Ketahui Jenis Lampu Masjid, Tips Memilih Dan Dimana Membelinya!

Lampu masjid identik dengan lampu gantung yang pesonanya memukau. Selain sebagai penerang, fungsinya juga sebagai hiasan. Sayangnya banyak yang masih menganggap jika lampu yang ada di masjid dibanderol dengan harga yang mahal.

Berikut ini, ada penjelasan tentang jenis-jenis lampu yang ada di masjid, tips memilih dan tempat yang recommended untuk membelinya. Simak sampai akhir ya!

Jenis-Jenis Lampu Masjid

Memilih lampu untuk masjid tidak bisa dilakukan sembarangan karena merupakan rumah Allah yang dijadikan tempat ibadah. Pastinya bentuknya harus bagus, nyaman dan tidak membahayakan, karena tak jarang juga kejadian lampu jatuh dan membuat orang di bawahnya terluka.

Di era modern ini, sudah banyak desain lampu untuk masjid yang dijual di pasaran. Alangkah baiknya, sebelum membeli Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja jenisnya:

1.    Lampu Gantung Hujan Kristal

Lampu Gantung Masjid Hujan Kristal
Lampu Gantung Masjid Hujan Kristal

Lampu yang pertama ini memang sering digunakan di tempat tidur, namun tak jarang juga di masjid. Kesannya memberikan suasana romantis, terlebih jika diisi oleh ilusi tetesan hujan yang jatuh dengan lampu yang dipasang di dasar untuk menerangi kristal.

Adanya efek kristal membuatnya tampak bercahaya, jadi sangat cocok dijadikan penerangan untuk masjid yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Selain itu juga akan tercipta suasana santai, indah dan menjadi lebih khusyuk’ dalam menjalankan ibadah Shalat.

2.    Lampu Masjid Kaca Tembaga

Seperti yang telah Anda ketahui bahwasanya tembaga memiliki warna yang mampu menambah efek kontemporer di dalam ruangan. Jenis ini sangat cocok digunakan untuk lampu masjid dan diletakkan di lantai dasar atau atas.

Kesan yang ditampilkan adalah rustic, namun jika Anda ingin menampilkan sesuatu yang lebih baik maka bisa dicoba dengan mengelompokkan tiga lampu dalam satu line yang sama. Tentunya membuat masjid menjadi lebih berkelas.

3.    Lampu Kaca Vintage

Jika sudah bosan dengan desain yang itu-itu saja, maka selanjutnya Anda bisa mencoba mengombinasikan kaca dengan bohlam yang bergaya antik. Tujuannya untuk mendapatkan kesan vintage pada ruangan, khususnya masjid.

Kelebihan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan lampu kaca vintage ini adalah harganya yang terjangkau, sehingga tidak akan menguras banyak biaya dan bisa dialokasikan untuk kegiatan masjid yang lainnya.

4.    Lampu Logam Geometri

Sebenarnya, lampu logam geometri ini sering digunakan pada area dapur. Namun jika Anda pandai dalam melakukan desain dan menata ruangan, tentunya sangat tepat dan unik jika diletakkan di masjid.

Bentuknya menyerupai sangkar logam yang membuat ruangan menjadi lebih minimalis. Jadi bagi yang sedang membangun atau merenovasi masjid dengan area yang terbatas, maka lampu logam geometri ini menjadi pilihan yang tepat.

5.    Lampu Masjid Bintang

Lampu Masjid Bintang Kuningan
Lampu Masjid Bintang Kuningan

Anda harus tahu bahwa jika lampu masjid dipasang jenis gantung bintang ini maka akan terasa suasana mewahnya. Selain itu juga bisa menambah kesan menyenangkan. Bentuknya memang seperti bintang yang meledak, oleh karena itu disebut lampu gantung bintang.

Mungkin Anda sudah pernah menemukannya sebelumnya, tidak hanya di masjid tetapi juga mushola, rumah, tempat kerja dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya kan mencoba?

6.    Lampu Gantung Linear

Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini sengaja dibuat dengan model memanjang yang terdiri dari beberapa lampu dan dipasangkan dalam segi yang sejajar. Jenis ini sangat cocok dengan masjid yang memiliki area luas namun terfokus.

7.    Lampu Gantung Ka’ba

Lampu gantung ka ’bah memiliki desain kap lampu yang bentuknya setengah bola. Oleh karena itu disebut dengan ka ’bah atau kubah. Jenis ini memang sudah populer di kalangan masyarakat, namun desainnya yang unik dan praktis tetap membuatnya menarik tak lekang oleh zaman.

8.    Lampu Kerucut dan Silinder

Lampu kerucut dan silinder ini memang bisa diterapkan di masjid. Namun modelnya yang memusat membuat pencahayaan menjadi terbatas. Jika dilihat dengan seksama, kap lampu cenderung lebih kecil, sehingga pengurus masjid biasanya tidak menggunakannya sebagai lampu utama.

9.    Lampu Minimalis

Sesuai dengan namanya, maka lampu masjid yang satu ini berbentuk minimalis dan kecil. Tidak hanya kipasnya saja tetapi juga ukuran bohlamnya. Biasanya dipasang di ruangan pendukung masjid, seperti perpustakaan dan kajian.

10. Lampu Gantung Lilin

Kalau yang satu ini modelnya cukup klasik, yaitu menyerupai tempat lilin yang di atasnya terdiri dari beberapa jenis lampu. Lampu tersebut digunakan untuk pencahayaan umum dan dekorasi, bisa juga untuk pencahayaan utama.

Biasanya lampu jenis ini dipasang pada plafon yang tinggi dan pintu masuk yang membuatnya menjadi pusat perhatian.

11. Lampu Masjid Robyong Tembaga Kuningan

Replika Lampu Masjid Nabawi Kuningan
Replika Lampu Masjid Nabawi Kuningan

Pilihan paling favorit dari semua jenis lampu masjid yang ada adalah lampu robyong! Lampu ini hadir dengan berbagai bentuk dan jumlah bohlam. Salah satu contoh paling di minati pada masa ini adalah replika lampu masjid Nabawi kuningan. Hadir dalam berbagai ukuran dari 150cm hingga lebih dari 300cm.

Jadi itu dia beberapa jenis lampu yang ada di masjid. Sebaiknya Anda menentukan salah satu dari yang sudah disebutkan di atas. Pastinya disesuaikan dengan ukuran luas ruangan dan kebutuhan.

Mengapa Harus Memilih Lampu Tembaga?

Bleecopper Pengrajin lampu robyong
Bleecopper Pengrajin lampu robyong

Fakta yang penting untuk diketahui adalah menurut Direktur ICA (International Copper Association) sebuah peralatan yang berhubungan dengan listrik harus berasal dari penghantar panas terbaik. Tembaga memiliki tingkat penghantar lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Ada beberapa kelebihan yang lainnya, di antaranya adalah:

1.    Memiliki Hambatan yang Kecil

Dalam ilmu fisika, dikenal dengan nilai hambatan yang mana tembaga memiliki jumlah paling kecil dibandingkan dengan aluminium atau besi. Nilai hambatan untuk tembaga sendiri adalah 1,68 x 10 -8 m.

Semakin kecil hambatannya maka arus listrik tidak banyak yang terbuang. Terlebih jika jarak antara pembangkit dengan masjid berada di puluhan kilometer. Pasti Anda tidak bisa membayangkan jika lampu memiliki hambatan yang besar, maka listrik yang sampai akan jauh dari standar seharusnya.

2.    Paling Ekonomis

Tembaga memang memiliki bentuk yang kecil dengan harga yang paling ekonomis. Jika Anda memilih emas atau perak untuk lampu masjid sebenarnya bisa saja, hanya saja Rho-Nya lebih kecil dengan harga yang mahal.

Jika Anda membuat lampu darinya, bisa dibayangkan berapa rupiah yang harus dikeluarkan, pastinya biaya pembangunan akan membengkak dari anggaran dan inilah yang dihindari oleh semua orang.

3.    Mudah Melebur

Lampu yang terbuat dari lembaga memiliki sifat mudah menyerap panas sekaligus melepaskannya, sehingga ketika ada gangguan arus listrik maka tidak akan membahayakan bangunan atau orang yang ada di sekitarnya.

Jadi Anda tidak boleh asal memilih yang bagus, namun perhatikan juga apakah cukup safety, mengingat masjid adalah sebuah tempat yang tidak sepi didatangi oleh masyarakat untuk beribadah atau melakukan kegiatan lain.

4.    Lentur

Jika Anda menggunakan lampu yang terbuat dari tembaga, maka kelebihan yang didapatkan adalah lentur sehingga memudahkan tukang bangunan dalam melakukan pemasangan ataupun tukang listrik untuk memasang jaringan instalasi.

Selain itu, massa jenis tembaga terbilang cukup kecil dan ringan. Jadi sekarang tidak ada alasan lagi untuk Anda memilih produk lampu selain tembaga.

Jadi itu dia alasan mengapa sebaiknya lampu terbuat dari lembaga. Sederhananya, sekarang Anda bisa mengecek mengapa beberapa peralatan dan instalasi listrik di rumah terbuat dari bahan-bahan yang tahan panas.

Mengingat bahwa bahaya kebakaran akan senantiasa mengintai dan siapa pun pasti tidak ingin jika masjid yang merupakan rumah Allah sebagai tempat ibadah terbaik umat Islam rusak begitu saja karenanya.

Tips Memilih Lampu untuk Masjid

Melengkapi interior masjid adalah sebuah keharusan agar membuat jamaah nyaman dalam beribadah dan menciptakan suasana yang lebih damai. Setelah mengetahui apa saja jenisnya, sekarang Anda harus tahu bagaimana tips memilih:

1.    Mengetahui Jenis Lampu Masjid

Pertama Anda harus mengetahui jenis lampu yang akan dibeli seperti apa. Apakah Anda ingin menciptakan suasana yang indah dan menarik, atau mewah dan hangat? Ketika Anda sudah mengetahui masing-masing jenisnya maka bisa mempertimbangkan mana yang paling tepat.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahan pembuatannya karena berpengaruh terhadap ketahanan lampu. Di Sarankan Anda membeli yang tembaga karena lebih tahan lama dibandingkan yang lain.

2.    Mempertimbangkan Dimana Lokasi Penempatan

Ketika Anda sudah memilih jenis yang mana, jangan lupa untuk disesuaikan juga dengan lokasi penempatan. Jangan sampai salah ya, misalkan lampu yang kecil dan seharusnya berada di ruangan pendukung jangan diletakkan di ruangan utama.

Tinggi plafon juga penting untuk diperhatikan. Jika Anda memang bingung memilih, maka perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tempat Anda membeli dan tukang listrik, agar mengetahui jenis apa yang harus digunakan dan titik penempatan yang tepat.

3.    Memperhatikan Model

Namanya lampu jelas letaknya di atas. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan bagaimana model dan ukuran luas area masjid. Kiranya mana yang cocok dipasang di dalam dan di luar ruangan. Sampai sini bisa dipahami kan?

4.    Memilih Ukuran

Lampu masjid memang terdiri dari banyak ukuran. Anda harus membeli yang sesuai. Jangan sampai terlalu kecil atau terlalu besar karena hal tersebut berdampak pada tampilan ruangan. Bisa jadi terasa aneh karena pencahayaan yang kurang maksimal.

5.    Pilih yang Mudah Dibersihkan

Terakhir Anda harus memilih lampu dan lokasi penempatan yang mudah dibersihkan. Mengingat plafon adalah tempat utamanya maka usahakan untuk memilih model yang terjangkau oleh alat kebersihan.

Bukan berarti harus simpel, hanya saja Anda harus benar-benar memastikan apakah tidak menyusahkan ketika akan dibersihkan nantinya.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa pemilihan lampu yang tepat tidak hanya menambah keindahan dalam ruangan masjid saja tetapi juga membuat orang-orang betah berlama-lama di dalamnya. Selain itu, karena masjid merupakan Rumah Allah, maka harus didesain dengan sebaik mungkin.

Apabila Anda ingin langsung membeli lampu untuk masjid, maka bisa langsung ke tempat yang direkomendasikan. Pembahasannya ada di bawah ini ya!

Tempat yang Recommended untuk Membeli Lampu Masjid

Banyak penjual Lampu masjid di luaran sana yang saling berlomba menciptakan produk kualitas. Bahkan masing-masing mengklaim jika ialah satu-satunya yang banyak dipilih oleh semua orang. Hal ini membuat masyarakat bingung ingin membeli yang mana.

Sekarang Anda harus membuang jauh-jauh kebingungan tersebut karena ada Bleecopper yang memberikan solusi untuk lampu yang akan dipasang di masjid. Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut:

1.    Produk Lengkap

Anda pasti senang kan jika membeli di sebuah tempat dan ternyata mereka menjual produk yang lengkap. Mulai dari jenis A hingga Z. Pilihan yang banyak ini membuat Anda bisa memperoleh pandangan, kira-kira mana yang paling bagus dan cocok untuk ruangan masjid.

Bleecopper selalu menghadirkan produk tembaga kuningan yang indah dan lengkap. Anda bisa memilih lampu untuk masjid, baik yang akan diletakkan di interior maupun eksterior.

2.    Harganya Terjangkau

Pembangunan masjid selalu membutuhkan biaya yang sangat besar, karena konstruksinya harus benar-benar aman dengan desain yang membuat umat Islam betah berlama-lama di dalamnya. Oleh karena itu, pemilihan harga untuk lampu masjid adalah hal penting yang harus dilakukan.

Tenang saja, di Bleecopper ini Anda tidak akan mendapatkan harga yang terlampau mahal. Sebaliknya, berbagai jenis model lampu akan dijual dengan harga yang terjangkau dan tidak akan menguras banyak dana pembangunan. Jika Anda masih belum percaya silah kan dibuktikan secara langsung!

3.    Custom Desain

Jika Anda memang belum menemukan model yang cocok, maka custom adalah jalan satu-satunya. Di sini Anda bisa request bentuk seperti apa yang diinginkan. Anda juga bisa menyesuaikan dengan ukuran masjid, warna, desain dan masih banyak lagi yang lainnya.

Custom memberikan keuntungan, selain bisa mengeksplor selera masing-masing juga bisa menemukan yang benar-benar cocok untuk diletakkan di masjid..

4.    Proses Cepat

Biasanya penjual lampu hias akan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya menjadi bentuk yang sedemikian rupa, sehingga kerap membuat para developer terlambat dalam menyelesaikan pembangunan.

Hal tersebut sangat mengganggu jalannya pekerjaan dan Anda harus membeli di Bleecopper jika tidak ingin masalah tersebut terjadi. Tim yang solid dan berpengalaman mampu membuat produk dengan jangka waktu yang lebih cepat.

Walaupun demikian, tetap kualitas adalah yang utama sehingga lampu tetap terjaga dan selalu dikontrol demi mencapai kesempurnaan.

5.    Memiliki Nilai Seni yang Tinggi

Tujuan membeli lampu untuk masjid dengan memesannya secara khusus tak lain agar tampak terlihat indah dan memiliki nilai seni tersendiri. Bleecopper merupakan pengrajin lampu tembaga dengan jam kerja tinggi, sehingga sangat profesional dalam pengerjaannya.

Anda akan mendapatkan lampu untuk di dalam atau di luar masjid yang estetik, cocok dan berkualitas. Apakah penjelasan sampai sini masih membuat Anda ragu? Semoga tidak ya!

6.    Pengiriman Seluruh Dunia

Bleecopper tidak lagi menggandengkan lokal, tetapi juga mampu melakukan pengiriman ke seluruh dunia, bahkan ketika Anda ingin membangun masjid di luar negeri sekalipun, Bleecopper akan senantiasa siap membantu Anda.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa tempat yang recommended untuk membeli lampu masjid adalah Bleecopper. Anda bisa langsung membuka website untuk menemukan gambar produknya dan memasukkannya ke dalam keranjang.

Hanya Di Sini! bleecopper.com. Jangan sampai ketinggalan dan cari tahu sekarang sebelum Anda ke duluan dengan yang lainnya!

Lalu bagaimana jika ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan customer service? Gampang saja, karena sekarang sudah ada fitur whatsapp yang langsung terhubung dengan admin. Anda bisa melakukan konsultasi untuk menentukan desain terbaik.

Ingat ya, memilih lampu untuk rumah Allah ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Pun harus yang tahan lama juga agar tidak banyak menghabiskan anggaran dan sering melakukan renovasi. Bayangkan saja jika sebuah masjid sering melakukan renovasi, pasti jamaah yang ada di dalam sangat terganggu.

Solusinya tidak ada yang lain, yaitu Anda harus membeli lampu masjid di Bleecopper.com. Satu-satunya penjual yang berani memberikan harga terjangkau dan pastinya produk sangat berkualitas. Anda tidak akan kecewa! Untuk mengetahui cara order di Bleecopper Anda bisa cek di sini!

Scroll to Top