8 Tanaman Penyerap Debu Terbaik Dengan Perawatan Mudah!

Apa Anda sudah memiliki tanaman penyerap debu untuk ruangan-ruangan Anda? Apakah Anda sudah meminimalisir penyebaran polusi udara yang ada di dalam rumah? Banyak orang berpendapat bahwa udara di dalam ruangan jauh lebih bersih di bandingkan dengan udara di luar ruangan?

Polusi udara dari knalpot hingga debu memang menjadi contoh nyata sebagai polusi udara, namun bukan berarti area dalam ruangan terbebas dari berbagai racun dan polusi udara! Bahkan, kenyataannya area dalam ruangan jauh lebih kotor dari yang pernah kita bayangkan!

Studi yang telah di lakukan NASA menyatakan bahwa udara di dalam ruangan memiliki tingkat polutan yang lebih buruk di bandingkan dengan area luar ruangan. Beberapa polusi seperti debu serta udara beracun bisa di hasilkan dari berbagai perabot rumah tangga seperti lem, plastik, karet, hingga bahan pembersih.

Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya Anda mempertimbangkan tanaman-tanaman penyerap debu. Tidak hanya menyegarkan udara di dalam ruangan saja, namun penggunaan tanaman di dalam ruang juga akan menambah semburat warna di dalamnya! Berikut ini pilihan tanaman penyerap debu yang cocok untuk di pertimbangkan:

Pilihan Tanaman Penyerap Debu Untuk Dalam Ruangan

Spider Plants Sebagai Tanaman Penyerap Debu

Tanaman ini merupakan salah satu pilihan tanaman yang akan memurnikan udara di dalam ruangan Anda, selain menjadi tanaman hias yang populer tanaman ini juga memiliki kemudahan dalam perawatan. Di namai sebagai tanaman laba-laba di karena kan memiliki tampilan daun yang memanjang dan melengkung yang menyerupai laba-laba kecil.

Spider Plants
Spider Plants

Karakter Spider Plants

Tampilan: Daun panjang, sempit, melengkung dengan warna hijau dengan garis-garis putih atau putih krem ​​di sepanjang tepinya. Tumbuh pada batang yang panjang dan kurus tampak seperti laba-laba yang menggantung dari tanaman induk.

Kualitas pemurnian udara: Tanaman laba-laba dikenal karena kemampuannya memurnikan udara. Mereka dapat membantu menghilangkan polutan udara dalam ruangan tertentu seperti formaldehyde dan xylene, menjadikannya ide yang baik untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Perawatan rendah: Tanaman laba-laba memiliki perawatan yang relatif rendah dan dapat tumbuh subur dalam berbagai kondisi. Mereka dapat beradaptasi dengan tingkat cahaya yang berbeda, meskipun mereka lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung.

Toksisitas: Tanaman laba-laba tidak beracun bagi kucing, anjing, dan manusia, menjadikannya pilihan yang aman untuk rumah tangga dengan hewan peliharaan dan anak kecil.

Perawatan

Untuk mendapatkan tanaman yang senantiasa bersih dan terjaga ada beberapa tips perawatan spider plant:

Cahaya: Tempatkan tanaman laba-laba Anda dalam cahaya terang dan tidak langsung. Menghindarkan dari sinar matahari secara langsung adalah pilihan bijak untuk membuat daun tetap sehat dan tidak hangus!

Penyiraman: Biarkan satu atau dua inci bagian atas tanah mengering di antara penyiraman. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan busuk akar, jadi penting untuk tidak membiarkan tanaman duduk di tanah yang basah.

Kelembaban: Tanaman laba-laba dapat mentolerir tingkat kelembaban rata-rata dalam ruangan, tetapi mereka mungkin menyukai gerimis sesekali selama kondisi kering.

Suhu: Tanaman laba-laba lebih menyukai suhu antara 60°F hingga 75°F (15°C hingga 24°C). Hindari memaparkan mereka ke suhu dingin atau panas yang ekstrem.

Pot: Gunakan tanah dengan drainase yang baik dan pot dengan lubang drainase untuk mencegah akar tergenang air.

Pupuk: Selama musim tanam (musim semi dan musim panas), Anda dapat menyuburkan tanaman laba-laba dengan pupuk kandang yang seimbang sebulan sekali. Hindari pemupukan yang berlebihan, karena dapat menyebabkan penumpukan garam di tanah.

Dracaena

Menjadi Tanaman Penyerap Debu populer yang di kenal sebagai pemurni polutan udara yang sangat baik, tanaman ini berasal dari Amerika tengah, Asia, dan juga Afrika. Tidak hanya ditanam untuk area indoor saja, namun Dracaena juga sangat cocok untuk penempatan luar ruangan. Spesies Dracaena yang sering di gunakan untuk pemurni ruangan antara lain seperti, Dracaena Marginata, Dracaena Fragrans, Dracaena Reflexa dan lain sebagainya.

Dracaena
Dracaena

Karakteristik Dracaena

Daun: Tanaman Dracaena memiliki daun panjang seperti tali yang bervariasi dalam warna dan pola, tergantung pada spesies dan kultivar. Beberapa memiliki daun hijau pekat, sementara yang lain menampilkan garis-garis, bintik-bintik, atau tepian dalam nuansa hijau, kuning, krem, atau merah yang berbeda.

Pemurnian udara: Seperti tanaman laba-laba, spesies Dracaena dikenal karena kemampuannya memurnikan udara. Mereka dapat membantu menghilangkan polutan udara dalam ruangan yang berbahaya, seperti formaldehyde, benzene, dan trichloroethylene, menyediakan udara yang lebih bersih dan sehat di ruang tertutup.

Perawatan: Tanaman Dracaena umumnya mudah dirawat, membuatnya cocok untuk pemula atau individu yang sibuk. Mereka dapat mentolerir berbagai kondisi cahaya dan relatif memaafkan jika Anda terkadang lupa menyiraminya.

Ukuran: Tanaman Dracaena dapat bervariasi dalam ukuran dan kebiasaan tumbuh. Beberapa spesies kompak dan cocok untuk permukaan meja, sementara yang lain dapat tumbuh menjadi tanaman tinggi seperti pohon hingga setinggi beberapa kaki.

Toksisitas: Sementara Dracaena umumnya dianggap tidak beracun bagi manusia, itu bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan jika tertelan. Sangat penting untuk menjauhkan tanaman ini dari jangkauan kucing dan anjing untuk mencegah konsumsi yang tidak disengaja.

Perawatan

Tanaman Dracaena menyukai cahaya terang dan tidak langsung, tetapi mereka juga dapat beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah. Biarkan tanah sedikit mengering di antara penyiraman dan hindari penyiraman berlebihan, karena dapat menyebabkan busuk akar. Membersihkan atau menyeka daun secara teratur dapat membantu menjaganya tetap bersih dan bebas dari debu, yang dapat mengganggu fotosintesisnya.

Dengan perawatan dan perhatian yang tepat untuk kebutuhan khusus mereka, tanaman Dracaena dapat tumbuh subur dan menambahkan sentuhan keindahan alam ke ruang dalam atau luar ruangan Anda.

Inspirasi Pot Hias Kuningan Untuk Membuat Tanaman Anda Semakin Menarik!

Rubber Plants (Tanaman Karet)

Tanaman Penyerap Debu yang satu ini menjadi sangat populer karena memiliki tampilan daun yang mengkilap, lebih lebar, dan menarik perhatian. Anda bisa melihatnya lebih besar dari biasa ketika memberinya perawatan yang tepat!

Rubber Plants
Rubber Plants

Karakteristik

Dedaunan: Daun tanaman karet besar, tebal, dan mengkilap, dengan warna hijau tua. Beberapa varietas mungkin memiliki daun beraneka ragam dengan pola putih, krem, atau kuning.

Pemurnian udara: Seperti spesies Ficus lainnya, tanaman karet dikenal karena kemampuannya membantu memurnikan udara dalam ruangan dengan membuang racun dan polutan tertentu.

Ukuran: Di lingkungan asalnya, tanaman karet dapat tumbuh menjadi pohon besar, tetapi bila disimpan sebagai tanaman hias, mereka masih dapat tumbuh cukup tinggi dan besar. Pemangkasan atau pelatihan rutin dapat membantu mengontrol pertumbuhan dan bentuknya.

Perawatan: Tanaman karet relatif mudah dirawat, tetapi membutuhkan perhatian untuk tumbuh subur. Mereka lebih menyukai kondisi yang stabil dan konsisten, jadi hindari perubahan mendadak dalam cahaya, suhu, atau penyiraman.

Toksisitas: Tanaman karet mengandung getah putih seperti susu yang dapat mengiritasi kulit dan beracun jika tertelan. Sangat penting untuk menanganinya dengan hati-hati dan jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan dan anak kecil.

Tips Perawatan Tanaman Karet

Cahaya: Pencahayaan terang secara tidak langsung adalah area favorit dari tanaman ini. Mereka dapat mentolerir sedikit naungan tetapi menghindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung, karena dapat menghanguskan daunnya.

Penyiraman: Biarkan satu atau dua inci bagian atas tanah mengering sebelum disiram lagi. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan busuk akar, jadi penting untuk mempertahankan jadwal penyiraman yang konsisten dan menghindari tanah yang tergenang air.

Kelembaban: Tanaman karet menghargai tingkat kelembapan yang lebih tinggi, tetapi dapat beradaptasi dengan kelembapan rata-rata dalam ruangan. Gerimis biasa atau menempatkan pelembab udara di dekat Anda dapat bermanfaat, terutama di lingkungan dalam ruangan yang kering.

Suhu: Tanaman karet lebih menyukai suhu antara 60°F hingga 75°F (15°C hingga 24°C). Hindari memaparkannya pada angin dingin atau fluktuasi suhu yang tiba-tiba.

Tanah: Gunakan tanah dengan drainase yang baik, seperti campuran tanah pot, lumut gambut, dan perlit atau pasir.

Pemangkasan: Pangkas tanaman karet Anda untuk mengontrol ukuran dan bentuknya. Anda dapat memangkas pertumbuhan berkaki panjang dan membuang daun yang rusak atau menguning.

Sri Rejeki

Atau yang lebih akrab dengan panggilan Pohon Cemara China, merupakan salah satu tanaman hias penghilang polutan dengan kemudahan perawatan serta memiliki tampilan yang memikat.

Sri Rejeki
Sri Rejeki

Karakteristik Sri Rejeki

Dedaunan: Tanaman sri Rejeki terkenal dengan daunnya yang cerah dan beraneka ragam. Daunnya bisa memiliki berbagai corak hijau, sering kali dihiasi dengan pola perak, putih, krem, atau merah muda. Bentuk daun dapat bervariasi tergantung pada varietas tertentu.

Pemurnian udara: Seperti banyak tanaman dalam ruangan lainnya, pepohonan Cina memiliki kualitas pemurni udara dan dapat membantu menyaring racun dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Perawatan: Pepohonan Cina relatif mudah dirawat, menjadikannya ideal untuk pemula dan penggemar tanaman berpengalaman.

Ukuran: Tanaman aglaonema biasanya memiliki kebiasaan tumbuh tegak dan dapat mencapai ukuran sedang, sehingga cocok untuk berbagai ruangan di rumah atau kantor.

Toksisitas: Sementara tanaman hijau Cina umumnya dianggap sebagai tanaman dengan toksisitas rendah, mereka mengandung senyawa yang bisa sedikit beracun jika tertelan. Sebaiknya jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan dan anak kecil.

Tips Perawatan

Cahaya: Cahaya terang yang tidak langsung adalah area yang sangat di sukai dari tanaman ini. Mereka dapat mentolerir kondisi cahaya yang lebih rendah, tetapi terlalu banyak sinar matahari langsung dapat menyebabkan hangusnya daun. Hindari menempatkan mereka di bawah sinar matahari penuh.

Penyiraman: Sebelum melakukan penyiraman, biarkan tanaman ini sedikit kering (kurang lebih sekitar satu inci dari permukaan).

Kelembaban: Pohon cemara Cina dapat beradaptasi dengan tingkat kelembapan rata-rata dalam ruangan, tetapi lebih menyukai kelembapan yang sedikit lebih tinggi. Gerimis biasa atau menempatkan pelembab udara di dekat Anda dapat bermanfaat, terutama di lingkungan dalam ruangan yang kering.

Suhu: Tanaman aglaonema lebih menyukai suhu antara 65°F hingga 80°F (18°C hingga 27°C) dan peka terhadap angin dingin dan fluktuasi suhu.

Tanah: Gunakan campuran pot berkualitas tinggi yang mengalirkan air dengan baik untuk memastikan akar tanaman tidak terendam air.

Pemupukan: Anda dapat menyuburkan pohon cemara Cina Anda selama musim tanam (musim semi dan musim panas) dengan pupuk tanaman hias yang seimbang. Ikuti instruksi paket untuk tarif aplikasi.

Pemangkasan: Buang daun yang kuning atau rusak seperlunya untuk menjaga penampilan dan kesehatan tanaman.

Dengan perawatan yang tepat, tanaman cemara Cina dapat tumbuh subur dan memberikan keindahan yang tahan lama pada ruang dalam ruangan Anda. Perawatannya relatif rendah dan dapat menjadi tambahan yang bagus untuk lingkungan rumah atau kantor mana pun.

English Ivy

Tanaman penyerap debu selanjutnya adalah English Ivy atau di kenal sebagai tanaman rambat hijau yang serba guna dan sangat populer karena daya tariknya yang bisa merambat dan menutupi dinding, pagar, dan bangunan lain.

English Ivy
English Ivy

Karakteristik utama English Ivy

Dedaunan: Daun Ivy Inggris biasanya berwarna hijau tua dan memiliki bentuk louts yang khas dengan tiga hingga lima louts runcing. Anda mungkin akan menemukan beberapa English Ivy dengan daun berwarna kuningan atau putih sebagai corak pada daunnya.

Kebiasaan memanjat: English Ivy adalah pemanjat yang kuat dan dapat dengan mudah menempel dan menutupi permukaan vertikal, menjadikannya pilihan populer untuk menambahkan tanaman hijau ke dinding, teralis, dan pagar.

Pemeliharaan: English Ivy dianggap sebagai tanaman dengan pemeliharaan yang relatif rendah, dan setelah didirikan, tanaman ini dapat mentolerir berbagai kondisi.

Pemurnian udara: Seperti beberapa tanaman dalam ruangan lainnya, English Ivy dikenal karena kemampuannya membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menyaring polutan udara tertentu.

Toksisitas: English Ivy agak beracun jika tertelan dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Sangat penting untuk menjauhkannya dari jangkauan hewan peliharaan dan anak kecil.

Tips Perawatan English Ivy

Cahaya: English Ivy lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung saat tumbuh di dalam ruangan. Itu juga dapat mentolerir naungan parsial tetapi mungkin tidak berkembang dalam kondisi cahaya redup.

Penyiraman: Menjaga tanah senantiasa lembab namun tidak tergenang air merupakan pilihan bijak yang harus Anda lakukan. Dalam cuaca panas atau lingkungan dalam ruangan yang kering, Anda mungkin perlu menyiram lebih sering.

Kelembaban: English Ivy menghargai tingkat kelembapan yang lebih tinggi tetapi dapat beradaptasi dengan kelembapan dalam ruangan rata-rata.

Suhu: Lebih menyukai suhu dingin hingga sedang mulai dari 50°F hingga 70°F (10°C hingga 21°C). Jangan menempatkannya pada area panas atau dinding ekstrem!

Tanah: Gunakan tanah yang subur dan subur dengan pH sedikit asam hingga netral.

Pemupukan: Beri makan tanaman dengan pupuk seimbang yang larut dalam air selama musim tanam (musim semi dan musim panas) sesuai dengan instruksi paket.

Pemangkasan: Pangkas atau jepit batang secara teratur untuk mendorong pertumbuhan yang lebih lebat dan mengontrol ukuran dan bentuknya.

Peace Lily

Tanaman ini menjadi ide penghias indoor karena tampilan daunnya yang mengkilap dengan nada hijau tua dan putih yang mencolok.

Peace Lily
Peace Lily

Karakteristik Peace Lily

Dedaunan: Daun lily yang damai mengkilap, berbentuk tombak, dan hijau kaya. Mereka muncul dari batang tengah dan menciptakan penampilan yang menarik dan lebat.

Bunga: Bunga lili perdamaian menghasilkan bunga putih yang indah yang terdiri dari satu spathe putih besar yang mengelilingi spadix seperti jari. Bunganya bisa mekar sepanjang tahun, menambah keanggunan dan keindahan ruang dalam ruangan.

Perawatan: Bunga lili perdamaian dikenal karena perawatannya yang mudah, menjadikannya pilihan populer baik bagi pemula maupun penggemar tanaman berpengalaman.

Pemurnian udara: Mirip dengan tanaman dalam ruangan lainnya, bunga lili perdamaian memiliki kualitas pemurnian udara dan dapat membantu menghilangkan racun tertentu dari udara, membuat lingkungan dalam ruangan lebih sehat.

Toksisitas: Sementara bunga lili perdamaian memiliki toksisitas yang relatif rendah dibandingkan dengan beberapa tanaman hias lainnya, mereka mengandung senyawa yang dapat berbahaya jika tertelan. Ada baiknya Anda menghindarkannya dari jangkauan anak-anak dan juga hewan peliharaan.

Tips Perawatan Peace Lily

Cahaya: Bunga lili perdamaian lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung. Mereka dapat mentolerir kondisi cahaya yang lebih rendah, tetapi terlalu banyak sinar matahari langsung dapat menghanguskan daunnya. Mereka tumbuh subur di area dengan cahaya tersaring atau teduh parsial.

Penyiraman: Jaga agar tanah selalu lembab, tetapi hindari penyiraman yang berlebihan, karena bunga lili perdamaian sensitif terhadap kondisi genangan air. Sirami tanaman saat bagian atas tanah terasa kering saat disentuh.

Kelembaban: Bunga lili perdamaian menghargai tingkat kelembapan yang lebih tinggi, tetapi mereka dapat beradaptasi dengan kelembapan rata-rata dalam ruangan. Gerimis biasa atau menempatkan pelembab udara di dekat Anda dapat bermanfaat, terutama di lingkungan dalam ruangan yang kering.

Suhu: Bunga lili perdamaian lebih menyukai suhu antara 65 ° F hingga 80 ° F (18 ° C hingga 27 ° C) dan dapat menderita dalam kondisi dingin atau panas yang ekstrem.

Tanah: Gunakan campuran pot berkualitas tinggi yang memiliki drainase baik yang mempertahankan kelembapan tetapi tidak menjadi lembek.

Pemupukan: Beri makan lily perdamaian dengan pupuk cair seimbang selama musim tanam (musim semi dan musim panas) sesuai dengan instruksi paket. Hindari pemupukan yang berlebihan, karena dapat menyebabkan daun terbakar.

Pemangkasan: Buang daun kuning atau mati dan bunga bekas untuk menjaga penampilan dan kesehatan tanaman.

Dengan perawatan yang tepat, bunga lili perdamaian dapat menghasilkan bunga yang indah dan dedaunan yang rimbun, meningkatkan estetika rumah atau kantor Anda.

Lidah Mertua

Lidah mertua juga di kenal sebagai tanaman ular, tanaman penyerap debu yang terkenal kuat dan memiliki tampilan mewah. Yang membuatnya istimewa adalah kemudahan budidaya serta pemeliharaan yang sangat mudah!

Tanaman Lidah Mertua
Tanaman Lidah Mertua

Karakteristik Lidah Mertua

Dedaunan: Tanaman Ular memiliki daun panjang berbentuk pedang yang biasanya berwarna hijau tua dan bergaris hijau muda atau kuning. Beberapa varietas mungkin memiliki daun hijau pekat atau bahkan pola beraneka ragam.

Pemeliharaan: Tanaman Ular dikenal karena kemampuannya yang luar biasa untuk mentolerir pengabaian dan bertahan dalam kondisi yang menantang. Mereka dianggap sebagai salah satu tanaman hias dengan perawatan paling rendah, menjadikannya ideal untuk pemula atau mereka yang memiliki jadwal sibuk.

Pemurnian udara: Seperti banyak tanaman dalam ruangan lainnya, Tanaman Ular dikenal karena kualitas pemurni udaranya. Mereka dapat membantu menyaring racun dan polutan tertentu, meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Toksisitas: Tanaman Ular agak beracun jika tertelan. Sangat penting untuk menjauhkan mereka dari jangkauan hewan peliharaan dan anak kecil.

Perawatan Lidah Mertua

Cahaya: Tanaman Ular dapat mentolerir berbagai kondisi cahaya. Mereka dapat beradaptasi dengan cahaya redup tetapi lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung. Hindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung, karena dapat menyebabkan daun terbakar.

Penyiraman: Tanaman Ular toleran terhadap kekeringan dan dapat menahan periode pengabaian. Biarkan tanah mengering sepenuhnya di antara penyiraman. Overwatering adalah penyebab paling umum dari masalah dengan Snake Plant, karena mereka rentan terhadap busuk akar di tanah yang basah.

Kelembaban: Tanaman Ular dapat beradaptasi dengan berbagai tingkat kelembapan dan dapat tumbuh subur dalam kondisi dalam ruangan rata-rata.

Suhu: Mereka lebih menyukai suhu antara 60°F hingga 85°F (15°C hingga 29°C). Mereka dapat mentolerir beberapa fluktuasi suhu tetapi harus dilindungi dari dingin yang ekstrem.

Tanah: Gunakan tanah dengan drainase yang baik, dan hindari campuran yang berat dan padat yang dapat mempertahankan terlalu banyak kelembapan.

Pemupukan: Tanaman Ular bukan pengumpan berat. Anda dapat memupuknya dengan hemat dengan pupuk kandang yang seimbang selama musim tanam (musim semi dan musim panas).

Pemangkasan: Pangkas daun yang kuning atau rusak seperlunya untuk menjaga penampilan dan kesehatan tanaman.

Tanaman Ular adalah tanaman dalam ruangan yang sangat baik, dan penampilannya yang mencolok menjadikannya tambahan yang menarik untuk pengaturan rumah atau kantor mana pun. Karena kualitas pemurni udara dan kemampuannya untuk berkembang dalam berbagai kondisi, mereka sangat dihargai oleh penggemar tanaman dan dekorator interior.

Krisan

Tanaman penyerap debu yang selanjutnya adalah Krisan, atau tanaman berbunga yang memiliki tampilan berwarna-warni dan sering kali di budidayakan karena dapat mekar dengan indah sehingga sangat cocok untuk di gunakan sebagai pemanis di dalam ruangan.

Kirsan Putih
Kirsan Putih

Karakteristik bunga krisan

Bunga: Krisan dikenal karena bunganya yang khas dan semarak. Mekar datang dalam berbagai bentuk, antara lain seperti bunga aster, pom-pom, bantal, dan laba-laba. Mereka tersedia dalam berbagai warna, seperti putih, kuning, oranye, merah muda, merah, ungu, dan perunggu.

Simbolisme: Dalam banyak budaya, bunga krisan memiliki makna simbolis yang signifikan. Misalnya, di beberapa negara seperti Jepang dan Cina, mereka melambangkan umur panjang, kebahagiaan, dan kesempurnaan. Dalam budaya lain, mereka diasosiasikan dengan berkabung dan sering digunakan dalam pengaturan pemakaman.

Musiman: Krisan biasanya dianggap sebagai tanaman berbunga musim gugur, dan sering dikaitkan dengan musim gugur. Namun, tergantung pada varietas dan lokasinya, mereka juga dapat mekar di akhir musim panas dan awal musim dingin.

Tanaman luar ruangan dan dalam ruangan: Krisan dapat ditanam baik sebagai tanaman taman luar ruangan maupun sebagai tanaman dalam ruangan pot. Di iklim yang lebih dingin, mereka sering diperlakukan sebagai tanaman semusim, sedangkan di daerah yang lebih sejuk, mereka mungkin tanaman keras.

Penanaman: Krisan membutuhkan tanah dengan drainase yang baik dan lebih memilih lokasi yang cerah dengan setidaknya enam jam sinar matahari langsung setiap hari. Mereka membutuhkan penyiraman secara teratur tetapi tidak boleh disiram berlebihan, karena rentan terhadap busuk akar.

Pemangkasan: Untuk mendorong pertumbuhan yang lebih lebat dan mekar yang lebih banyak, disarankan untuk mencubit batang dan membuang bunga yang dihabiskan.

Varietas: Ada banyak varietas krisan yang tersedia, masing-masing dengan karakteristiknya yang unik. Beberapa jenis umum termasuk ibu taman, ibu penjual bunga, dan ibu yang tidak bertunas.

Manfaat Memiliki Tanaman Indoor

Tanaman indoor, atau tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan, memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, lingkungan, dan kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat utamanya adalah:

Meningkatkan kualitas udara: Tanaman indoor membantu membersihkan udara dari polusi dan racun yang ada di dalam ruangan. Mereka dapat menyerap senyawa kimia berbahaya seperti formaldehida, benzene, dan trichloroethylene yang biasanya ditemukan dalam bahan bangunan dan produk pembersih.

Mengurangi stres: Interaksi dengan tanaman diketahui dapat meredakan stres dan meningkatkan mood. Tanaman indoor memberikan efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi tekanan dan kecemasan.

Meningkatkan produktivitas: Menempatkan tanaman indoor di area kerja atau belajar dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan produktivitas. Tanaman ini menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan membantu mengurangi kebosanan.

Meningkatkan kualitas tidur: Beberapa tanaman indoor mengeluarkan oksigen pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Selain itu, beberapa tanaman juga dapat menghilangkan beberapa zat berbahaya yang dapat mengganggu tidur.

Meningkatkan kelembaban udara: Tanaman indoor dapat meningkatkan kelembaban udara di sekitarnya melalui proses transpirasi. Ini dapat membantu mencegah kulit kering dan iritasi tenggorokan serta memperbaiki kualitas udara di lingkungan yang kering.

Menambah estetika ruangan: Tanaman indoor memberikan sentuhan alami dan estetika pada interior ruangan. Mereka dapat menambahkan warna, tekstur, dan keindahan alam ke dalam rumah atau kantor Anda.

Semua manfaat ini menjadikan tanaman indoor sebagai pilihan populer untuk menyegarkan ruangan dan meningkatkan kualitas hidup dalam lingkungan yang bersistem tertutup seperti apartemen atau ruangan kantor yang kurang memiliki akses ke alam terbuka.

Pilihan Tanaman penyerap debu di atas merupakan kumpulan tanaman penghias terbaik dan memiliki kemudahan perawatan, jadi untuk mereka yang tidak berpengalaman untuk merawat tanaman tidak perlu khawatir!

Scroll to Top