Categories: KesehatanTips Cerdas

Diet Sehat Aman Untuk Menurunkan Berat Badan Lebih Efektif

Berat badan? Hemm, berat badan menjadi sebuah masalah yang sering di hawatirkan oleh kaum hawa. Dan tidak sedikit dari kaum hawa yang ingin melakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, bagaimana Anda menurunkan berat badan dan mendapatkan berat ideal? Menggunakan Obat? Diet ketat? Atau dengan cara lain?
Untuk kaum hawa yang menginginkan berat badan ideal untuk tubuh mereka, Anda harus memperhatikan bagaimana program diet Anda. Jangan sampai angka ideal yang Anda tuju malah terus menurun drastis dan menjadi sebuah masalah baru untuk Anda. Perlu Anda ketahui cara diet yang tidak benar akan membahayakan untuk kesehatan Anda! Jadi bagaimana cara yang benar untuk melakukan diet tanpa membahayakan kesehatan?
Perlu Anda ketahui bahwa diet bukan hanya seolah-olah untuk menurunkan berat badan saja! Banyak dari kita yang mengartikan bahwa diet merupakan sebuah kegiatan untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan dan memilih makanan yang akan kita konsumsi. Dengan pemahaman seperti ini diet sering di lakukan oleh orang yang merasa diri merka sudah kegemukan dan ingin segera kurus. Dan ini adalah pemahaman yang tidak tepat!
Diet bukan hanya bagaimana Anda mengatur dan mengurangi porsi makan Anda untuk menurunkan berat badan Anda! “Diet” merupakan kata yang memiliki arti secara harfiah “makanan yang dimakan”. Dan kata “Diet” berasalah dari bahasa Yunani kuno dengan arti “cara hidup”.

Diet Sehat Aman Untuk Menurunkan Berat Badan Lebih Efektif

Dengan kata di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa diet adalah sebuah kebiasaan makan yang berkaitan dengan gaya hidup. Seperti contoh jika Anda terlalu banyak makan makanan manis, maka Anda bisa di nyatakan menjalani diet dari gula. Atau untuk Anda yang makan banyak sayur dan buah, maka Anda sedang diet dengan serat.
Atau lebih tepatnya diet bisa di artikan sebagai sebuah pola makan dengan makanan bergizi dan seimbang untuk mendapatkan tujuan dari mengkonsumsi makanan tersebut. Diet juga bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan, tapi ada juga yang diet untu meningkatkan berat badan, memulihkan kondisi tubuh, menjaga kesehatan jadi diet apa yang Anda butuhkan?
Dengan beberapa pengertian diet yang berbeda-beda, akhirnya sekarang kita bisa menghapus anggapan bahwa diet adalah kegiatan untuk orang gemuk saja. Pola makan Anda yang seimbang akan membantu tubuh Anda dalam menjalankan fungsinya secara lebih efisien. Jika tubuh kekurangan nutrisi, maka metabolisme tubuh Anda akan menurun dan bisa menyebabkan Anda sakit atau perubahan berat badan.
Diet sehat untuk menurunkan berat badan
Jika Anda melakukan diet dengan harapan untuk menurunkan berat badan Anda dan mendapatkan berat badan yang ideal. Maka, Anda harus membaca artikel ini untuk mengetahui dan menyusun rencana sebelum Anda memulai diet! Dengan tips ini, Anda tidak akan mendapatkan kesulitan dalam diet untuk menurunkan berat badan.
Tips ini bukan hanya membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan berat ideal, namun dengan menerapkan tips ini Anda akan menjadi lebih kebal terhadap penyakit kronis yang menyerang Anda.
Pilih makanan Anda
Perhatikan gaya hidup Anda itu, jika Anda sering makan makanan dengan lemak tinggi, berminyak, asin, ataupun manis ada baiknya Anda menganti menu makan yang lebih sehat lagi. Makanan sehat dan bergizi memberikan dampak paling besar dalam keberhasilan program diet Anda.
Makanan yang akan cocok untuk program diet Anda adalah :
  1. sayur dan buah
  2. daging merah atau putih tanpa lemak
  3. ikan
  4. kacang-kacangan atau biji-bijian
  5. susu yang rendah lemak.
Untuk mendapatkan manfaat dari makanan di atas, Anda juga harus menghindari makanan dengan lemak atau mengandung gula yang tinggi. Makanan kemasan juga sebaiknya Anda hindari selama program diet Anda berlangsung!

Atur Porsi makan Anda
Pada dasarnya tubuh tetap membutuhkan semua jenis makanan, jadi Anda tidak harus menghindari semua makan yang menurut Anda membuat Anda gemuk! Hanya saja, Anda harus mengatur porsi dari setiap makanan yang akan Anda konsumsi. Diet yang sehat dan benar bukanlah diet dengan mengurangi secara drastis porsi makan hingga seminimal mungkin.
Kunci utama dalam diet Anda adalah makan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kalori tubuh setiap harinya. Kalori dalam tubuh harus Anda jaga dengan baik untuk menjadikan tubuh Anda tetap sehat dan bekerja secara optimal.
Lalu bagaimana kita menghitung kebutuhan kalori dalam sehari saat sedang diet? Untuk penghitungan tidak ada yang bisa menjadi patokan. Karena setiap tubuh manusia memiliki kebutuhan kalorinya masing-masing. Namun untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, Anda bisa mencoba mengurangi kebutuhan kalori Anda sekitar 500 kalori per hari. Cara ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan hingga 1 kg per minggu.
Untuk tips diet sehat yang aman, Anda harus selalu mengatur gizi di setiap hidangan makan Anda. Pastikan Anda mendapatkan karbo, protein, lemah sehat, serat vitamin dan mineral dalam menu makan Anda. Anda juga perlu memakan buah di antara waktu makan Anda.
Jaga selalu porsi makan dengan cara membagi empat sisi di piring makan Anda. Untuk daging, karbo, dan 2/4 untuk sayuran. Selama program diet sebisa mungkin hindari makanan berat dengan lemak atau makanan dengan kandungan gula yang tinggi saat malam tiba.
Makan teratur
Banyak dari kaum hawa berfikiran bahwa diet tercepat adalah dengan melewatkan waktu makan Anda. Bahkan ada yang beranggapan bahwa tidak makan dalam satu hari akan mempercepat program diet sebaiknya hilangkan fikiran ini!
Walaupun Anda dalam program diet, setiap waktu makan adalah sebuah keharusan untuk Anda. Dengan melewatkan waktu makan, Anda hanya memudahkan tubuh diserang penyakit, meningkatkan gula darah atau menurunkanya dengan drastis, dan memicu stres karena program diet ketat Anda ini.
Anda harus tetap makan 3 kali sehari namun perbedaanya adalah Anda harus memperhatikan porsi makan Anda. Bahkan Anda bisa membagi waktu makan Anda yang 3 kali menjadi 6 kali dengan porsi yang lebih minim.
Perhatikan! Hindari makanan dengan lemak dan kalori tinggi. Dan selalu pastikan bahwa Anda selalu sarapan dengan makan yang mengandung protein dan serat untuk menjaga nafsu makan Anda sepanjang hari.
Minimalisir penggunaan gula dan garam
Mengatur porsi makan, dan membuat jadwal makan yang tapat kini Anda harus lebih membatasi diri Anda dari mengkonsumsi garam, gula, lemak, dan minyak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan Anda bisa mencoba melakukan cara ini! Banyak yang meremehkan metode ini tapi kenyataanya ini adalah kuncinya!
Makanan dengan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga berkalori adalah makanan yang kuang baik untuk tubuh Anda. Makanan dengan kalori tinggi adalah makanan yang memicu masalah kesehatan: Berat badan, diabetes, hingga masalah jantung.
Olahraga teratur
Jadikan olahraga sebagai kebutuhan Anda! Pada dasarnya olahraga merupakan sebuah cara diet yang sehat dan bisa Anda lakukan dengan mudah. Mengatur porsi makan tidak akan 100% berhasil untuk menurunkan berat badan Anda. Namun, dengan mengatur porsi makan dan juga melakukan olahraga teratur Anda akan menjalankan program diet yang sehat! Selain membakar lemak dalam tubuh dengan olahraga Anda juga akan membentuk otok Anda lebih kuat.
Jadi kami merekomendasikan Anda untuk berolahraga rutin setiap harinya paling tidak 30 menit dalam sehari. Jalan-jalan, joging bisa menjadi pilihan olahraga yang mudah dan tanpa biaya tambahan.

Hindari kebiasaan buruk
Pola makan dan olahraga yang rutin, program diet Anda akan lebih efektif saat Anda menjalankan gaya hidup yang sehat. Bagaimana caranya?

Pola hidup sehar bisa Anda mulai dengan tidur cukup 7-8 jam, hindari begadang, memforsir tenaga untuk kegiatan tertentu. Dan Anda juga harus menghindari dari mengkonsumsi alkohol dan rokok. Dengan menerapkan pola hidup sehat, program diet Anda akan lebih efektif.

Blee Tembaga

Recent Posts

Tips Penempatan Hiasan Dinding Untuk Tampil Menawan

Kita semua tau bahwa hiasan dinding memiliki fungsi yang beragam, dan salah satunya untuk meningkatkan…

60 mins ago

Jenis-Jenis Lampu Ruang Tamu Yang Harus Di Miliki!

Pencahayaan merupakan elemen yang sangat penting untuk meningkatkan pesona serta daya tarik di dalam sebuah…

1 day ago

Ide Dan Pilihan Lampu Ruang Makan Minimalis

Apa pun tipe ruang makan yang Anda miliki, pencahayaan adalah hal paling penting untuk dimiliki.…

2 days ago

Inspirasi Lampu Hias Ruang Tamu Untuk Di Pertimbangkan

Untuk meningkatkan pesona dalam sebuah ruangan, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan lampu hias di dalamnya! Lampu…

4 days ago

Ide Wall Decor Ruang Tamu Untuk Meningkatkan Daya Tarik

Wall decor ruang tamu bisa diibaratkan sebagai sebuah lapisan gula di atas kue dan berfungsi…

6 days ago

Tips Dekorasi Ruang Tamu Nyaman Dan Bikin Betah!

Ruang tamu merupakan ruang yang di gunakan untuk menerima tamu, dan karena ruangan ini tidak…

7 days ago