Cara Membersihkan Kuningan Dengan Bahan Rumahan

Mengetahui cara membersihkan kuningan merupakan salah satu keharusan untuk mereka yang memiliki produk kerajinan tembaga atau kuningan di rumahnya! Produk kerajinan kuningan tembaga yang sedang trend di kalangan masyarakat ini hadir dengan tampilan yang mewah dan memikat.

Namun terlepas dari tampilan yang ada, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membuat tampilan logam kuningan atau tembaga tetap awet dan menawan. Logam kuningan atau tembaga terkenal dengan daya tahan dan desainnya yang unik! Bahan ini sering kali di jadikan sebagai aksesoris rumah seperti hiasan dinding, bingkai cermin, lampu, dan lain sebagainya. Agar item yang ada tetap terlihat mewah, ada baiknya Anda melakukan perawatan padanya! Berikut ini cara membersihkan kuningan yang efektif.

Cara membersihkan kuningan

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya produk kerajinan tembaga kuningan dari Bleecopper di kerjakan oleh para ahli dan melalui proses finishing yang membuat produk ini memiliki tampilan yang awet dan tahan lama. Namun, ada kalanya Anda melakukan pembersihan dalam beberapa tahun sekali agar produk yang ada tetap terlihat mewah! Berikut ini tips membersihkan produk kerajinan kuningan yang bisa Anda coba.

Potongan Lemon

Membersihkan Kuningan Yang Kotor
Membersihkan Kuningan Yang Kotor

Cara membersihkan kuningan yang pertama adalah degan menggunakan potongan lemon segar kemudian beri sedikit garam pada lemon dan mulai gosokan pada area kuningan yang ingin di bersihkan. Gunakan lemon sebanyak yang Anda butuh kan, ketika sudah merata seka dengan kain lembut!

Pada dasarnya, penggunaan lemon dan garam bisa membantu untuk membersihkan kuningan yang kotor! Namun, tidak dengan penumpukan kotoran yang ada pada celah-celahnya!

Brasso

Mengaplikasikan brasso pada kain lembut dan menyekanya pada permukaan logam kuningan bisa menjadi cara pembersihan yang cukup efektif! Anda cukup mengaplikasikan kain dengan brasso pada area yang ingin di bersihkan, dan setelah merata Anda bisa menggunakan kain bersih lainnya untuk menghilangkan sisa pembersih yang digunakan sebelumnya.

Penggunaan brasso akan membuat logam kuningan kembali bersinar dan membuat area terkotor kembali bersih!

Kecap

Bahan yang sangat mudah di dapat ini ternyata bisa membantu Anda untuk membersihkan kuningan! Caranya adalah dengan mengoleskan tipis ke area yang ingin di bersihkan dan diamkan kurang lebih selama satu-satu jam setengah. Setelah itu bila dengan air sabun hangat dan keringkan.

Pengaplikasian kecap pada kuningan akan membantu Anda untuk membersihkan area celah yang kotor tanpa harus mengeluarkan banyak Anggaran!

Cuka Putih Dan Garam

Kedua bahan dapur ini akan membuat produk kuningan Anda tetap berkilau dan menawan. Caranya adalah dengan menuangkan cuka putih pada kuningan dan sedikit taburan garam kemudian seka dengan kain lembut untuk membersihkannya.

Ammonia

Membersihkan Logam Kuningan Yang Efektif
Membersihkan Logam Kuningan Yang Efektif

Untuk Anda yang memiliki produk kuningan dengan noda berat, maka Anda bisa meringankan noda yang ada dengan menggunakan amonia!

Penggunaan amonia merupakan cara membersihkan kuningan pada ruang yang memiliki sistem ventilasi yang baik. Anda bisa merendam bagian bernoda pada larutan dan biarkan beberapa saat. Ini akan bekerja dengan efektif untuk produk kerajinan kuningan asli!

Sabun Atau Detergen

Untuk produk kerajinan yang berdebu (bukan noda menempel), maka Anda bisa membersihkannya menggunakan air sabun hangat dan kain lembut! Seka dengan baik dan keringkan, sangat mudah bukan?

Campuran Air, Garam, Dan Cuka Putih

Trik membersihkan kuningan yang paling mudah adalah dengan membuat larutan garam dan cuka putih! Caranya adalah dengan menggunakan 2 sendok makan gula dan menambahkan cuka putih pada air hangat. Anda cukup memoles area yang bernoda dengan resep ini kemudian gosok perlahan dan lap hingga bersih!

Membuat Produk Kuningan Tetap Berkilau

Membuat Kuningan Tetap Mengkilap
Membuat Kuningan Tetap Mengkilap

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan minyak mineral akan memberi kilau pada produk kerajinan kuningan Anda. Selain membuat produk kerajinan berkilau, penggunaan minyak mineral juga akan mencegah hadirnya noda! Caranya adalah dengan mengoleskan minyak pada kain lembut dan gosok perlahan.

Minyak mineral merupakan bahan alami yang akan menghambat proses oksidasi pada kerajinan logam dan menciptakan tampilan berkilau pada kerajinan kuningan Anda.

Yang perlu di perhatikan adalah jangan melapisi produk kerajinan secara berlebihan! Mengoleskan minyak secara berlebihan bisa menarik lebih banyak noda dan hanya membuat produk kerajinan yang ada semakin kotor.

Ingin Pencahayaan Ruang Tamu Lebih Menawan? Berikut Rekomendasi Lampu Ruang Tamu Berbahan Kuningan!

Tips Menjaga Produk Kerajinan Tetap Berkilau

Menjaga Daya Tahan Logam Kuningan
Menjaga Daya Tahan Logam Kuningan

Proses pembersihan produk kerajinan kuningan tembaga memang membutuhkan cukup banyak waktu, namun selain membersihkan ada baiknya Anda juga melakukan langkah-langkah pencegahan agar produk yang ada tetap terlihat mewah!

Agar produk kerajinan terhalang dari debu dan kotoran, Anda bisa membuat lapisan yang meminimalisir debu menempel! Carannya adalah dengan memberi lapisan minyak zaitun pada produk yang ada. Caranya adalah dengan membasahi kain kaut dengan minyak zaitun dan sikat produk secara perlahan. Pastikan Anda menggunakan minyak seminimal mungkin! Minyak yang berlebihan akan membuat tampilan produk terlihat terlalu berkilau dan tidak sedap di pandang!

Cara membersihkan kuningan di atas adalah beberapa tips rekomendasi yang bisa di lakukan agar produk kuningan yang Anda miliki tetap dalam tampilan mewahnya. Namun, pada dasarnya produk kerajinan tembaga kuningan yang di hasilkan dari Bleecopper melewati proses finishing yang maksimal dan membuat produk kami dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Jadi, jangan khawatir untuk tampilan dan daya tahan dari produk-produk yang kami hasilkan.

Scroll to Top