7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui

Setelah Anda membaca tentang cara desain, gaya desain, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan tampilan menawan pada tampilan interior rumah, Anda juga harus memperhatikan elemen yang mendasari desain Anda.

Tidak hanya sebatas kreativitas saja, namun mengetahui Elemen desain interior juga sangat penting untuk keberhasilan proyek dekorasi Anda nantinya! Ketika mulai mendesain sebuah ruangan Anda harus menggenggam erat berbagai prinsip dan elemen dasar seperti garis, bentuk, cahaya, warna, tekstur, ruang, dan juga pola.

Pengaturan dan memasukkan elemen-elemen yang ada juga harus di lakukan dengan seksama untuk menyeimbangkan tampilan interior di dalam ruangan Anda. Jadi, sebelum mulai mendekorasi 7 Elemen desain interior ini harus Anda ketahui untuk mempermudah kan proyek desain Anda.

Ruang

Landasan dari Elemen desain interior adalah Ruang! Elemen ini mencakup tentang seberapa besar dan karakter apa yang bisa di dapatkan di dalamnya. Entah itu ruang dengan ukuran kecil minimalis, besar, dengan denah lantai terbuka, dan lain sebagainya.

Ketika Anda memiliki ruang yang cocok dengan konsep yang ingin Anda pakai maka Anda bisa langsung memasukkan konsep yang Ada dalam pikiran Anda. Amun, beberapa masalah mungkin terjadi dan membuat konsep yang ada kurang cocok dengan ruang dan mengharuskan Anda untuk melakukan sedikit perubahan agar konsep Anda sejalan dengan ruang yang ada.

Namun, selain merenovasi Anda juga bisa menambahkan beberapa item pendukung untuk konsep desain yang Anda inginkan. kemudian mulailah mengisi dan mendekorasi ruangan menggunakan prinsip fungsionalitas Anda.

Dalam mendekorasi Anda akan mengenal 2 ruang:

  • Positif; Ruang yang akan menampung berbagai objek desain.
  • Dan Negatif; Ruang kosong yang berhubungan dengan area kosong untuk bergerak dan menavigasi

Keseimbangan antara ruang positif dan negatif harus Anda perhatikan, karena keseimbangan sangat penting untuk meningkatkan rasa nyaman di dalam ruangan.

Bentuk

Elemen desain interior yang kedua adalah Bentuk! Elemen ini berhubungan erat dengan bentuk pada perabotan dan berbagai aspek penting lainya di dalam ruangan. Ketika Anda memasuki elemen ini, maka Anda harus mulai dengan memilih bentuk, ukuran, dan juga jarak antar perabot.

7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui Berdasar Bentuk
7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui Berdasar Bentuk

Pengaturan yang tepat pada bentuk, ukuran, serta jarak yang ada maka Anda akan menciptakan ilusi ruang dengan lebih baik. Pilihan Anda akan menentukan apakah ruangan akan terasa lebih besar atau sebaliknya!

Garis

Elemen desain interior berdasarkan garis akan menciptakan tampilan ruang yang lebih berkarakter dan tentunya menciptakan dampak visual lebih baik. Garis horizontal akan hadir dari berbagai bentuk permukaan perabotan seperti meja, lemari, kursi, dan berbagai item lainya. Garis horizontal akan berpengaruh pada kesan luas dan panjang dalam ruangan.

7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui Berdasar Garis
7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui Berdasar Garis

Sedangkan garis vertikal hadir dari fitur lain seperti jendela, pintu, lemari dan lain sebagainya. Penggunaan garis vertikal akan menghasilkan visual ruang yang terasa lebih tinggi dari yang sebenarnya.

Bukan hanya dua garis ini saja, namun Anda juga akan di kenalkan dengan garis lain yaitu “garis dinamis” seperti diagonal, zigzag, dan juga lengkung. Garis ini hadir dari penggunaan bentuk tangga, ukuran furnitur, dan lain sebagainya.

Namun, ingatlah! Terlalu banyak membawa masuk garis dinamis akan membuat ruangan Anda terasa kacau dan tidak nyaman.

Pastikan untuk memasukkan garis secukupnya, karena Keseimbangan antara 3 garis yang ada akan menciptakan tampilan ruang yang lebih nyaman.

Pencahayaan

Elemen desain interior selanjutnya dan memiliki pengaruh besar pada rasa nyaman dan juga ilusi ruang adalah pencahayaan. Di katakan paling berpengaruh karena elemen yang satu ini akan membuat elemen-elemen lain menjadi terlihat dengan lebih jelas, dan tanpa adanya elemen ini maka elemen lain akan sia-sia.

7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui Berdasar Pencahayaan
7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui Berdasar Pencahayaan

Dalam mendesain sebuah ruang, Anda harus memiliki 4 sumber cahaya ( cahaya alami, Ambience, task, dan juga accent).

Cahaya alami akan hadir sering bagaimana Anda menempatkan jendela Anda, sedangkan ke 3 sumber cahaya lainya akan hadir tergantung dari bagaimana Anda memasukkan sumber cahaya yang ada.

Ketika memasukkannya, sanggatlah penting untuk memperhatikan aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan di dalam ruangan, dan di seberapa besar ruangan Anda. Pencahayaan untuk ruang tamu akan lebih baik jika di beri pencahayaan lampu yang lebih lembut. Dan Untuk ruang belajar, memberi pencahayaan cukup terang untuk meningkatkan konsentrasi adalah pilihan bijak!

Warna

Selanjutnya ada warna! Elemen ini berperan penting untuk menghadirkan emosi pada ruangan Anda. Tidak hanya memainkan emosi yang ada, warna juga berperan sebagai penanda konsep yang Anda usung.

7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui Berdasar Warna
7 Elemen Desain Interior Wajib Di Ketahui Berdasar Warna

Penggunaan warna di dalam ruang juga bisa bervariasi, ini tergantung dari bagaimana Anda menggunakan ruangan. Seperti halnya ruang tamu akan cocok dengan warna-warna yang netral untuk memberi rasa nyaman bagi tamu yang datang dengan aksen berani sebagai pembuka percakapan yang baik, sedangkan kamar tidur akan lebih baik menggunakan nada lembut dan menyegarkan untuk membuat Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Baca Juga: Tips Desain Ruang Tamu Mewah Modern.

Tekstur

Elemen desain interior ini mengacu pada objek (dinding, kain, perabotan, dan lain sebagainya). Tekstur ini bisa berupa item dengan permukaan mengkilap, kasar, dan juga halus. Mungkin banyak pemilik rumah sering mengabaikannya, namun memiliki dampak besar pada keberhasilan desain Anda.

Tidak hanya itu, tekstur juga menjadi elemen yang akan meningkatkan dampak visual dan juga detail pada ruangan.

Tekstur bisa di bagi menjadi 2 kategori:

  • Visual; Tekstur yang dapat di rasakan mata, biasanya hadir dalam berbagai pola serta motif yang Anda gunakan.
  • Dan Aktual; Merupakan tekstur yang dapat di rasakan, dapat di lihat dan memiliki karakteristik tersendiri.

Pola

Elemen desain interior yang terakhir dan tidak kalah penting adalah Pola. Elemen ini memiliki dampak yang sama layaknya warna dan juga tekstur dengan tujuan untuk menambah daya tarik pada sebuah ruangan.

Pola dapat hadir dalam berbagai item seperti furnitur, wallpaper, karpet, tirai, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan banyak pilihan untuk pola dari garis-garis, geometris, abstrak, dan lain sebagainya

Penggunaan pola dari satu gaya interior dengan lainnya bisa berbeda-beda, karena pola juga akan melengkapi tampilan pada ruangan Anda. Jadi, mulailah dengan mempertimbangkan gaya apa yang Anda usung dan pola apa yang cocok untuk menempatnya.

Dengan menerapkan ke 7 Elemen desain interior ini, Anda akan lebih mudah dalam menciptakan gaya pada interior. Jadi, selain menjadi lebih kreatif, dan mencari inspirasi untuk proyek desain Anda juga harus menyelaraskannya dengan 7 Elemen desain interior ini untuk meningkatkan keberhasilan desain Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *