Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui

Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui!

Interior Desain Minimalis menjadi salah satu gaya populer pada zaman ini! Memang bukan pilihan paling populer, namun gaya ini hadir dalam berbagai bidang. Dampak dari gaya ini sendiri dapat di katakan dapat mempengaruhi berbagai trend seni yang ada.

Hampir semua aspek terpengaruh dari adanya gaya ini, dari desain interface, perangkat keras, mobil, film, desain game, dan tentunya interior desain. Semua bidang itu mendapat pengaruh dari pergerakan minimalisme. Ada banyak alasan mengapa gaya ini dapat menembus banyak bidang. Salah satunya di karena kan desain ini mengedepankan kesederhanaan!

Apa Itu Interior Desain Minimalis?

Pada dasarnya, gaya minimalis merupakan sebuah trend desain yang hadir sejak abad ke-20 dan terus berkembang hingga saat ini. Mudahnya, gaya ini bisa di katakan sebagai sebuah gagasan memodifikasi ruang, menghilangkan item yang tidak di perlukan dengan tujuan mendapatkan tampilan sederhana dan praktis dengan item-item yang sepenuhnya bekerja untuk ruangan Anda!

“Less Is More” adalah kutipan yang tepat untuk menggambarkan gaya desain yang satu ini!

Prinsip Interior Desain Minimalis

Ketika berbicara tentang interior minimalis maka ruang, objek, serta pencahayaan merupakan kunci keberhasilan dari proyek dekorasi Anda. Gaya minimalis memang hadir dengan mengedepankan kesederhanaan dan minimalitas. Namun, konsep ini juga memiliki ciri khasnya tersendiri yang membuatnya tampil menawan.

Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui
Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui

Ketika berbicara tentang minimalisme, yang terbayang di dalam benak kita adalah tampilan kaku, monoton, dan hampa benar begitu? Faktanya, konsep desain ini merupakan desain dengan tampilan mewah, indah, elegan, dan terlihat luks di dalam ruang yang sederhana namun fungsional.

Karakter Desain Minimalis

Saat Anda menjalankan proyek desain minimalis, maka ruang harus menghadirkan tampilan sederhana, efisien, dan tidak bertele-tele! Ruangan minimalis harus menghadirkan tampilan yang jelas dan simpel di antara desain yang fungsional!

Baca Juga: Desain Interior Paling Populer Untuk Di Pertimbangkan.

Berbicara tentang karakter ruang, maka gaya minimalis memiliki karakter dengan bentuk dan garis yang sederhana, dinding minim, lantai yang bebas dari kekacauan dengan penyimpanan yang memadai dan memiliki pencahayaan yang mengalir dan memenuhi ruang.

Tips Dekorasi Interior Desain Minimalis

Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui
Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui

Skema Warna Monokrom

Perlu di ingat bahwa ketika mendesain gaya minimalis, Anda tidak bisa memasukkan nada-nada yang berlebihan di sana! Konsep desain ini merupakan desain yang mengusung palet netral seperti putih, hitam, abu-abu, beige, dan lain sebagainya.
Nada warna monokrom akan mengurangi esensi yang tidak di perlukan ketika proyek desain ini Anda kerjakan!

Sedangkan untuk memecah kesan monoton, Anda bisa memasukkan beberapa nada lebih berani pada dinding aksen dan beberapa aksesoris di dalam ruangan.

Pencahayaan

Interior Desain Minimalis selalu hadir dengan tampilan bersih, terbuka, dan memiliki aliran pencahayaan yang jelas! Pencahayaan fundamental akan hadir dengan kombinasi nada-nada netral pada dinding ataupun lantai, kemudian tampilan modern bisa Anda hadirkan melalui aksesoris ruang seperti lampu atau dengan hiasan dinding.

Memadukan pencahayaan dengan aksesoris terkesan minimal akan menciptakan tampilan yang nyaman, luas, dan terasa lenggang.

Utamakan Fungsionalitas

Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui
Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui

Tips Interior Desain Minimalis yang selanjutnya adalah dengan mengeliminasi item yang tidak di perlukan. Konsep desain ini mengajarkan Anda untuk membuang item-item yang tidak berfungsi untuk ruangan. Dengan demikian ketika proyek desain ini berjalan, Anda harus memastikan bahwa setiap item yang di masukan merupakan item-item yang sepenuhnya bekerja untuk ruangan Anda!

Mengutamakan fungsionalitas dari setiap item adalah hal paling penting ketika menerapkan gaya ini!

Utamakan Kualitas

Untuk memaksimalkan Interior Minimalis, maka utamakan kualitas dari item yang Anda miliki! Ketika Anda mulai proyek dekorasi pastikan untuk memilih bahan, aksesoris, detail, dan unsur-unsur lain dengan kualitas terbaik yang bisa Anda dapatkan. Mengingat bahwa gaya ini akan mengeliminasi item yang tidak di perlukan, maka Anda akan lebih leluasa untuk memilih item dengan kualitas tingkat tinggi!

Penerapan Sederhana Interior Desain Minimalis

Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui
Semua Tentang Interior Desain Minimalis Wajib Di Ketahui

Berikut ini hal yang harus Anda garis bawahi ketika proyek desain interior minimalis berjalan:

  • Proyek desain Minimalis tidak selalu dengan ruangan berskala kecil, Anda bisa menerapkan desain ini pada ruangan yang luas dengan cara menggunakan furnitur minim begitu dengan detailnya
  • Ingatlah elemen utama dari desain ini adalah memperhatikan bentuk, penggunaan tekstur, dan juga penerapan warna
  • Penggunaan aksen bisa di lakukan dengan memasukkan bentuk geometris dan asimetris yang tajam.
  • Jangan lupa memilih furnitur ramping dan dengan pelapis berwarna netral
  • Batasi penggunaan aksesoris (gunakan aksesoris dengan kualitas terbaik)
  • Gunakan bahan lantai yang mudah di rawat
  • Warna putih menjadi nada dasar dari penerapan gaya minimalis! Pastikan menciptakan dasar pada dinding, lantai, dan furnitur dengan nada ini.
  • Pilihan nada netral yang bisa di jadikan sebagai alternatif antara lain abu-abu, hijau muda, dan juga beige
  • Untuk memasukkan nada cerah, Anda bisa menggunakannya pada item aksen di dalam ruangan (namun jangan berlebihan)
  • Gunakan hiasan dinding terkesan besar untuk menarik lebih banyak perhatian (sebagai focal point).
  • Minimalisir penggunaan perawatan jendela. Jendela berukuran besar akan membawa masuk cahaya alami dan membuat tampilan ringan di dalam ruangan Anda.
  • Jika menggunakan tirai atau gorden, pastikan untuk menggunakan tirai dengan bahan yang tipis agar pencahayaan tetap masuk dengan sedikit saringan

Kesimpulan

Ituย  penggunaan palet warna dan aliran cahaya menjadi kunci untuk mendapatkan tampilan lapang dan terasa lebih luas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *