Tips Menabung Yang Diterapkan Orang Jepang Untuk Masa Depan

Menabung adalah kegiatan untuk mengumpukan uang dari sisa uang saku atau gaji bulanan. Banyak orang yang mengartikan bahwa menabung adalah sebuah kesepakatan bersama untuk pengelolaan keuangan pribadi atau keluarga. Ada juga yang mengartikan menabung adalah sebuah kegiatan yang akan menentukan masa depan. Lantas bagaimana menurut Anda?

Menabung menjadi kegiatan yang tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang! Dan bahkan kegiatan ini menjadi kegiatan yang akan memaksa seorang untuk merencanakan pengeluaran mereka dengan sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil dari tabungan yang semaksimal mungkin. Namun, tidak di pungkiri  bahwa dalam setiap bulan atau harinya kita akan mendapatkan pengeluaran yang tidak terduga dan menyebabkan proses menabung kita menjadi sedikit bergeser atau bahkan menjadi kacau!

Tips Menabung Yang Diterapkan Orang Jepang Untuk Masa Depan

Untuk sebagian orang yang pintar dalam mengatur pengeluaran menabung menjadi hal yang sangat mudah untuk di lakukan, namun tidak untuk beberapa orang yang belum handal dalam mengatur pengeluaranya! Namun, seiring berjalanya waktu menabung beralih arti dari menyimpan uang di bank menjadi sebuah proses berinvestasi pada suatu benda atau sesuatu yang akan menguntungkan sang investor untuk bebera waktu kedepan.

Walau menabung adalah kegiatan yang sangat baik, masih ada orang yang enggan untuk menyisihkan uang mereka dan menyimpan atau menginvestasikan uang yang Ada. Menabung tidak akan menjadi kegiatan yang menyiksa Anda lagi setelah Anda membaca artikel ini.

Kami merangkum bagaimana kebanyakan orang Jepang menyimpan uang mereka dan bagaimana cara mengelola keuangan dengan sangat hebat. Di Negara matahari terbit ini ada sebuah istilah yang dinamai sebagai “KAKEBO“. Kakebo merupakan sebuah metode yang sudah ada dari tahun 1904 dan berahan hingga saat ini, namun apa itu kakebo? dan bagaimana penerapan metode ini akan membantu kita untuk menabung dan menyimpan uang?

Metode kakebo di ciptakan dengan tujuan mengatur pengeluaran seminimal mungkin dan menjadi sebuah metode untuk mencatat dari setiap pengeluaran dari setiap orang dengan lebih cermat dan memudahkan dalam penevaluasian setiap saat.

Jadi Bagaimana Cara Penerapan Sistem Kakebo ini?

Kakebo bisa Anda terapkan untuk setiap bulanya dengan cara mencatat pemasukan atau mencatat berbagai pengeluaran dalam bulan kedepan. Yang paling mendasari dalam metode ini adalah pencatatan dari pengeluaran rutin Anda setiap hari dalam satu bulan.

Dalam penerapan metode kakebo, orang Jepang membuat 4 dasar pengeluaran mereka yaitu :

  1. Pertama Survival : Atau bisa di kategorikan sebagai biaya keseharian Anda seperti biaya sekolah, makan, transport, kesehatan Anda, dan juga kebutuhan pokok lainya.
  2. Keuda kebutuhan opsional : Atau bisa di kelompokan sebagai kebutuhan seperti belanja dan makan di sebuah restoran (pastikan berapa pengeluaran maksimal Anda)
  3. Ketiga kebutuhan hiburan : Pada era milenial ini setiap orang pasti sering menghibur diri mereka dengan INTNET (kouta), buku langganan, treveling, nonton bioskop, dan malam mingguan.
  4. Keempat pengeluaran kejutan : Yang kami maksud adalah pengeluaran yang tidak terduga yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan sejumplah uang untuk kegiatan ini. Untuk opsi ke empat, Anda bisa menganggarkan keuangan Anda setidaknya 10% dari pengeluaran tertinggi. Dan jika anggaran untuk opsi ke empat ini tidak di gunakan, Anda bisa menggunakan Anggara ini untuk menabung!

Pencatatan

Setelah Anda menganggarkan pengeluaran Anda dalam empat kategori di atas, ini saatnya untuk mencatat uang yang Anda miliki dan berapa yang bisa Anda tabung dalam satu bulan. Semua pengeluaran dan berapa jumplah yang bisa Anda tabung harus Anda tulis dan tetapkan saat awal bulan untuk memudahkan pencatatan dan mengaturnya.

Setelah Anda menulis pengeluaran bulanan, kini saatnya Anda mencatat pengeluaran harian Anda dan menulisnya secara lebih detail untuk setuap pengeluaran Anda.

Dan pada akhir pekan, Anda harus melakukan evaluasi bagaimana pengeluaran keuangan Anda dan pengeluaran Anda sesuai dengan perencanaan yang sudah Anda tulis pada di awal. Cata dan cata setiap pengeluaran harian Anda, yang kemudian Anda bisa mendapatkan detail dari pengeluaran Anda dari harian, mingguan, dan juga bulanan.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan sketsa yang tepat untuk besar dari pengeluaran Anda dan berapa banyak yang bisa Anda tabung dan Anda gunakan untuk memnuhi kebutuhan Anda.  Pengeluaran umum yang sering di pakai adalah kebutuhan dasar seperi makanm transport, kesehatan, kebutuhan sembako, dan juga keadaan darudar.

Cara ini akan menjadi cara efektif untuk menentukan pengeluaran dan pemasukan Anda secara lebih teratur karena Anda akan mendapatkan gambaran dari pengeluaran Anda dengan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *