Pilihan Tanaman Hias Bunga

9 Pilihan Tanaman Hias Bunga Untuk Halaman Rumah

Tanaman Hias Bunga

Semua orang mengharapkan sebuah taman pribadi yang benar-benar menjadi miliknya sendiri. Dan tidak heran jika banyak yang berlomba-lomba untuk membuat halaman depanya menjadi menawan dengan berbagai pilihan tanaman hias bunga. Tanaman hias bunga sering kali menjadi pilihan untuk memaksimalkan tampilan halaman rumah.

Berinvestasi pada tanaman hias bunga tidak semata-mata untuk mencerahkan rumah saja, namun pastikan Anda bisa konsisten untuk menjaga tampilan dari bunga-bunga itu sendiri. Tanaman hias datang dengan lebih banyak pilihan untuk melengkapi tampilan halaman rumah, pertimbangkan pilihan tanaman berdasarkan tampilan, serta kemudahan perawatan darinya untuk memudahkan Anda untuk mempertahankan tampilan dari tanaman itu sendiri.

Pilihan Tanaman Hias Bunga Untuk Halaman Rumah

Pilihan Tanaman Hias Bunga
Pilihan Tanaman Hias Bunga

Berikut ini pilihan tanaman hias bunga yang wajib di pertimbangan untuk mempercantik tampilan halaman Anda:

1. Tanaman Hias Bunga Melati
Yang satu ini adalah pilihan paling populer untuk tanaman hias jenis bunga, melati adalah jenis tanaman yang memiliki jumlah spesies lebih dari 200 dan tumbuh asli pada daerah dengan iklim tropis dan hangat seperti Eurasia, Australia, Dan Oseania.

Melati adalah tumbuh dengan tampilan putih dengan aroma yang sangat harum. Dan Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jenis melati (Jasmin). Bahkan dengan aromanya yang semerbak harum, sering kali melati di jadikan perhiasan untuk mempercantik rambut pengantin.

Melati jenis jasminum (jamin) adalah pilihan yang sering kali di gunakan untuk melengkapi tampilan halaman rumah Anda, dan mereka membutuhkan sinaran matahari secara penuh. Ketika Anda membawa melati ke dalam halaman rumah, pastikan untuk memberi mereka area dengan pencahayaan penuh.

Bahkan melati adalah pilihan yang mudah di perdayakan, hanya dengan memotong bunga dan memotong secara langsung pada tanah dan sedikit pupuk kompos akan membuat mereka tumbuh. Atau Anda juga bisa menanam pada pot untuk membuatnya tumbuh.

2. Tanaman Hias Bunga Petunia
Tanaman ini datang dari daerah Amerika selatan dengan ketinggian berkisar 16-30Cm, dengan bunga dengan mahkota tunggal, dan ada juga spesies dengan mahkota ganda.

Mereka juga memiliki bermacam-macam warna untuk di pilih dari merah, putih, merah muda, biru, dan bahkan ungu. Bunga ini memiliki banyak cabang namun sangat lemah dan mereka tidak akan tumbuh secara tegak.

Petunia akan tumbuh dengan sangat subur ketika Anda menanamnya pada tanah subur dengan banyak kandungan air serta siraman cahaya matahari yang cukup.

Walaupun mudah untuk berkembang dan tumbuh, bunga ini memiliki masa hidup yang pendek. Masa berbunga dan tumbuh hanya sekali dan kemudian mati. Ketika Anda ingin tanaman ini berada di halaman rumah sepanjang tahun, pastikan untuk mengganti tanaman baru setelah mereka mati.

3. Tanaman Hias Bunga Bugenvil
Siapa yang tidak mengenal bunga yang sangat cantik ini? Bugenvil adalah tanaman yang sering kali di gunakan untuk menghias halaman depan ataupun belakang mereka yang menyukai bercocok tanam.

Dengan tampilannya yang memiliki beragam warna, membuat mereka menjadi tanaman hias yang di cari-cari. Bunga ini berasal dari Amerika Selatan dan sering di gunakan untuk penanaman area perumahan.

Tampilannya dengan seludang bunga yang tipis membuat mereka juga di juluki sebagai bunga kertas. Mereka juga berfungsi ganda sebagai hiasan rambut, campuran untuk siraman, dan juga menjadi bunga yang digunakan untuk upacara pemakanan bangsa China serta India.

Percantik Tampilan Bunga Hias Anda Dengan Pot Kuningan Dari Kami (Bisa Costum Ukuran Loh).

Bunga ini juga memiliki kemudahan dalam perawatan dan cocok untuk penanaman di area dengan iklim tropis seperti Indonesia. Dengan sulur rapat dan juga bujur yang tipis menjadikan mereka pilihan yang cocok untuk halaman rumah atau pada area pagar.

Pastikan Anda melakukan penyiraman dan juga pemupukan untuk membuat bunga tetap segar dan terawat.

4. Tanaman Bunga Pentas
Bunga ini adalah bunga yang berasal dari Afrika Selamatan, Komoro, Madagaskar, dan juga Semenanjung Arab. Tampilan hijau berbulu dengan bunga merah, putih, merah muda dan juga ungu menjadi ciri khas dari tanaman hias yang satu ini.

Dengan tampilan menawannya yang mirip daun kemangi ini sering di panggil dengan “Sgyptian Star” bahkan kabar baiknya merekan bisa tumbuh sepanjang waktu tanpa mengenal musim.

Mereka adalah pilihan yang sangat cocok untuk mereka yang tidak memilik cukup waktu untuk merawat tanamannya! Perawatan yang mudah menjadi salah satu faktor membuat mereka menjadi populer.

5. Tanaman Bunga Anggrek
Anggrek adalah tanaman hias bunga dengan spesies yang sangat banyak. Bahkan jenis dari anggrek itu sendiri tersebar bahkan hingga daerah tropika hingga wilayah sirkumpola, namun kebanyakan jenisnya berada di daerah tropika.

Anggrek yang di tanam pada area beriklim sedang akan hidup pada tanah dan membentuk umbi sebagai cara untuk mengatasi masalah ketika musim dingin.

Dengan organ yang tebal dan sekulen menjadikannya dapat bertahan hidup dengan ketersediaan air yang terbatas. Kabar baiknya, di Indonesia anggrek terbagi menjadi beragam jenis terlebih untuk jenis epifit yang sering di temukan di daerah Papua dan Sumatra.

7. Tanaman Bunga Tulip
Jenis tanaman hias bunga yang satu ini di kagumi karena bentuk dan juga beragam warnanya. Merah terang, kuning, dan ungu cenderung hitam. Bunga Tulip sering kali di temui pada benua Afrika, Asia, dan bahkan Eropa. Mereka akan mekar ketika musim semi dan awal musim panas.

Dengan berbagai warnanya Tulip bisa di jadikan sebagai bunga untuk menemani berbagai momen tertentu seperti. Merah untuk pernikahan, kuning sebagai simbol.

8. Iris
Jenis bunga iris identik dengan tampilan ungu dari tampilan gelap bahkan cerah. Bunga iris sering kali di kaitkan dengan lambang kesetiaan, bijaksana, dan juga harapan. Iris akan mekar dengan sempurna pada bulan Mei di Indonesia

9. Mawar
Rekomendasi tanaman hias bunga yang terakhir adalah bunga mawar. Bunga ini adalah lambang dari cinta dan juga romansa, ketika Anda mencari mawar untuk halaman rumah maka pilihan bisa bervariasi warna.

Tips Merawat Tanaman Hias

  • Beri air yang cukup sesuai kebutuhan tanaman
  • Pastikan mendapat sinaran matahari agar tetap tumbuh dan segar
  • Jauhkan dari hama yang membunuh
  • Pastikan untuk menghilangkan ranting yang mati
  • Beri kan pupuk

Merawat tanaman hias bunga dengan benar akan memberikan dampak yang baik untuk tampilan dan juga kelangsungan hidup dari tanaman itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *