Tips Cerdas Pengaturan Ruang Tamu Minimalis

Tips Cerdas Pengaturan Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu harus menjadi ruang yang memberi kesan pertama dari keseluruhan rumah, ruang tamu juga harus memberi rasa nyaman untuk penggunanya. Pengaturan di dalam ruang tamu menjadi sebuah gambaran dari keseluruhan ruang. Untuk memaksimalkan rasa nyaman di dalamnya, Anda harus memperhatikan pengaturan yang ada.

Sayangnya, banyak orang yang acuh dengan pengaturan ruang tamunya! Terlebih untuk ruang berskala minimalis. Pengaturan ruang tamu minimalis menghadirkan lebih banyak tantangan dari pada mengatur ruang tamu berukuran normal.

Ketika mengatur ruang tamu, Anda harus mulai dengan memperhatikan fungsi dan kegiatan seperti apa yang akan terjadi di dalam ruangan. Berikut ini tips pengaturan ruang tamu yang harus Anda praktikan untuk memaksimalkan rasa nyaman di dalamnya.

Mulai dengan furnitur wajib

Furniture Wajib Ruang Tamu Minimalis
Furniture Wajib Ruang Tamu Minimalis

Trik mendasar untuk mendapatkan pengaturan yang pas dalam ruang tamu adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan pemilihan furnitur di dalamnya. Satu ruang dengan ruang lain memiliki kebutuhan yang berbeda, dan di dasari dari bagaimana kebiasaan pemiliknya.

Orang yang lebih suka bersosialisasi akan lebih sering mendapati tamu yang berkunjung dan membutuhkan lebih banyak tempat duduk untuk tamu-tamunya. Namun, untuk pemilik rumah yang lebih suka bepergian dan jarang menggunakan ruang tamu akan memasukkan beberapa kursi saja ke dalam ruangnya. Walau demikian, Anda harus tetap memiliki perabotan wajib berikut ini:

Kursi dan sofa

Tentu saja! Siapa yang suka duduk di lantai yang dingin itu? Tempat duduk merupakan item yang harus benar-benar Anda miliki! Kecuali jika Anda menggunakan konsep lesehan atau ruang tamu bergaya Jepang.

Jika Anda adalah orang yang suka menghabiskan waktu di dalam ruang tamu, maka pastikan untuk memilih kursi atau sofa dengan bantalan yang empuk dan nyaman yang menunjang Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu di sana.

Sedangkan, jika Anda lebih sering berada di luar ruangan maka kursi sederhana dari bahan rotan atau kursi minimalis sudah cukup untuk ruangan Anda.

Meja Kopi

Meja kopi memang menjadi item yang cukup menghabiskan ruang, terlebih untuk ruang tamu minimalis. Namun, meja kopi tetap menjadi item wajib untuk di miliki! Dalam Pengaturan ruang tamu minimalis, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan side table dari pada coffee table.

Side table atau octomom adalah pilihan yang lebih baik untuk menghemat ruang dalam ruang tamu minimalis. Otonom dengan tambahan baki menjadi pilihan yang sangat cocok untuk mengganti meja kopi! Anda bisa menggunakannya untuk tempat menaruh minuman dan ketika tidak di butuh kan bisa menjadi tempat duduk yang nyaman.

Item penyimpanan

Saat Anda mengatur ruang tamu, pastikan memiliki item yang berfungsi sebagai penyimpan! Pilihan sebuah cabinet mini atau credenza sudah cukup untuk tugas ini!

Namun, untuk proyek Pengaturan ruang tamu minimalis Anda bisa mempertimbangkan penggunaan furnitur dengan fungsi ganda untuk menghemat ruang. Kursi dengan kolong, cabinet mini, meja kopi dengan laci, atau otonom dengan penyimpanan tersembunyi merupakan ide yang sangat cocok untuk di pertimbangkan.

Pengaturan ruang tamu minimalis berdasaran warna dinding

Penggunaan Warna Ruang Tamu Minimalis
Penggunaan Warna Ruang Tamu Minimalis

Ide Pengaturan ruang tamu yang selanjutnya adalah dengan mengatur ruang berdasarkan warna! Sebuah ruang yang sering di gunakan untuk kegiatan sosial cobalah untuk menghadirkan nada-nada lembut dengan pola yang di minimalisir. Ide dari pengaturan ini adalah untuk menciptakan kesan ruang yang lebih nyaman untuk bersosialisasi.

Pilihan nada lembut dalam ruang tamu akan membuat ruang tetap nyaman dan cocok di gunakan dalam jangka waktu lama.

Sedangkan untuk ruang tamu yang di gunakan sebagai ruang pelengkap, Anda bisa mendekorasinya dengan nada-nada dan pola lebih berani (ekspresif).

Baca Juga: Pilihan Cat Ruang Tamu Terbaik Dan Dampak Dari Penggunaannya!

Berdasarkan Bahan lantai

Pilihan Lantai Ruang Tamu Minimalis
Pilihan Lantai Ruang Tamu Minimalis

Ide Pengaturan ruang tamu minimalis selanjutnya adalah dengan mengatur ruang berdasarkan bahan lantai yang ada. Dengan memilih bahan terbaik untuk lantai, Anda bisa menciptakan tampilan lebih nyaman dalam ruangan Anda. Untuk memaksimalkan rasa nyaman didalam-Nya, Anda bisa memilih bahan yang hangat dan lembut ketika di gunakan.

Ide dari lantai parket atau vinil bisa menjadi pilihan untuk di pertimbangkan.

Namun, Anda juga bisa menggunakan karpet lembut untuk meningkatkan suasana dan rasa nyaman di dalam ruang tamu. Dalam pemilihannya, Anda cukup memilih karpet yang cukup besar untuk mengisi ruang atau setidaknya satu kaki dari furnitur berada di atasnya.

Berdasarkan fixture pencahayaan

Fixture Pencahayaan Ruang Tamu Minimalis
Fixture Pencahayaan Ruang Tamu Minimalis

Pada dasarnya, pencahayaan tidak hanya di gunakan untuk memperjelas detail di dalam ruang tamu saja, namun juga berfungsi untuk menghidupkan dan mengatur suasana di dalam ruangan. Perhatikan penggunaan ruang Anda! Jika Anda menyukai membaca di ruang tamu, pencahayaan dengan fixture lebih terang dan berwarna putih akan lebih baik untuk di gunakan dari pada fixture dengan pencahayaan Tamaran.

Pencahayaan Tamaran akan lebih baik untuk mengatur ruang yang memfokuskan rasa nyaman untuk bermain bersama dengan keluarga.

Menggunakan item pelengkap

Item Pelengkap Ruang Tamu Minimalis
Item Pelengkap Ruang Tamu Minimalis

Untuk memaksimalkan rasa nyaman, Anda bisa menambahkan item pelengkap! Pilihan seperti bantal sofa, bantal lantai, dan karpet yang empuk akan meningkatkan rasa nyaman dalam ruangan Anda. Untuk mendefinisikan ruang dengan lebih baik, Anda juga bisa menciptakan sebuah focal point dengan hiasan dinding, atau lukisan yang menarik estetika secara visual.

Ketika Anda mulai proyek pengaturan ruang tamu minimalis, Anda bisa menggunakan trik di atas sebagai pedoman pengaturan ruang. Menerapkan trik ini akan meningkatkan rasa naman dan menciptakan tampilan lebih baik dalam ruangan Anda! Pastikan juga untuk tidak egois dalam mengatur ruang.

Dalam ruang berskala minimalis, Anda harus mengatur ruang berdasarkan fungsi dan menyingkirkan item-item yang kurang bermanfaat untuk di gunakan!

One Comment to “Tips Cerdas Pengaturan Ruang Tamu Minimalis”

  1. […] Ketahui Cara Mengatur Ruang Tamu Minimalis Agar Terlihat Lebih Lapang di sini! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *