7 Elemen Desain Interior Wajib Anda Ketahui

Apakah Anda tau tentang 7 elemen desain interior? Taukah Anda bahwa 7 elemen dasar ini merupakan elemen-elemen yang wajib di miliki ketika mendekorasi sebuah interior rumah. Pada dasarnya, desain interior merupakan sebuah ilmu cabang dari seni rupa yang memfokuskan pada tata letak dan merencanakan sebuah desain di dalam sebuah bangunan. Desain interior ini, memiliki tujuan untuk memberikan daya tarik serta pengalaman ke pada pengguna dalam mengelola dan memberikan kesan yang menyenangkan secara estetika dan efisien.

Tidak hanya memberikan kesan menyenangkan pada hunian saja, ilmu desain interior juga di kaitkan dengan sebagai peningkat kualitas hidup dari penggunanya. Dalam mendesain interior rumah, ada 7 elemen dasar yang wajib Anda ketahui berikut ini 7 elemen dasar desain interior rumah;

7 Elemen Desain Interior Rumah Yang Wajib di Ketahuhi

Desain interior selalu hadir dengan berbagai elemen di dalamnya, termasuk dengan warna, pencahayaan, tekstur, bentuk, pola, dan juga bahan yang di gunakan untuk menghadirkan fungsi ruang dengan sebagaimana mestinya. Dalam mendesain interior Anda harus memperhatikan beberapa hal penting di dalamnya:

Elemen Ruang

Elemen Desain Interior
Elemen Desain Interior

Elemen yang pertama dan paling mendasar dalam 7 elemen desain interior adalah ruang itu sendiri. Memahami konsep dari elemen ruang merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ruangan Anda. Pada dasarnya, setiap pengguna memiliki lebih banyak peluang untuk memaksimalkan ketika dimensi ruang yang ada (panjang, tinggi, dan lebar ruangan) sesuai dengan yang di inginkan dari segi fungsionalitas dan juga desain. Ruangan itu sendiri dapat di bagi menjadi 2 kategori dasar yaitu kategori ruangan positif dan ruang negatif.

  • Ruang positif merupakan ruangan yang di isi dengan berbagia furnitur.
  • Sedangkan ruang negatif adalah ruang tidak di gunakan (kosong).

Menjaga keseimbangan antara ruang negatif dan positif ini sangat penting untuk mendapatkan kesan keseimbangan di dalamnya. Skala dan ukuran dari furnitur itu sendiri juga harus di pertimbangkan untuk membuat ruangan tidak terasa hampa atau berat sebelah.

Elemen Garis

Pada kenyataanya, garis terbagi menjadi tiga bentuk yang berbeda yaitu vertikal, horizontal, dan juga garis dinamis. Ketiga bentukan garis ini aman memberikan kesan yang berbeda satu sama lain sehingga membuat sebuah ruangan menjadi terlihat menonjol dan lebih menarik. Contoh, garis horizontal merupakan garis yang dapat memberikan kesan luas dalam sebuah ruangan.

Sedangkan vertikal akan memberikan kesan ruangan yang lebih tinggi, dan garis dinamis memberikan kesan garis yang menghadirkan energi ke dalam sebuah ruangan. Dalam mendesain interior, maka ketika garis ini memiliki peranan penting untuk menentukan furnitur, dekorasi, dan juga bentuk arsitektur di dalamnya.

Elemen Bentuk

Elemen ini memiliki kaitan erat dengan bentuk fisik dari berbagai objek yang ada di dalam ruangan Anda. Pada dasarnya, elemen ini memiliki peran untuk pembentukan sesuatu di dalam ruangan. Elemen ini terdiri dari bentuk natural dan juga geometris.

Untuk bentuk geometris dapat di temukan pada garis yang lebih menonjol dan sudut-sudut yang tampak seperti buatan tangan manusia. Sementara, bentuk natural mengacu pada bentukan organik yang tercipta secara alami oleh alam dengan bentukan yang asimetris.

Elemen Pencahayaan

Elemen Desain Interior Wajib Anda Ketahui
Elemen Desain Interior Wajib Anda Ketahui

Ini adalah sebuah elemen yang memiliki peran penting pada ruangan, baik itu pencahayaan buatan ataupun pencahayaan alami. Selain memiliki fungsi untuk menerangi sebuah ruangan, elemen pencahayaan juga memiliki fungsi sebagai pendefinisi dan menyoroti sebuah objek tertentu di dalam ruangan. Pencahayaan juga memiliki berbagai karakter dan memicu sebuah suasana tertentu, seperti memberikan kesan hangat, menenangkan, dan terasa lebih hidup.

Elemen pencahayaan itu sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu:

  • Pencahayaan Fungsi
  • Pencahayaan Aksen
  • Dan Pencahayaan utama (pencipta suasana di dalam ruangan).

Untuk menghadirkan kesan maksimal di dalam sebuah ruangan, maka akan lebih baik jika Anda menghadirkan ketiga jenis pencahayaan ini secara bersama-sama.

Elemen Warna

Elemen warna juga menduduki posisi yang penting ketika kita membicarakan 7 elemen desain interior. Elemen ini bisa di katakan serupa dengan elemen pencahayaan, elemen warna bisa menjadi sebuah cara untuk mengatur atau membangun suasana di dalam sebuah ruangan. Warna bisa memberikan memori serta memainkan suasana hati dari pengguna ruangnya.

Contoh, warna natural merupakan warna yang memberikan kesan tenang, alami, dan terasa luas. Dalam mendekorasi ruangan menggunakan warna, Anda perlu memperhatikan bagaimana ruangan Anda di gunakan.

Tekstur

7 Elemen Desain Interior
7 Elemen Desain Interior

Selanjutnya adalah elemen tekstur, yaitu sebuah elemen yang memainkan ilusi di dalam ruangan. Elemen ini memiliki fungsi sebagai penambah detail dan memberi fokus terhadap berbagai item yang ada di dalam sebuah ruangan. Elemen ini hadir dengan 2 kategori yaitu, tekstur visual dan tekstur aktual.

  • Tekstur visual merupakan segala tekstur yang dapat di lihat oleh mata (yang hanya bisa dilihat secara langsung).
  • Sedangkan tekstur aktual merupakan segala sesuatu yang dapat di lihat, di rabat, dan memiliki karakteristik tiga dimensi.

Tips Dekorasi Ruang Keluarga Minimalis Modern Di Sini!

Elemen Pola

Pada 7 elemen desain interior, elemen terakhir adalah elemen Pola. Elemen ini memiliki fungsi untuk memberikan tambahan daya tarik dari sebuah ruangan. Elemen ini hadir dalam sebuah hiasan dinding, wallpaper, furnitur, dan juga karpet. Tidak hanya meningkatkan karakter pada sebuah ruangan, pemilihan elemen pola juga berfungsi untuk memberikan kesan kosong di dalam ruangan menjadi lebih hidup dan dinamis.

Dalam mendesain interior, Anda akan berhadapan dengan berbagai elemen dasar yang akan membuat ruangan semakin menawan dan nyaman. Elemen-elemen tersebut antara lain tata letak, pewarnaan, pencahayaan, pola, bahan, bentuk, dan juga tekstur.

Dengan mempertimbangkan dan menggabungkan elemen-elemen dasar yang ada, maka Anda akan bisa mendapatkan kesan ruangan yang sepenuhnya nyaman, menawan, dan menenangkan untuk di gunakan setiap harinya. Dengan memahami ke 7 elemen desain interior ini, maka Anda akan lebih mudah untuk membuat ruangan semakin menawan dan menenangkan tanpa harus menggunakan jasa profesional.

Scroll to Top