Perbedaan Tembaga dan Kuningan Wajib Di Ketahui

Perbedaan Tembaga dan Kuningan Wajib Di Ketahui!

Banyak dari para pelanggan menanyakan tentang Perbedaan tembaga dan kuningan, dan apa yang membuat harganya berbeda cukup jauh? Untuk pelanggan baru pasti beranggapan bahwa logam tembaga dan kuningan merupakan logam yang sama! Namun, jika di perhatian atau di teliti lebih lanjut keduanya merupakan bahan yang berbeda.

Kedua logam ini bisa di golongkan sebagai salah satu perhiasan yang sedang Nge trend untuk beberapa tahun terakhir, namun memahami dan tau apa kelebihan serta kelemahan dari keduanya akan membuat pemilihan Anda lebih selektif dan tidak rugi!

Perbedaan tembaga dan kuningan

Sebelum kita beranjak lebih jauh, ada baiknya Anda mengerti dan paham tentang perbedaan dari kedua logam ini!

Tembaga

Tembaga merupakan salah satu logam dengan unsur kristal yang memiliki warna kemerahan! Tembaga dapat ditemukan pada bentuk persenyawaan sebagai senyawa padat dalam bentuk mineral.

Perbedaan Tembaga Dan Kuningan 2
Perbedaan Tembaga Dan Kuningan

Tembaga dapat di temukan pada lapisan kulit bumi dengan berbagai bentuk sulfida seperti Bornite, chalcocite, chalcopyrite. Dalam bentuk silikat seperti dioptase dan juga chrysocolla, bentuk karbonat dengan zurite dan malachite, dan juga tembaga murni.

Namun, penambahan tembaga paling besar pada bentuk sulfida yang di dapatkan dari penambangan terbuka!

Kuningan

Sedangkan kuningan merupakan logam yang di dapatkan setelah memadukan tembaga dan seng! Perpaduan yang ada juga menciptakan logam kuningan dengan kualitas tersendiri. Kuningan modern akan tercipta dari 67% tembaga dan 33% seng. Namun, sering kali di temukan bahwa logam kuningan tercipta dari kombinasi 55-95% berat tembaga dan variasi seng 5-45%.

Jadi, kuningan dan tembaga adalah dua jenis logam yang berbeda satu sama lain! Pada dasarnya tembaga adalah sebuah logam tinggal dengan warna coklat kemerahan. Dan menjadi salah satu jenis logam yang ditemukan pertama kali dengan banyak manfaatnya, selain menjadi perhiasan tembaga juga menjadi campuran untuk membersihkan luka.

Perbedaan Tembaga Dan Kuningan 3
Perbedaan Tembaga Dan Kuningan

Tidak hanya itu, tembaga merupakan salah satu logam yang kuat dan dapat bertahan terhadap korosi! Tembaga murni akan terasa halus dan lebih lunak, dan dapat dengan mudah di bentuk untuk menciptakan berbagai item bahkan sebagai pengantar listrik terbaik.

Sedangkan kuningan merupakan logam yang tercipta dari campuran seng dan tembaga, dan campuran yang ada akan memiliki berbagai sifat serta varian warna tergantung dari pencampurannya! Pencampuran yang ada juga akan mempengaruhi bagaimana elastisitas dari kuningan Anda.

Dengan berbagai campuran yang ada logam kuningan dapat di bedakan secara umum menjadi 3 varian:

  1. Kawat kuningan
  2. Pipa kuningan
  3. Dan juga plat kuningan!

Tampilannya yang menyerupai emas membuat logam kuningan menjadi bahan favorit pada pelanggan untuk di jadikan berbagai dekorasi interior ataupun exterior rumah.

Cara membedakan!

Untuk membedakan ke dua jenis logam ini, Anda dapat melakukannya dengan cukup mudah! Karena logam tembaga akan hadir dengan warna coklat kemerahan, dan kuningan sama seperti warnanya dengan tampilan kuning ke emasan. Namun, logam kuningan juga bisa berwarna kehijauan, jingga dan kuning kecokelatan tergantung dari bagaimana finishing serta kandungan seng di dalamnya.

Perbedaan Tembaga Dan Kuningan 1
Perbedaan Tembaga Dan Kuningan

Sebagai logam tunggal, tembaga dapat di tarik magnet dengan mudah sedangkan kuningan cukup sulit! Ketika proses pembuatan logam tembaga akan hadir dengan suara yang lebih lembut (terandam karena sifat lunaknya), sedangkan kuningan hadir dengan kombinasi seng dan membuat proses pembuatannya menjadi sedikit lebih nyaring!

Dapatkan Hiasan Dinding Tembaga dan Kuningan Hanya di Sini!

Dalam segi elastisitas tembaga merupakan bahan yang lebih elastis dan dapat dengan mudah untuk dibentuk, sedangkan kuningan membutuhkan sedikit tenaga ekstra untuk membentuknya.

Perbedaan tembaga dan kuningan berdasar harga

Tembaga sebagai logam murni dan dapat di gunakan untuk berbagai kegiatan, membuatnya memiliki harga jugal yang lebih tinggi dari pada kuningan! Perkembangan harga dari tembaga itu sendiri juga di pengaruhi dari permintaan perusahaan penyedia khususnya China!

Logam kuningan memiliki harga yang lebih terjangkau, namun harga yang ada bergantung dari bagaimana kombinasi (campuran) yang ada.

Tips Memilih Kerajinan Tembaga Dan Kuningan

Dari Perbedaan tembaga dan kuningan di atas, pastinya Anda sudah memiliki padangan untuk memilih kerajinan logam berbahan apa untuk di bawa pulang! Pada dasarnya, pemilihan yang ada dapat di dasari dari bagaimana Anda akan menempatkan kerajinan tersebut.

Jika Anda menggunakannya di area luar ruangan, maka kerajinan logam adalah pilihan yang lebih baik untuk Anda. Sedangkan untuk area dalam ruangan, kerajinan kuningan merupakan pilihan yang bijak.

Namun, tidak perlu khawatir jika Anda ingin menggunakan item kuningan untuk area luar ruangan kami akan memberikan finishing terbaik kami agar kerajinan yang Anda gunakan dapat bertahan lebih lama di area luar ruangan.

Jadi, sebelum Anda membeli kerajinan tembaga atau kuningan pastikan dan berkonsultasilah terlebih dahulu untuk menjaga dan mendapatkan tampilan terbaik dari kerajinan Anda.

One Comment to “Perbedaan Tembaga dan Kuningan Wajib Di Ketahui!”

  1. […] Bingung memilih item tembaga atau kuningan ? Apa yang membedakan Kuningan Dan Tembaga? Ketahui Di sini! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *