9 Ide Dekorasi Ruang Makan Sempit Tanpa Menguras Anggaran 1

9 Ide Dekorasi Ruang Makan Sempit Tanpa Menguras Anggaran!

Ruang makan merupakan ruang yang paling sering di kunjungi dan di gunakan setiap harinya, dengan demikian mengoptimasi ruang makan menjadi salah satu kewajiban! Terlebih lagi untuk mereka yang memiliki ruang makan berukuran sempit.

Dekorasi ruang makan sempit tidak hanya sekedar memilih warna dan menentukan furnitur saja. Namun, ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika Anda mulai mendekorasi ruang makan sempit agar tampil lebih optimal.

Berikut ini trik sederhana untuk mendekorasi ruang makan berukuran sempit!

Manfaatkan Area Vertikal

Mengingat ukuran yang ada, untuk menciptakan tampilan lebih menawan dan optimal. Cara ampuh yang harus Anda lakukan adalah dengan memaksimalkan area vertikal di dalam ruang makan sempit. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengoptimalkan area vertikal Anda! Ketika Anda terlalu berlebihan dalam mendekorasi area vertikal, Anda hanya akan mendapati kesan ruang yang semakin berantakan dan sempit.

Selain menambahkan rak untuk meningkatkan desain di ruang makan, Anda juga bisa memaksimalkan daya tariknya dengan menggunakan hiasan dinding, lukisan, atau sepasang lampu dinding dengan pancaran cahaya yang hangat.

Meja Bundar Lebih Baik

Dekorasi Ruang Makan Sempit Dengan Meja Makan Bundar
Dekorasi Ruang Makan Sempit Dengan Meja Makan Bundar

Furniture ini adalah item yang wajib di miliki ketika mendekorasi ruang makan. Namun, ketika memilihnya jangan hanya sekedar memilih! Ruang makan yang sempit benar-benar memiliki area lantai yang sangat terbatas, dengan demikian Anda harus benar-benar memperhatikan pilihan item-item yang ada di sana.

Penggunaan meja makan dengan bentuk bundar adalah pilihan yang lebih baik dari pada bentuk persegi atau persegi panjang. Hal ini di sebabkan karena meja makan bundar akan memberi ilusi ruang yang terasa lebih lapang dari sebenarnya. Ini adalah solusi yang tepat untuk mendekorasi ruang makan sempit dengan anggota keluarga yang tak terlalu banyak.

Meja lipat

Dekorasi Ruang Makan Sempit Dengan Meja BerdaunTelingga
Dekorasi Ruang Makan Sempit Dengan Meja BerdaunTelingga

Alternatif lain untuk menentukan meja makan adalah dengan menggunakan meja lipat. Dengan menggunakannya, Anda akan lebih mudah mengatur area makan. Ketika mendapati tamu, Anda bisa membuka daun telinga dari meja lipat untuk tambahan tamu yang datang.

Bahkan, ketika di rasa tidak memperlunaknya Anda bisa dengan mudah melipatnya dan menyingkirkannya dari pandangan. Benar-benar efektif untuk mengoptimalkan ruang makan sempit kita bukan?

Meja Makan Rendah

Sat-satunya cara untuk menciptakan kesan ruang yang terasa lapang dan luas adalah dengan memainkan ilusi ruang! Ketika Anda memiliki langit-langit rendah di ruang makan, cobalah untuk memasukkan meja makan randah untuk menciptakan ilusi ruang yang terasa lebih tinggi dari yang sebenarnya.

Kemudian gunakan kursi makan yang selaras dengan tampilan meja makan, ide yang tidak kalah hebat adalah dengan menggunakan meja makan dan kursi ala lesehan. Cara ini merupakan pilihan yang sangat efektif untuk memaksimalkan ilusi ruang pada area makan Anda!

Pilihan Kursi

Setelah berhasil memilih meja yang tepat untuk ruang makan sempit Anda, kini saatnya Anda menentukan kursi yang cocok dengan meja pilihan Anda. Walaupun, berhasil menentukan meja yang tepat dengan ruang makan untuk memaksimalkan tampilan Anda juga harus memilih kursi yang cocok!

Ide yang lebih baik dalam ruang berskala kecil adalah dengan menggunakan kursi tanpa lengan, kursi dengan tampilan ramping, dan juga kursi tanpa senderan. Pilihan-pilihan ini akan memaksimalkan tampilan dalam ruang makan, serta berdampak baik untuk tampilannya!

Pertimbangkan Furnitur Multifungsi

Ide Dekorasi Ruang Makan Sempit
Ide Dekorasi Ruang Makan Sempit

Jangan anggap remeh penggunaan furniture multifungsi, terlebih untuk ruangan dengan ukuran mungil! Penggunaan furniture dengan fungsi ganda, Anda akan menghemat lebih banyak area dan Anda tidak perlu membeli 2 furnitur karena 1 furnitur sudah menjalankan 2 tugas sekaligus.

Cermin

Cara lain untuk menciptakan ilusi ruang adalah dengan menggunakan cermin! Pilihan cermin dengan skala besar yang di tempelkan di dinding akan memberikan efek ruang yang tampil 2x lebih luas dari ukuran sebenarnya. Terlebih lagi ketika Anda menempatkan cermin di seberang cahaya masuk. Ini benar-benar cara efektif untuk mengoptimasi tampilan pada ruang makan berukuran sempit.

Baca Juga: Semua Tengan Desain Rumah Konsep Terbuka Yang Harus Anda Tau!

Gunakan Nada Cerah

Dekorasi Ruang Makan Sempit Tanpa Menguras Anggaran
Dekorasi Ruang Makan Sempit Tanpa Menguras Anggaran

Untuk membuat ruang tetap terasa bersih dan lapang, jangan lupa untuk menggunakan nada cerah pada dinding, langit-langit, dan juga pemilihan furniture Anda. Putih bersih merupakan pilihan paling cocok untuk mendapatkan kesan lapang dalam ruang berskala sempit.

Namun, terkadang nada cerah terlalu membosankan untuk di terapkan bukan? Jadi, Anda bisa menggunakan beberapa nada aksen untuk membuat ruang terlihat lebih menarik!

Optimalkan Pencahayaan

Hal terakhir untuk menyempurnakan dekorasi ruang makan sempit Anda adalah dengan mengoptimalkan pencahayaan yang ada di dalam ruangan. Selain memastikan pencahayaan alami masuk yang mengalir, Anda juga tidak boleh lupa memasukkan beberapa sumber cahaya buatan seperti lampu gantung, lampu dinding, dan juga lampu tersembunyi.

Penggunaan nada cerah, pencahayaan yang mengalir, serta penempatan cermin merupakan kombinasi hebat untuk ilusi ruang yang lebih lapang.

One Comment to “9 Ide Dekorasi Ruang Makan Sempit Tanpa Menguras Anggaran!”

  1. […] Baca Juga: Tips Optimasi Ruang Makan Sempit. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *