Siapa yang tau tentang konsep dekorasi open plan? Atau yang lebih di kenal dengan konsep open space? Ya! Seperti namanya konsep open scape atau open plan merupakan sebuah konsep dekorasi rumah yang menghadirkan ruangan yang bebas dan terhubung satu sama lain tanpa ada skat di antaranya.

Pada dasarnya, ide konsep open space sering kali di gunakan untuk area apartemen atau rumah minimalis yang bertujuan untuk memaksimalkan interiornya. Berikut ulasan singkat tentang dekorasi bergaya open space!

Open Scape atau Open Plan

Ingatlah bahwa ini adalah ide dekorasi rumah yang bertujuan untuk menyatukan dua atau tiga ruang menjadi sebuah ruang bebas yang tidak memiliki sekat di dalamnya. Kebanyakan konsep ini menggabungkan beberapa area seperti area dapur, ruang makan, dan juga ruang tamu.

Konsep ini juga memiliki tujuan untuk memaksimalkan area yang ada di dalam rumah dan menciptakan sense terbuka dan terasa lebih mengundang ketika ada orang yang memasuki rumah. Dengan menerapkan konsep open plan Anda juga akan mendapati flow aktivitas di dalam rumah yang lebih lancar dan juga nyaman.

Yang harus di perhatikan ketika menerapkan konsep ini adalah Anda harus memperhatikan interior yang ada di dalam setiap ruang dan mengombinasikannya menjadi sebuah susunan interior yang serasi di dalam sebuah ruang berskala besar.

Penggabungan 2 atau 3 ruang sekaligus juga tidak terlepas dari peran penggunaan palet warna Anda, pastikan Anda memilih palet warna yang tepat untuk mendeskripsikan setiap ruangnya!

Konfigurasi Konsep Open Space

Konsep Open Space

Konsep Open Space

Pada dasarnya, Anda tidak harus menggabungkan ketiga ruangan sekaligus untuk menciptakan ruang bergaya open plant. Anda perlu memerhatikan bagaimana ruangan Anda dan bagaimana cara paling tepat untuk membuatnya menjadi lebih fungsional, welcoming, dan tetap stylist. Penggabungan ruang bisa Anda coba dengan beberapa ide di bawah ini:

Open Plat dapur dan ruang makan

Penggabungan dua ruang ini bisa di katakan sebagai konsep open space yang paling sering di gunakan karena penggabungannya akan membuat Anda menjadi lebih mudah untuk membawa hidangan makan malam untuk di santap bersama dengan keluarga.

Penggabungan ini menghadirkan kesan visual yang friendly dan stylish, dengan ide ini Anda bisa memasak sambil mempertunjukkan keahlian Anda di depan keluarga.

Ruang makan dengan ruang keluarga

Ide yang satu ini menghadirkan kesan mengundang dan lebih nyaman di terapkan untuk Anda yang sering kali mendapati tamu berkunjung. Tampilan visual yang menyatukan satu set kursi ruang makan berwarna dengan satu set sofa yang nyaman akan memberi kesan nyaman dan mengundang!

Untuk mendeskripsikan satu ruang dengan ruang lain, Anda bisa memainkan warna di dalamnya dan tambah beberapa item aksen di dalamnya!

Penggabungan 3 Ruang

Penggabungan 3 ruang dalam konsep open plan lebih sering diĀ  gunakan pada rumah mewah yang memiliki area luas dan lapang. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menerapkannya pada desain bergaya minimalis dan mungil.

Penerapan konsep ini akan membuat rumah Anda terkesan lebih megah, stylist, dan mengundang. Untuk meningkatkan visualisasi dalam konsep open space 3 ruang, Anda bisa memainkan palet warna, nada aksen, dan juga beberapa tambahan aksesoris di dalam setiap ruangnya!

Kelebihan Konsep Open Space

Ide Dekorasi Konsep Open Scape 4

Ide Dekorasi Konsep Open Scape Ruang Tamu Dengan Ruang Makan

Hemat Energi

Penggunaan konsep open space memiliki tata letak ruang yang tanpa sekat satu sama lain dengan demikian Anda akan mendapatkan pencahayaan yang lebih hemat untuk menerangi setiap ruangnya! Terlebih jika Anda bisa membawa masuk lebih banyak pencahayaan alami ke dalam nya.

Penerapan pencahayaan alami bisa memberikan ruang yang serasa lebih terang, menyegarkan, dan juga hemat listrik!

Sirkulasi udara lebih lancar

Sirkulasi udara menjadi salah satu faktor yang menentukan dan sangat penting untuk mendapatkan rasa nyaman dalam mendesain ruangan. Tanpa adanya sirkulasi udara yang baik di dalam rumah, maka Anda akan mendapati hunian yang kurang nyaman, lembab, dan bahkan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Dalam konsep open space, Anda akan mendapati sirkulasi udara yang lebih baik dan membuat rumah Anda semakin nyaman untuk di huni.

Mudah dalam pembersihan

Seperti yang kita tau bahwa konsep ini tidak hadir dengan dinding-dinding dan sekat yang artinya Anda tidak akan mendapati banyak celah yang harus di bersihkan. Bahkan penggunaan konsep ini akan membuat Anda lebih cepat dalam pembersihan!

Anda cukup menggeser furnitur Anda untuk membersihkan kotoran yang ada di lantai.

Ruang yang lebih luas

Tanpa adanya dinding dan pembatas ruang, maka ruangan Anda akan terasa lebih lapang dan luas. Dengan demikian Anda akan mendapatkan lebih banyak ruang gerak dan memudahkan Anda untuk bercengkerama dengan tamu yang datang bahkan ketika Anda berada di dapur dengan bumbu-bumbu masak!

Ruang Yang Multifungsi

Konsep open space merupakan ruang multifungsi yang sangat cocok untuk mereka yang memiliki area terbatas di dalam rumahnya. Bahkan dengan menghadirkan furnitur multifungsi di dalamnya maka Anda akan benar-benar menikmati ruang yang bebas hambatan dan lebih praktis!

Kelebihan dan ide penerapan konsep open space di atas benar-benar menakjubkan bukan? Bagaimana apakah Anda tertarik untuk menerapkannya pada hunian Anda?

Tertarik dengan kerajinan tembaga? Berikut ini adalah 5 pilihan kerajinan tembaga yang cocok untuk di bawa pulang.