Jika Anda adalah seorang penggemar wayang (wayang kulit ataupun wayang golek), pasti sudah tidak asing dengan Gunungan bukan? Namun, tau kah Anda apa fungsi serta filosofi gunungan wayang yang sering di gunakan sebagai aksesoris dalam sebuah pertunjukan?

Dalam pertunjukan pewayangan, gunungan itu sendiri memiliki beberapa fungsi seperti di gunakan sebagai penanda dari pembukaan serta penutupan dari cerita yang akan di suguhkan. Atau di gunakan sebagai tanda pergantian adegan! Berikut ini kami telah merangkum fungsi dan filosofi gunungan wayang yang wajib Anda ketahui.

Fungsi dan Filosofi gunungan wayang

Fungsi Dan Filosifi Gunungan Wayang 3

Fungsi Dan Filosifi Gunungan Wayang 3

Seperti namanya “Gunungan Wayang” memiliki bentuk gunung beserta berbagai bentuk kehidupan di dalamnya. Gunungan juga hadir dengan berbagai cara penempatan yang memiliki arti tersendiri, seperti:

Gunungan menjadi simbol dari dunia dan seluruh isinya. Biasanya dalam sebuah pentas pewayangan gunungan akan di tancapkan di tengah-tengah layang dan di condongkan ke kanan yang berarti bahwa cerita belum di mulai (layaknya dunia yang hampa). Dan setelah cerita di mulai, maka gunungan akan di cabut dan di sejajarkan di bagian kanan.

Gunungan juga di gunakan sebagai tanda dari pergantian alur cerita dan keluar masukan pemeran. Selain itu, kedua sisi gunungan juga memiliki arti berbeda yaitu api dan angin. Ketika gunungan di balik dan menunjukkan gambar visual berwarna merah, maka ini merupakan simbol dari api.

Gunungan sebagai lambang hutan, untuk melambangkan hutan gunungan di mainkan ketika ada adegan rampogan (pasukan yang berbaris dab bersiap untuk maju dalam sebuah peperangan). Gunungan dapat di gunakan dalam beragam adegan karena item ini sangat multifungsi.

Fungsi Dan Filosifi Gunungan Wayang 1

Fungsi Dan Filosifi Gunungan Wayang 1

Pilihan 5 Kerajinan Tembaga Unik Untuk Dibawa Pulang!

Desain di dalam gunungan juga memilik arti tersendiri yaitu memiliki makna sebagai penggambaran dari dunia dan isinya. Lukisan di dalamnya antara lain:

  • Rumah bertingkat tiga dan memiliki tampilan area daun pintu yang di ukir tampilan kamajaya berhadapan dengan dewi Ratih.
  • Dua raksasa penunggu gerbang yang membawa senjata pedang, gada, dan juga tameng
  • Naga dengan sayap
  • Harimau yang berhadapan dengan banteng
  • Hutan Rimba
  • Pohon besar yang di lilit ular
  • Kepala makara
  • Kera dan lutung yang bergelantungan
  • Dan dua ekor ayam alas

Tampilan gunungan yang lancip itu sendiri juga memiliki arti semakin tinggi ilmu dan usia, maka manusia harus semakin manunggaling (bijaksana) dan berhati-hati dalam setiap perilakunya karena kehidupan kita sudah semakin denganĀ  sang pencipta.

  1. Penjaga gapura merupakan lambang dari baik buruknya hati manusia.
  2. Pohon besar hadir pada seluruh area gunungan memiliki arti segala budi daya serta berbagai perilaku manusia yang tumbuh dan harus bergerak agar memiliki manfaat dan dapat mewarnai dunia serta alam semesta.
  3. Burung menjadi lambang kebebasan namun harus bisa membuat dunia yang indah dalam aspek material dan juga spiritual.
  4. Banteng menjadi simbol kekuatan, kelincahan, keuletan, dan juga tangguh! Sedangkan kera memberi makna manusia harus dapat memilih-baik buruk, dan manis-pahit.
  5. Harimau sering di artikan sebagai pemangsa, namun dalam gunungan itu sendiri di simbolkan sebagai pemimpin yang kuat, tegas, dan bijaksana.
  6. Rumah joglo menjadi lambang kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman dan bahagia.

Gunungan merupakan sebuah item yang sangat bermakna bukan? Setiap filosofi gunungan wayang memiliki makna yang mendalam dan membangun.

Gunungan Tembaga dan Kuningan

Setelah Anda mengetahui berbagi fungsi dan juga filosofi gunungan wayang, apa kah Anda tertarik dengan gunungan wayang? Apa Anda tau ada gunungan wayang dari bahan tembaga dan kuningan yang sangat cocok untuk di jadikan aksesoris di dalam atau pun di dalam ruangan?

Gunungan wayang tembaga kuningan hadir dengan tampilan yang lebih elegan, desain timbul dengan proses tatahan dan di finishing dengan sempurna untuk mendapatkan tampilan mewah! Selain itu, kami juga memproduksi gunungan dengan berbagai ukuran yang bisa di pesan sesuai kebutuhan.

Dari ukuran tinggi 35cm hingga 10 meter sekalipun bisa kami kerjakan! Yang lebih menarik dari produk ini adalah daya tahannya yang lebih baik serta bisa di jadikan sebagai focal point yang baik untuk sebuah ruangan. Dengan menggunakannya, Anda bisa menarik lebih banyak perhatian dari para tamu yang datang. Terlebih ketika Anda menambahkan lampu untuk gunungan Anda! Dapatkan gunungan wayang terbaik hanya di sini.