Semua Tentang Kerajinan Logam Yang Harus Anda Tahu

Kerajinan logam merupakan sebuah cara untuk menghasilkan sebuah logam untuk di jadikan berbagai barang yang memiliki manfaat dan bernilai jual. Dalam proses pembuatan kerajinan ini, setiap pengrajin membutuhkan keterampilan dan teknik khusus dalam pengolahan logam sehingga dapat menghasilkan produk kerajinan yang sepenuhnya berguna dan memiliki nilai jual tinggi.

Berbicara tentang produk kerajinan logam, maka kita akan menelusuri awal mula kerajinan ini hadir dan bagaimana teknik yang di gunakan untuk membuat berbagai produk kerajinan logam yang ada.

Sejarah Seni Kriya Logam

Seni kerajinan logam atau juga bisa di sebut sebagai kriya logam di mulai saat sebelum manusia belum mengenal tulisan atau pada zaman yang memunculkan Budaya perundagian atau budaya logam (logam yang ada seperti emas, besi, dan juga perunggu) walau Indonesia tidak di lewati kebudayaan logam tembaga! Ini menjadi sebuah budaya pra-sejarah di mana manusia menggunakan logam yang ada suntuk menciptakan berbagai seni kriya logam untuk kebutuhan sehari-harinya.

Walau item seni logam yang di buat tidak sebanyak pada zaman ini, namun hasil dari zaman itu memiliki nilai seni yang tidak kalah pada zaman modern ini. Hal ini di sebabkan karena seni kerajinan logam memang sebuah seni yang mengedepankan nilai artistik dan melestarikan kebudayaan yang ada.

Jika berbicara umur maka seni ini sudah ada dan mulai berkembang sekitar 500 Sebelum Masehi, dengan contoh peninggalan seni seperti kapak corong, nekara, moko, topeng emas, dan beberapa bejana.

Apa Itu Seni Kriya Logam?

Seni kriya logam merupakan sebuah seni kerajinan atau keterampilan yang di gunakan untuk membuat sebuah barang yang serbaguna dan memiliki nilai seni di dalamnya. Setiap barang yang di buat bisa menjadi sebuah karya dua dimensi (seperti lukisan) atau 3 dimensi (berupa patung).

Di dalam proses pembuat bahan logam menjadi produk kerajinan logam, ada teknik dan media pembuatan. Media yang ada adalah berbagai jenis logam seperti (emas, perak, tembaga, kuningan, besi, dan juga aluminium). Sedangkan teknik pengolahan seperti (ketok, las, cor, dan patri).

Pengolahan Logam

Berbicara tentang pengolahan logam untuk kerajinan, maka kita akan berbicara tentang teknik dan juga pengalaman dari pengrajinnya. Pada dasarnya, logam memang bukanlah sebuah bahan yang mudah di olah dan di bentuk untuk menjadi sebuah kerajinan hal ini karena salah satu sifanya yaitu “benda keras”. Walaupun ada mesin untuk pembuatan produk kerajinan logam, namun produk kerajinan dari logam yang di buat secara homemade adalah cara yang lebih efisien untuk memberikan sentuhan nilai seni di dalamnya.

Logam yang di buat dengan metode homemade tentu membutuhkan keahlian khusus dari pengrajinnya! Karena tanpa adanya pengalaman dan keahlian khusus produk logam tidak akan mendapatkan tampilan yang maksimal. Proses pembuatan logam bisa beragam seperti dengan menggunakan metode:

  • Tempa
  • Ukir Manual
  • Lasser Cutting
  • Cetakan
  • Dan Lain sebagainya

Proses pembuatan kerajinan logam tembaga dan kuningan sering kali menggunakan metode ukir dan juga tempa hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil maksimal yang penuh nilai seni di dalamnya.

Produk Kerajinan Logam Tembaga Dan Kuningan

Membicarakan produk logam tembaga dan kuningan maka kita akan di hadapkan dengan dua jenis produk, yaitu produk kerajinan dua dimensi dan juga produk kerajinan tiga dimensi. Produk dua dimensi di desain di atas logam yang permukaannya di berikan tulisan atau gambar yang nantinya di jadikan sebagai motif untuk produk yang ada.

Sedangkan produk kerajinan tiga dimensi merupakan produk logam yang di cetak atau di bentuk untuk mendapatkan tampilan menyerupai tampilan asli atau miniatur yang ada. Beberapa contoh produk kerajinan logam tembaga dan kuningan:

Patung Tembaga Dan Kuningan

Kerajinan Patung Tembaga I Bleecopper
Kerajinan Patung Tembaga I Bleecopper

Patung dari bahan tembaga atau kuningan merupakan salah satu contoh produk logam tiga dimensi yang memiliki tingkat nilai seni tinggi dan tampilan yang menyerupai desain awal yang ingin di produksi. Desain patung yang sering di pesan antara lain adalah patung pahlawan, patung Yesus tembaga, patung Budha Kuningan, patung hewan, dan patung untuk monumen.

Hiasan Dinding Tembaga

Hiasan Dinding Logam Kuningan
Hiasan Dinding Logam Kuningan

Produk yang satu ini bisa menjadi produk dua dimensi ataupun tiga dimensi (sesuai dengan permintaan costumer) produk hiasan dinding tembaga di ciptakan dengan tujuan untuk mempercantik sebuah ruangan baik untuk ruangan pribadi, ruang hotel, dan lain sebagainya.

Motif yang di tawarkan untuk produk hiasan dinding itu sendiri sangat beragam dari motif bunga dan daun, hewan, kapal, abstrak, dan pilihan motif sesuai dengan selera pemilik.

Wajan Tembaga

Wajan merupakan sebuah tempat yang di gunakan untuk memasak, penggunaan bahan tembaga menjadi pilihan yang sangat tepat karena bahan ini menjadi penghantar panas yang sangat baik dan dapat menyimpan suhu panas lebih lama dari bahan lainnya.

Kaligrafi Kuningan Tembaga

Kaligrafi ayat Kursi Kuningan Kombinasi Stainless Steel
Kaligrafi ayat Kursi Kuningan Kombinasi Stainless Steel

Tidak hanya hiasan dinding saja yang bisa menjadi pemanis di dalam ruangan, namun kaligrafi tembaga atau kuningan juga menjadi pilihan produk yang mempercantik ruangan sembari mempertahankan nilai agamis di dalamnya. Produk ini hadir dengan berbagai pilihan dari lafat dan juga bentuk sesuai dengan keinginannya.

Kaligrafi yang di buat dengan logam tembaga atau kuningan memiliki tampilan yang lebih mengundang dari pada kaligrafi dari bahan lainnya. Hal ini di sebabkan kilauan tembaga dan kuningan memberikan pesona lebih untuk produk yang satu ini.

Kubah Tembaga

Kubah Masjid juga menjadi salah satu produk kerajinan logam yang memiliki bahan tembaga atau kuningan. Walau tidak semua Kubah hadir dengan bahan tembaga, namun tampilan kubah dari bahan tembaga dan kuningan menjadi sangat populer karena tampilannya yang berkilauan ketika terkena sinar matahari secara langsung.

Lampu Masjid Tembaga

Produk Kerajinan Logam I Lampu Gantung Kuningan
Produk Kerajinan Logam I Lampu Gantung Kuningan

Yang tidak kalah menarik lainnya adalah produk lampu gantung Masjid dari bahan tembaga atau kuningan. Lampu yang satu ini biasanya memiliki desain robyong atau replika Lampu Nabawiyah. Kedua lampu ini hadir dengan pesonanya yang sangat menawan untuk di jadikan pemanis sekaligus penerang di dalam Masjid.

Tidak hanya produk di atas saja yang bisa di buat dengan bahan logam tembaga kuningan, berbagai pilihan produk juga bisa Anda dapatkan. Contoh produk lain yang bisa di dapatkan antara lain adalah pemanas makanan, jam hias kuningan, lampu, dan lain sebagainya.

Kelebihan Produk Kerajinan Logam

Produk kerajinan logam memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya diminati:

  • Kekuatan dan Ketahanan: Logam umumnya sangat kuat dan tahan lama. Produk kerajinan logam bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan yang signifikan.
  • Fleksibilitas Desain: Logam bisa diubah bentuknya dengan mudah, sehingga memberikan fleksibilitas dalam desain produk. Ini memungkinkan pembuatan berbagai macam produk dengan beragam bentuk dan ukuran.
  • Tampilan Estetika: Banyak kerajinan logam memiliki tampilan yang estetis. Keindahan visual dari logam, seperti kilauan logam, bisa meningkatkan daya tarik produk.
  • Kekeliruan Rendah: Logam cenderung memiliki toleransi dimensi yang ketat dan kestabilan yang tinggi dalam bentuknya, memungkinkan produksi yang akurat dan kurang rentan terhadap kesalahan.
  • Tahan terhadap Korosi: Beberapa jenis logam memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi, yang membuat produk logam menjadi pilihan yang baik untuk penggunaan di luar ruangan atau di lingkungan yang keras.
  • Daur Ulang dan Ramah Lingkungan: Logam bisa didaur ulang dengan relatif mudah, membantu mengurangi limbah dan meminimalkan dampak lingkungan yang negatif.
  • Kegunaan yang Luas: Produk kerajinan logam digunakan dalam berbagai industri dan aplikasi, mulai dari dekorasi hingga konstruksi, peralatan rumah tangga, dan peralatan industri.

Kelebihan-kelebihan ini membuat produk kerajinan logam menjadi pilihan yang populer dalam berbagai konteks industri dan kreatif. Ingin tau lebih banyak tentang produk kerajinan logam dari tembaga dan kuningan? Cek Di Sini!

Scroll to Top