10 Cara Menata Ruang Tamu Sederhana

10 Cara Menata Ruang Tamu Sederhana

Penataan furnitur sering kali menjadi sebuah tugas yang menakutkan untuk beberapa pemilik rumah. Ketika kita berhadapan dengan sebuah ruangan kosong, mengisi dengan cara paling sederhana dan menyenangkan secara estetika bisa menjadi tugas yang cukup berat! Memilih warna, ukuran, dan juga bahan yang tepat bukanlah hal mudah untuk di lakukan. Dengan beberapa cara menata ruang tamu ini, Anda tidak akan merasa takut lagi untuk mengatur dan memilih furnitur, jadi teruslah menggulir untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi!

10 Cara Menata Ruang Tamu

Pilih Fokus ruang
Cara menata ruang tamu yang pertama kali harus di lakukan adalah dengan menentukan titik fokus di dalamnya (ini berlaku untuk setiap ruang). Jangan pernah menyepelekan penentuan fokus ruang Anda! Terkadang titik fokus bisa hadir secara alami mungkin dengan sebuah jendela yang lebih menonjol, atau sebuah perapian. Namun, ketika Anda tidak memilikinya membuat secara mandiri menjadi satu-satunya cara untuk memulai!

Mungkin, Anda bisa membuat titik fokus dengan sebuah area menonton, pajangan dinding, atau lain sebagainya dan mulailah mengatur setiap furnitur agar mengelilingi titik fokus yang Anda buat.

Jangan dorong semua furnitur ke dinding
Ukuran ruang yang ada akan menjadi penentu seberapa besar jarak antar furnitur dengan dinding Anda. Dan ketika memiliki ruangan dengan skala kecil, pastikan untuk memberikan sedikit area bebas di belakangnya! Cara ini memang terdengar cukup aneh, namun memberikan sedikit ruang bernafas pada dinding dan furnitur akan memberikan kesan ruang yang terasa lebih besar.

Jadilah kreatif dengan pengaturan furnitur Anda, berusahalah untuk menciptakan area percakapan yang menyenangkan, dan tetap memberi sedikit area bernafas antar dinding yang ada.

Ciptakan area percakapan yang baik
Untuk mendapatkan ruang tamu yang paling nyaman, cara menata ruang tamu yang tidak kalah penting adalah dengan menciptakan area percakapan yang jelas! Yang kami maksudkan di sini adalah dengan memberikan jarak yang tepat di pada ruangan Anda agar setiap orang yang ada dapat berbicara dengan baik tanpa harus menjulurkan leher atau berteriak!

Memosisikan sofa dan kursi dengan saling berhadapan (cukup dekat satu sama lain) merupakan cara efektif untuk memaksimalkan pengaturan di ruang tamu Anda. Namun, ketika Anda memiliki ruang tamu dengan skala yang lebih besar cobalah untuk membuat 2 atau lebih area percakapan di sana.

Cara menata ruang tamu Dengan menciptakan Keseimbangan visual
Keseimbangan visual merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam dekorasi dan penataan ruang tamu Anda. Ketika mengatur furnitur yang ada, perhatikan setiap ukuran dan penempatan potongan yang ada. Pastikan untuk tidak mengelompokkan semua potongan besar atau kecil di satu sisi akan membantu Anda dalam pengaturan ini.

Ketika mengelompokkan potongan pada satu sisi, Anda akan mendapatkan kesan ruang yang miring!

Lalu lintas ruang tamu
cara menata ruang tamu bukan hanya tentang mendapatkan area bebas, area percakapan, dan juga pengaturan furnitur saja. Namun, Anda juga harus mendapatkan area lalu lintas yang nyaman di sana. Jangan sampai Anda atau tamu tersandung kaki furnitur ketika melewati ruang. Pastikan agar Anda memberikan beberapa inci jarak antar meja kopi dengan sofa Anda, agar area lalu lintas yang ada semakin jelas dan tidak menyulitkan orang yang lewat.

Permadani
Untuk menciptakan area yang lebih jelas dalam pengaturan ruang tamu, Anda bisa menggunakan permadani di bawah furnitur (semua furnitur yang ada). Ketika Anda menggunakan permadani di ruang tamu, pastikan memilih permadani dengan ukuran yang cukup besar untuk menampung semua furnitur yang ada!

Permadani merupakan cara menata ruang tamu untuk mendapatkan tampilan yang lebih terkoordinasi untuk area percakapan Anda! Pastikan setiap kaki furnitur berada di atas permadani (setidaknya satu kaki depan).

Meja kopi
Memilih meja kopi dengan ukuran yang pas sering kali memberikan tambahan estetika dan fungsi untuk ruang tamu. Meja kopi berfungsi sebagai sebuah jangkar ruang dan memberikan kenyamanan bagi para tamu untuk meletakan minuman, serta dapat di jadikan sebagai tempat pamer berbagai aksesoris favorit yang ada miliki.

Menggunakan ukuran yang tepat akan menawarkan akses lebih mudah dari kursi tanpa harus berdiri! Anda juga harus memberikan ruang yang cukup antar tempat duduk dan kursi, agar mudah di lewati tanpa membuat tamu lain mengangkat kakinya.

Pengaturan kursi
Pada dasarnya setiap kursi harus memiliki akses yang mudah untuk mengapai meja samping atau meja kopi. Jangan biarkan tata letak mengharuskan pengguna ruang untuk berjalan dari tempat duduknya hanya untuk meletakan atau mengambil minuman yang di suguhkan.

  • Ketika menggunakan meja samping, setidaknya Anda harus memiliki ketinggian yang setara dengan lengan pada kursi di dekatnya (lebih rendah lebih baik).
  • Ketinggian meja kopi setidaknya harus setinggi dengan ketinggian kursi atau sofa Anda

Tetap terang
Pencahayaan memang tidak menjadi salah satu cara menata ruang tamu, namun pencahayaan merupakan salah satu elemen penting untuk menciptakan ruang. Ketika membawa pencahayaan pada ruang tamu, setidaknya Anda harus memiliki 3 sumber cahaya. Penggunaan overhead, lampu lantai, lampu meja atau sconce dinding menjadi ide yang masuk akal untuk meningkatkan tampilan dekorasi yang ada.

Gunakan hiasan dinding dengan ukuran yang pas
Apa pun item yang akan Anda gantungkan pada dinding (hiasan dinding, cermin, atau item lain), Anda harus mengaturnya secara strategi dan pastikan memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran ruang. Ketika menggantungkan hiasan dinding, setidaknya Anda harus memilih hiasan dinding dengan ukuran 1/3 dari panjang sofa.

Ini merupakan cara praktis untuk mendapatkan hiasan dinding yang paling serasi untuk ruang tamu Anda!

Dapatkan Berbagai Hiasan Dinding Kuningan DI Sini.

Dalam proyek pengaturan ruang tamu, cara menata ruang tamu terbaik sebelum memulai adalah dengan merencanakan pembelian item yang akan Anda gunakan. Lakukan perencanaan denah lantai secara digital atau menggunakan kertas grafik untuk menciptakan penataan yang lebih teratur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *