Semua Tentang Desain Interior Jawa Yang Harus Di Ketahui

Semua Tentang Desain Interior Jawa Yang Harus Di Ketahui!

Desain Interior Jawa merupakan tampilan rumah tradisional dengan dominasi kayu di dalam ruangnya! Arsitektur bergaya Jawa memiliki ciri khas dengan budaya dan hierarki tersendiri yang di tunjukan dengan tampilan atap yang rumit milik seorang bangsawan.

Dalam proyek dekorasi, rumah bergaya Jawa akan di bagi menjadi beberapa bagian seperti pendopo, pringgitan, Omah, dalem, dan juga sentong. Tampilan rumahnya juga di pengaruhi oleh arsitektur Belanda pada abad ke-20. Seiring perkembangan zaman, rumah bergaya Jawa hadir dengan adaptasi dan tampil lebih modern dengan unsur minimalis di dalamnya.

Namun, ketika Anda ingin menerapkan Desain Interior Jawa pastikan tidak menghilangkan unsur sejarah yang ada! Untuk itu ketahuilah semua tentang Interior khas Jawa yang telah kami rangkum di bawah ini.

Sejarah Rumah Jawa

Rumah Jawa memiliki hubungan erat dengan Austronesia atau bisa di katakan bahwa rumah Jawa merupakan dasar dari rumah Austronesia. Ketika bangsa Eropa datang saat abad 16 dan 17, mereka memperkenalkan material batu dan batu bata dalam proyek pembuatan rumah.

Tampilan rumah yang tergolong unik dengan susunan yang dapat meminimalisir panas dan hujan, rumah adat Jawa dapat mempengaruhi tampilan Hinda Belanda kala itu (sekitar abad 19).

Filosofi

Pada dasarnya rumah bergaya Jawa hadir dengan filosofi hierarki yang memiliki tampilan strata sosial dari pemiliknya. Sebuah atap rumah yang berbentuk menyerupai gunung di simbolkan sebagai tempat sakral atau di percaya sebagai tempat tinggal para dewa.

Atap ini akan disangga dengan 4 pilar besar yang melambangkan 4 arah mata angin (utara, selatan, timur, dan juga barat).

Bagian Dari Desain Interior Jawa

Rumah Jawa merupakan rumah dengan ukuran yang cukup besar, umumnya rumah ini akan hadir dan di bangun pada sebuah kompleks yang di bagi menjadi beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda untuk setiap bagiannya.

Pendopo

Pendopo
Pendopo Rumah Jawa Dengan Lampu Antik Kuningan Bleecopper

Atau bisa di sebut sebagai bagian depan rumah, pendopo hadir dengan tampilan yang menyerupai paviliun dan di fungsikan sebagai tempat menerima tamu, rapat, dan juga sebuah pertunjukan. Pendopo sering kali di desain dengan bentuk atap menyerupai joglo dan sering kali hanya di miliki oleh bangsawan atau orang terpandang.

Ingin tampil menawan dengan gaya Retro? Berikut ide yang bisa Anda coba!

Pringgitan

Pringitan
Pringitan

Ini adalah sebuah bangunan yang menjadi penghubung antara bagian utama rumah dan pendopo. Biasanya Area ini di fungsikan sebagai tempat khusus untuk permainan wayang.

Omah

Omah
Omah

Ini adalah bangunan utama dari Rumah bergaya Jawa. Omah hadir dalam susunan persegi atau persegi panjang dengan lantai lebih tinggi dari bangunan lain yang ada. Ciri khas dari Bagian tengah dari Omah adalah menggunakan atap limasan atau Joglo.

Dalem

Ini merupakan sebuah bangunan tertutup yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu poros utama dan selatan dengan daerah yang berbeda. Dalem difungsikan sebagai tempat untuk berkumpul para remaja yang sedang dalam masa puber,

Secara tradisional, area ini juga di jadikan tempat untuk membakar Dupa untuk menghormati sang Dewa Padi (Dewi Sri). Serta di jadikan tempat duduk pengantin pria dan wanita ketika upacara pernikahan berlangsung.

Sentong

Ini merupakan bangunan paling belakang dari rumah Jawa dengan bentuk yang tertutup. Dalam sentong Anda akan mendapati beberapa ruangan, sentong barang untuk tempat penyimpanan beras dan hasil pertanian. Dan sentong timur yang di gunakan untuk penyimpanan alat pertanian.

Interior Jawa Modern

Jawa Modern
Ide Desain Interior Jawa Modern

Seiring perkembangan zaman, rumah Jawa hadir dengan desain yang lebih modern dengan mengadaptasi berbagai bentuk dan tampilan.

Gaya interior Jawa tradisional terkenal dengan tampilannya yang autentik, namun perkembangan zaman rumah jawa hadir dengan tampilan lebih sederhana. Seperti Jawa Minimalis, adaptasi dari gaya Interior Jawa Minimalis adalah dengan desain atap dan pilar yang digunakan sebagai struktur utama ruangan. Berikut ini gambaran dari Desain Interior Jawa modern.

Rumah dengan 2 lantai dan gazebo di atap

Tampilan Jawa Modern yang pertama merupakan rumah minimalis modern yang di kombinasikan dengan tampilan adat jawa pada bagian atap, tambahan aksen kayu yang di ukir dengan tujuan untuk menghias fasad rumah.

Anda bisa menambahkan gazebo dari kayu yang di tempatkan di atap rumah. Cara ini akan menciptakan tampilan layaknya sebuah pendopo kecil yang berada di atas rumah Anda, dengan demikian Anda akan menegaskan kesan tradisional dalam proyek desain Interior Jawa Modern ini.

Tambahan Kolam Renang

Proyek dekorasi rumah Jawa minimalis yang menggunakan aksen kayu dan dominasi kaca akan membuat ruang mendapat cahaya alami dengan lebih baik. Bagian belakang rumah dengan tambahan kolam renang dan kursi etnik yang di hadapkan ke kolam akan menciptakan kesan lebih modern untuk rumah Jawa Anda.

Gaya Modern Minimalis

Ciptakan sebuah rumah dengan atap bertumpuk untuk meningkatkan pesona desain rumah Jawa Anda. Penggunaan eksterior dengan aksen kayu akan memberi tampilan tradisional, tambahan 4 pilar penyangga atap di atas carport merupakan kombinasi yang hebat untuk rumah Jawa modern Anda.

Pilihan Item Untuk Desain Interior Jawa

Agar pesona rumah Jawa semakin meningkat, beberapa penggunaan item ini bisa di pertimbangkan:

Kursi anyam dan dinding batu bata

Ketika proyek dekorasi rumah Jawa modern berlangsung, beberapa orang akan menggunakan tampilan layaknya sofa dalam ruang tamunya. Namun, untuk mendapat tampilan Klasik Anda bisa mempertimbangkan penggunaan kursi anyam.

Kursi Ratan
Kursi Ratan Bleeproduktion, Anda bisa Pesan di sini!

Sebuah kursi menjalin panjang dan beberapa kursi lebih kecil yang di pasangkan dengan meja kayu memanjang adalah kombinasi terbaik untuk desain interior gaya Jawa. Sedangkan untuk area dinding, Anda bisa menggunakan bahan batu bata merah untuk dinding utamanya. Sedangkan area dinding lain, Anda bisa melapisinya dengan semen dan di beri warna sesuai keinginan.

Gebyok Berukir Pada Pintu Masuk

Dalam interior Rumah Jawa, Anda harus menciptakan memiliki ciri khas! Penggunaan gebyok adalah yang paling cocok untuk menghadirkan tampilan rumah Jawa yang menawan. Anda bisa mendapatkan pintu Jawa (gebyok) dengan berbagai cara seperti papan kayu ukir hingga titik tengah (untuk bagian utama pintu) Anda juga bisa menambah jendela pada kedua sisi pintu.

Untuk menyempurnakan pesona Tradisional Jawa, Anda bisa menambah karpet dengan tampilan unik di depan pintu sebelum area duduk di ruang tamu.

Atap Kayu

Plafon Interior Jawa tidak pernah menggunakan penutup! Ketika Anda mendesain rumah Jawa, pastikan tidak menggunakan plafon penutup ataupun eternit di sana. Rumah bergaya Jawa akan lebih menawan dengan tampilan atap yang terbuka dan menampilkan kayu-kayu yang tersusun rapi.

Tampilan kayu yang ada akan menciptakan kesan ruang yang terasa lebih teduh dan menyegarkan untuk penggunanya.

Hiasan Dinding

Gunungan Tembaga
Gunungan Tembaga

Jika Anda sudah menciptakan rumah Bergaya modern, maka menghadirkan kesan rumah Jawa Tradisional bisa di lakukan dengan menghadirkan hiasan dinding berupa bufet berukir sederhana dengan pintu kaca. Kemudian hias dinding di atas bufet dengan piring-piring antik untuk memperkuat pesona rumah Anda.

Selain piring, Anda juga bisa menghiasnya dengan gunungan atau wayang tembaga kuningan dari Bleecopper di atas. Selain memiliki tampilan yang unik, tambahan gunungan atau wayang akan menjadi hiasan yang meningkatkan pesona Desain Interior Jawa.

Tiang utama penyangga rumah

Rancangan rumah Jawa dengan tiang utama sebagai penyangga merupakan sebuah konsep dasar ketika mulai dekorasi rumah. Tiang ini berfungsi untuk mempermudah penganggaran namun juga menjadi penentu dari bentuk rumah nantinya.

Setiap bentuk yang ada entah itu berbentuk limasan, loji, joglo, atau model lain akan hadir dengan tiang penyangga utama di dalam ruangan yang di sebut sebagai soko. Tiang ini menjadi labang sebagai kekuatan dari rumah, dan di letakan pada ruang tamu atau ruang tengah yang lebar.

Lampu gantung unik

Lampu antik Kuningan adat Jawa
Lampu antik Kuningan adat Jawa

Aksesoris terakhir yang akan meningkatkan pesona Interior Jawa Anda adalah dengan menggunakan lampu gantung unik. Biasanya, Lampu ini menjadi salah satu sumber cahaya utama dalam ruang. Hadir dari bahan logam besi, tembaga, atau kuningan dengan ukiran yang menarik.

Anda bisa mendapatkan berbagai aksesoris untuk furnitur logam dan juga kayu di sini. Dari hiasan dinding, furnitur kayu, aksesoris logam, dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan hanya di Bleecopper! Apa pun kebutuhan Anda kami akan menyediakannya.

Demikianlah ide Desain Interior Jawa yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan pesona rumah jawa Anda. Dengan mempertimbangkan ide di atas, dan tetap memegang unsur sejarah yang ada konsep rumah Jawa dapat Anda terapkan dengan lebih mudah dan tertarget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *