Gunungan Wayang Jogja Dari Bahan Tembaga

Tau kah Anda bahwa gunungan wayang jogja merupakan salah satu produk kerajinan tembaga dan kuningan yang bisa di produksi di Bleecopper? Gunungan wayang merupakan sebuah item yang menjadi bagian dari sebuah pertunjukan pewayangan. Gunungan itu sendiri memiliki fungsi sebagai pembuka dan juga penutup dari sebuah pertunjukan seni pewayangan. Selain itu, desain dari gunungan itu sendiri memiliki berbagai makna simbolis yang mendalam.

Pertunjukan wayang merupakan sebuah cara unik yang di gunakan oleh sunan Kalijaga dalam menyampaikan dakwah Islamnya di tanah Jawa. Sehingga, gunungan wayang menjadi salah satu item ikonik yang memiliki banyak manfaat dan juga makna tersimpan di dalamnya.

Pada era ini, gunungan wayang Jogjatidak hanya hadir dari bahan kulit saja namun gunungan tembaga dan kuningan juga menjadi sebuah pilihan yang wajib di pertimbangkan untuk menghias interior ataupun di jadikan sebagai item untuk melengkapi pertunjukan pewayangan.

Makna Simbolis dari Gunungan Wayang Jogja

Jual Gunungan Wayang Tembaga Siap Kostumisasi Desain dan ukuran
Jual Gunungan WayangJogja Tembaga Siap Kostumisasi Desain dan ukuran

Gunungan wayang adalah salah satu elemen penting dalam pertunjukan wayang kulit tradisional Jawa, sebuah seni pertunjukan tradisional Indonesia. Gunungan wayang Jogja ini memiliki makna simbolis yang dalam dan melibatkan unsur-unsur mistis dan filosofis. Berikut adalah beberapa makna umum dari gunungan wayang:

  • Penciptaan dan Keberlanjutan Alam Semesta; Gunungan wayang sering kali menjadi lambang dari penciptaan dan juga keberlanjutan dari alam semesta. Dengan bentuknya yang menyerupai gunung, membuatnya memiliki kesan kosmos atau Duniawi. Gunungan wayang ini memberikan kesan bahwa alam semesta ini merupakan sebuah sistem yang komplek dan saling terikat satu sama lain.
  • Simbol Keberagaman dan Dualitas; Gunungan wayang juga memberikan cerminan pada keberagaman dan dualitas dalam kehidupan di dunia ini. Dalam desainnya, Anda akan menemukan berbagai elemen seperti pohon, hewan, manusia, dan juga mahluk astral. Hal ini mencerminkan bahwa kehidupan di dunia ini beragam dan memiliki unsur yang berbeda di dalamnya.
  • Pertarungan antara Kebaikan dan Keburukan; Dengan desain gunungan yang ering memvisualisasikan pertarungan antara kebaikan dan keburukan. Karakter-karakter wayang yang berada di gunungan dapat mencerminkan konflik etis atau moral dalam cerita wayang, serta perjuangan untuk menjaga keseimbangan di antara kekuatan yang bertentangan.
  • Mewakili Dunia Rohani; Gunungan wayang juga dianggap sebagai pintu gerbang atau perbatasan antara dunia nyata dan rohaniah. Dalam pertunjukan wayang, gunungan umumnya ditempatkan di depan panggung sebagai simbol bahwa cerita yang dipertontonkan adalah refleksi dunia rohaniah atau dunia mitologi.
  • Makna Kosmi; Gunungan wayang dapat juga melambangkan struktur kosmik, dengan gunung sebagai pusat atau sumbu dunia. Hal ini mencerminkan keyakinan dalam keberadaan lapisan-lapisan alam semesta yang saling terkait dan terorganisir.
  • Makna Filosofis; Gunungan wayang juga dapat mengandung makna filosofis, seperti simbolisme kehidupan, perjalanan manusia, dan perjalanan roh. Desain yang menggambarkan perjalanan kehidupan dapat memuat simbol-simbol seperti pohon kehidupan atau sungai kehidupan.

Setiap desain gunungan wayang dapat memiliki interpretasi yang bervariasi tergantung pada seniman atau perancang yang membuatnya, serta konteks budaya dan sejarah di mana desain tersebut muncul. Arti dari desain gunungan wayang juga dapat menjadi subjek interpretasi pribadi yang berbeda-beda.

Kegunaan Gunungan Wayang Jogja

Sedia Gunungan Wayang Kuningan
Sedia Gunungan Wayang Kuningan

Dalam sebuah pertunjukan gunungan wayang memiliki beberapa fungsi utama yaitu sebagai:

Pembukaan dan Penutupan Pentas

Sebagai tanda pembukaan dan juga penutupan dari alur cerita pewayangan. Layaknya sebuah layar yang di buka dan juga di tutup pada sebuah pentas sandiwara, gunungan wayang juga memiliki fungsi sebagai pertanda di mulainya atau di akhirinya sebuah pementasan pewayangan. Sebelum wayang di mainkan, gunungan akan di tancapkan di tengah-tengah layang yang di condongkan sedikit kekanan yang menandakan bahwa lakon pewayangan belum di mulai (memiliki arti bahwa dunia belum beriwayat).

Setelah di mulai pementasan, gunungan wayang akan di cabut dan kemudian di jajarkan di sebelah kanan. Setelah lakok selesai, gunungan di tancap di tengah-tengah layar yang melambangkan bahwa alur cerita telah selesai.

Pergantian Alur

Memiliki fungsi sebagai pertanda pergantian jejeran atau adegan pewayangan, gunungan wayang akan di tancapkan di tengah-tengah dan di condongkan ke kiri sebagai penanda adanya pergantian alur cerita.

Sebagai Pertanda Sebuah Bangunan

Fungsi selanjutnya adalah sebagai item pengganti pohon, angin, samudra, atau gunung serta membantu menciptakan sebuah efek tertentu (ketika pemeran menghilang atau berubah bentuk). Untuk melambangkan sebuah elemen (angin atau api) gunungan akan di balik untuk menampilkan gambaran di sebaliknya yang memiliki cat kemerah-merahan atau sebagai simbol dari api.

Fungsi Hiasan

Ini adalah fungsi tambahan untuk mereka yang ingin gunungan melengkapi tampilan di dalam interiornya. Gunungan tembaga atau kuningan memiliki tampilan yang menawan dan memiliki daya tarik yang hebat, dengan demikian gunungan dari bahan tembaga atau kuningan menjadi sebuah item dekoratif yang sangat cocok untuk di gunakan sebagai pemanis di dalam sebuah ruangan.

Tidak hanya di gunakan untuk item dekoratif interior saja, namun gunungan dari bahan tembaga dan kuningan memiliki daya tahan terhadap cuaca ekstrem yang membuatnya dapat bertahan di luar ruangan untuk di jadikan sebagai sebuah monumen atau item dekoratif eksterior saja.

Daya Tarik Gunungan Wayang Tembaga dan Kuningan

Gunungan Wayang Tembaga Untuk Hiasan Pintu dan handle pintu
Gunungan WayangJogja Tembaga Untuk Hiasan Pintu dan handle pintu

Gunungan wayang yang terbuat dari tembaga memiliki daya tarik tersendiri karena beberapa alasan, termasuk:

  • Keindahan dan Estetika: Tembaga adalah logam yang memiliki keindahan alami dan kemilau yang menarik. Desain gunungan wayang yang dipahat atau dicetak dalam tembaga sering kali menonjolkan keindahan estetika logam tersebut. Sentuhan artistik pada gunungan tembaga dapat menciptakan karya seni yang indah dan bernilai tinggi secara visual.
  • Kekuatan dan Ketahanan: Tembaga adalah logam yang kuat dan tahan terhadap korosi. Kekuatan dan ketahanannya membuat gunungan wayang tembaga menjadi pilihan yang baik untuk bahan tahan lama. Hal ini memastikan bahwa karya seni tersebut dapat bertahan lama dan tetap mempertahankan keindahannya seiring waktu.
  • Detail yang Halus: Proses pembuatan gunungan wayang tembaga melibatkan pengukiran atau cetakan detail yang halus. Kemampuan tembaga untuk mempertahankan detail yang tajam dan halus memungkinkan seniman atau pengrajin untuk menciptakan karya seni yang rumit dan penuh dengan nuansa.
  • Nilai Kultural dan Tradisional: Tembaga juga memiliki nilai kultural dan tradisional dalam seni dan kerajinan. Penggunaan tembaga dalam pembuatan gunungan wayang dapat memberikan tambahan nilai budaya dan menggambarkan kekayaan tradisi seni logam di masyarakat tertentu.
  • Kemungkinan Pewarnaan dan Oksidasi: Tembaga dapat mengalami oksidasi alami, membentuk lapisan hijau kebiruan yang dikenal sebagai patina. Beberapa seniman memanfaatkan proses ini untuk menciptakan efek pewarnaan alami yang unik pada gunungan wayang tembaga. Patina memberikan nuansa kuno dan karakteristik yang menarik.
  • Fleksibilitas Desain: Tembaga dapat dengan mudah dibentuk dan diubah menjadi berbagai bentuk. Ini memberikan fleksibilitas desain kepada seniman atau pengrajin untuk menciptakan gunungan wayang dengan beragam bentuk dan ukuran sesuai dengan kreativitas mereka.
  • Kerajinan Tangan dan Keterampilan: Pembuatan gunungan wayang tembaga melibatkan keterampilan dan kerajinan tangan yang tinggi. Keterampilan pengrajin dalam memanipulasi tembaga menjadi bentuk-bentuk yang rumit dan indah menambah nilai artistik dan budaya pada karya seni tersebut.

Gunungan wayang Jojgja dari bahan tembaga dan kuningan bukan hanya sebagai objek seni visual, tetapi juga mewakili keterampilan tinggi dan nilai budaya yang memperkaya keberlanjutan tradisi kerajinan logam. Daya tariknya yang bersumber dari keindahan alami tembaga, keterampilan seniman, dan nilai tradisional menjadikannya pilihan yang menarik bagi penggemar seni dan kolektor.

Ingin memiliki rumah bergaya interior Jawa? Berikut ini semua tentang interior rumah jawa yang wajib Anda ketahui!

Pengrajin Gunungan Wayang Tembaga Dan Kuningan Bleecopper

Pengrajin Gunungan Wayang Tembaga Dan kuningan
Pengrajin Gunungan Wayang Tembaga Dan kuningan

Anda sedang mencari Gunungan Wayang untuk menghias interior atau eksterior Anda? Ingin mendapatkan gunungan wayang dengan kualitas bahan terbaik, tahan lama, dan memiliki daya tarik terbaik? Dapatkan gunungan wayang tembaga dan kuningan terbaik hanya di Bleecopper! Kami sebagai pengrajin tembaga dan kuningan terbaik bisa membuat produk gunungan wayang tembaga dan kuningan untuk keperluan dekoratif Anda, gunungan wayang tembaga dan kuningan dari kami memiliki banyak kelebihan seperti:

  • Daya Tahan Terbaik; Logam tembaga dan kuningan di kenal sebagai logam yang memiliki daya tahan terbaik dari berbagai gempuran cuaca yang ada di Indonesia. Dengan demikian, logam ini dapat bertahan dalam cuaca ekstrem sekalipun Anda bisa menempatkan gunungan wayang tembaga sebagai hiasan di luar rumah.
  • Tampilan Menarik; Pembuatan gunungan tembaga yang menggunakan metode ukir manual, Anda akan mendapati detail dari gunungan secara terperinci. Tidak hanya sekedar menciptakan produk yang memiliki daya tarik visual saja, namun kami juga memahami pentingnya setiap detail dari gunungan itu sendiri, dengan demikian kami memastikan bahwa setiap inci desain dari gunungan harus terlihat dan menonjolkan filosofi yang di kandungnya.
  • Memiliki Nilai Seni Tinggi; Teknik ukiran timbul yang kami gunakan sebagai pembuatan motif tidak bisa di kerjakan oleh orang sembarangan. Teknik ini merupakan teknik tingkat tinggi yang memungkinkan produk gunungan hadir dengan detail yang spesifik dan penuh nilai seni di dalamnya.
  • Kemudahan Perawatan; Logam tembaga dan kuningan di kenal sebagai logam yang memiliki kemudahan dalam perawatan, dengan demikian Anda tidak perlu melakukan perawatan secara insentif untuk membuat produk gunungan tembaga ini berkilau. Anda cukup menyeka debu yang menempel di permukaan produk dengan menggunakan kain lap halus.
  • Kemudahan Kostumisasi Desain Dan ukuran; Untuk Anda yang ingin gunungan tembaga atau kuningan dengan desain atau ukuran tertentu, maka Anda bisa memesan produk gunungan ini secara costumize! Kami akan menyediakan kemudahan kostumisasi desain dan ukuran untuk membantu Anda menyesuaikan ukuran ruang dengan produk gunungan kami.

Dapatkan pilihan paling lengkap untuk produk gunungan wayang Jogja dari bahan tembaga atau kuningn hanya di Bleecopper!

Scroll to Top