau bisa menjadi meja kopi untuk ruang kecil (tergantung kebutuhan Anda).

2. Gunakan Furnitur Yang Ramping Untuk Desain Ruang Tamu Kecil
Yang paling memakan tempat dalam ruang tamu adalah ketika Anda salah memasukkan furnitur kedalamannya! Terlebih lagi ketika Anda membawa sofa berukuran penuh untuk ruang tamu kecil? Ini akan melahap habis area bebas yang Anda miliki. Ketika memilih furnitur pastikan membawa masuk furnitur yang serasi dengan ukuran ruang, furnitur besar untuk ruangan berskala besar, dan furnitur ramping lebih cocok untuk ruangan kecil (minimalis).

Untuk Desain Ruang Tamu Kecil, penggunaan furnitur yang lebih ramping akan berdampak besar untuk tampilan visual Anda! Mereka menjadi cara untuk membuat kesan lebih lapang, dan keseimbangan bisa di dapatkan dengan lebih mudah.

3. Optimasi area Vertikal
Ruang tamu berukuran kecil sering kali kekurangan area horizontal, dan untuk itulah optimasi area vertikal menjadi ide yang masuk akal. Ketika memiliki langit-langit ruang tamu yang tinggi, Anda bisa menggunakannya untuk menarik pandangan pengguna ruang agar berpikir bahwa ini adalah ruang lebih luas dan tinggi dari yang sebenarnya.

4. Gunakan Penyimpanan Tersembunyi
Pilihan dengan furnitur built-in yang memiliki penyimpanan tambahan akan memberikan batasan terhadap kekacauan di dalam ruang tamu berukuran kecil. Kami suka pilihan meja kopi yang memiliki laci tarik tersembunyi di bawahnya, meja seperti ini membantu untuk menghilangkan tampilan tumpukan buku dalam ruang tamu dan bahkan Anda tidak akan menyadarinya!

5. Gunakan Sofa Yang Lebih Ramping
Dalam beberapa kasus, penggunaan sofa berukuran penuh mungkin bisa menjadi bencana! Anda harus mempertimbangkannya lagi, pilihan kursi cinta adalah ide yang lebih bagus atau mungkin Anda bisa menggunakan sofa mungil untuk ruang tamu kecil.

Jangan lupa untuk menggunakan sofa yang memiliki garis bersih dengan kaki terbuka untuk membuat lantai di ruang kecil tampak lebih jelas dan memberikan tampilan ruang lebih lapang!

Selain sofa dengan tampilan ramping, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan sofa tanpa sandaran! Untuk ruang berskala kecil, terkadang penempatan sofa di sudut ruang bisa menjadi aneh. Anda bisa menggantinya dengan sofa tanpa sandaran dan tempatkan di tengah ruangan. Ini juga menjadi pilihan alternatif yang wajib untuk di pertimbangkan!

Dapatkan Pilihan Meja Ruang Tamu Di Sini

6. Gunakan Tanaman
Tanaman juga menjadi salah satu aksesoris untuk ruang tamu Anda, menambahkan beberapa tanaman hias akan memberikan lebih banyak kedalaman untuk ruangan itu sendiri. Bahkan, tanaman tidak membutuhkan terlalu banyak ruang, karena penempatan di sudut sudah sangat cukup untuknya!

Pilihan dengan tanaman hijau subur akan menghiasi ruang tamu dan menipu mata untuk berpikiran bahwa ruangan ini adalah ruang yang lebih besar dari yang ada.

7. Gunakan Furnitur Multifungsi
Dalam Desain Ruang Tamu Kecil, penggunaan furnitur dengan tugas ganda akan memberikan hasil yang sangat baik! Kami suka sofabed, atau meja ottoman kecil dengan penyimpanan ekstra dan bisa di gunakan sebagai tempat duduk tambahan dalam ruang kecil.

Anda bisa meletakan sofa ramping agak jauh dari dinding, dan gunakan dua sandaran besar yang rendah untuk meja kopi atau kursi!

8. Gunakan Warna Netral Atau Pastel
Penggunaan warna cat memiliki pengaruh besar untuk desain ruang tamu kecil Anda! Dampak visual yang akan berhasil adalah dengan menggunakan warna pastel atau netral dalam ruangan kecil.

Warna netral adalah warna yang akan memantulkan cahaya datang dan menyebarkan ke setiap penjuru ruang, sedangkan nada gelap adalah cara untuk memberikan tampilan dramatis dalam ruang. Jadi, penggunaan nada netral akan membantu Anda menciptakan tampilan visual yang lebih besar!

9. Cahaya Alami
Dalam ruangan berskala kecil, cahaya alami adalah teman Anda! Mereka menjadi salah satu elemen yang akan menciptakan tampilan lebih segar, hangat, dan lapang untuk ruang berskala kecil.

Kombinasi dari cahaya alami dengan warna netral atau pastel adalah yang terbaik untuk memberikan perubahan besar dalam dekorasi ruang kecil.

10. Seni dinding
Perlu di ingat bahwa, ruang kecil juga membutuhkan sebuah titik fokus untuk mengikat ruang. Ketika membawa masuk titik fokus atau karya seni dalam ruang kecil, pastikan untuk tidak berlebihan!

Sebuah seni dinding dengan ukuran besar sudah sangat cukup untuk ruang tamu kecil Anda. Ketika memiliki banyak seni dinding mereka tidak akan membuat ruang menjadi elegan, melainkan mengacaukan tampilan visual!

Yang Terakhir dalam desain ruang tamu kecil adalah untuk selalu menjaga ruang tetap rapi dan teratur. Semua yang di lakukan bisa menjadi sia-sia ketika ruangan berantakan dan tidak menyenangkan untuk di lihat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *