Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran

Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran

Apa yang Anda harapkan dari rumah Anda? apa itu sebuah rumah dengan tampilan minimalis, modern, Skandinavia, industrial, atau sebuah rumah bergaya vintage?

Setiap gaya rumah memiliki ciri khas dan daya tariknya tersendiri, begitu juga dengan Dekorasi Rumah Bergaya Vintage. Jika Anda ingin menciptakan rumah yang terkesan klasik dan menyenangkan. Maka, gaya vintage harus Anda pertimbangkan! Berikut ini beberapa hal penting tentang Dekorasi Rumah Bergaya Vintage yang wajib di ketahui sebelum mulai.

Kelebihan gaya vintage

Gaya yang satu ini hadir dengan berbagai item dengan tampilan tempo dulu (jadul) dengan sedikit sentuhan yang terkesan mewah dan terasa unik. Inilah gambaran umum untuk Rumah Bergaya Vintage.

Ciri Khas

Item dengan daya tampilan klasik (tempo dulu) menjadi sebuah item yang sangat umum di dalam ruangan vintage. Sering kali, item ini berupa furnitur klasik yang dapat di kelompokkan menjadi 2 jenis.

  • Pertama, furnitur berpenampilan original dengan gaya masa lalu
  • Dan furnitur berpenampilan modern namun memiliki finishing lusuh, furnitur jenis ini sering kali di beri finishing dengan efek cat yang mengelupas untuk mendapatkan tampilan antik!

Untuk Anda yang menerapkan gaya ini, Anda akan mendapatkan rumah yang terkesan lebih hangat, unik, dan terasa elegan. Bahkan, ketika proyek Dekorasi Rumah Bergaya Vintage ini berjalan Anda mungkin bisa mengeluarkan beberapa item peninggalan nenek Anda yang tersimpan di loteng!

Walau Anda memasukkan item terkesan lusuh, namun dalam proyek dekorasi vintage inilah yang di sebut mewah!

Penggunaan furnitur tua

Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran
Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran

Sebuah kursi goyang miliki nenek yang tersimpan di loteng, sebuah kursi rotan yang koyak. Kenapa tidak memamerkannya? Item-item seperti inilah yang akan meningkatkan pesona vintage di dalam ruangan Anda.

Cobalah untuk memasukkannya ke dalam proyek dekorasi, dan tempatkan di sudut ruang untuk menciptakan area baca yang sepenuhnya nyaman!

Namun ingatlah memasukkan furnitur tidak sekeder memasukkannya saja! Pastikan furnitur tetap aman untuk di gunakan, jika Anda sedikit masalah cobalah untuk memperbaikinya terlebih dahulu sebelum di gunakan. Jika ini masalah tampilan, membersihkan dan melakukan pengecatan ulang dengan kesan vintage sudah cukup untuk memperbarui tampilan!

Ketahui Ciri Khas Dan Dampak Dari Gaya Industrial Di Sini!

Ketika proyek dekorasi vintage berlangsung, tidak semua item yang ada harus terkesan antik. Ide yang lebih cocok untuk proyek ini adalah dengan memanfaatkan item vintage sebagai hiasan di dalam ruang.

Ingat bahwa furnitur dari kayu bisa terserang rayap, pastikan Anda mengecek kekuatan dari furnitur yang ada sebelum membawanya pulang.

Penggunaan Warna

Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran
Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran

Dekorasi Rumah Bergaya Vintage akan di penuhi dengan warna-warna yang terkesan teduh dan menenangkan. Untuk mendapatkanya, Anda bisa memasukkan beberapa nada pastel seperti tosca, biru muda, beige, putih, dan juga pink. Selain nada-nada di atas, Anda juga bisa memasukkan beberapa nada warna yang memiliki kesan natural seperti coklat klasik (seperti kayu tua).

Untuk mencegah monotonitas dalam sebuah ruang, Anda harus menyesuaikan warna berdasarkan fungsi ruang! Jika Anda ingin menciptakan kamar tidur dengan kesan tenang dan terasa teduh, cobalah untuk memasukkan nada krem. Sedangkan untuk area ruang makan, Anda bisa menggunakan nada-nada yang membangkitkan selera seperti merah maroon atau oranye.

Dalam memberi warna pada item dekoratif yang ada di dalam ruang, Anda tidak harus selalu menyelaraskan nada-nada di dalamnya. Menggunakan beberapa fitur dengan nada aksen juga bekerja dengan baik untuk proyek desain ala Vintage.

Penggunaan nada emas pada meja, sofa berwarna pink dan karpet dengan nada coklat akan menghadirkan kesan ruang yang hangat dan mengundang tanpa terasa monoton! Untuk hiasan dinding vintage, Anda bisa memasukkan sebuah cermin dengan frame ukir emas untuk meningkatkan pesona ruangan Anda.

Item dekoratif

Anda tidak harus memiliki item dengan kesan vintage di setiap sisi ruang! Bahkan, beberapa item iconic sudah cukup untuk memperkuat pesona vintage di dalam ruangan Anda.

Ketika Anda menghadirkan item iconic terkesan vintage, pastikan untuk menempatkannya pada area yang memiliki tampilan terkesan hangat (tempo dulu). Anda bisa memajang sebuah kompas pada dinding atau jam dinding romawi di atas cabinet dengan finishing usang.

Item elektronik retro

Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran
Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran

Proyek Dekorasi Rumah Bergaya Vintage bisa di sempurnakan dengan beberapa item elektronik yang terkesan retro. Memajang beberapa item elektronik retro yang di susun sedemikian rupa bisa menjadi cara hebat untuk meredam stress pengguna ruangnya!

Radio klasik, Tv cembung, telefon kuno, atau mesin tik merupakan item-item yang sangat sempurna untuk meningkatkan pesona vintage dalam rumah Anda!

Pencahayaan

Salah satu hal yang harus di tekankan saat mendekorasi ruang bergaya vintage adalah dengan memiliki sumber cahaya temaram yang menghadirkan pencahayaan terkesan hangat!

Lampu gantung

Cobalah untuk memilih lampu dengan bohlam polos atau dengan tambahan penutup bernada netral atau sebuah lampu dengan tampilan kuno berukir ala Eropa atau Maroko.

Pastikan menyesuaikan pencahayaan dengan ukuran ruang yang Anda miliki, pastikan cahaya menyebar secara merata ke setiap penjuru untuk hasil optimal dari proyek dekorasi Anda!

Lampu meja

Untuk lampu meja, Anda bisa mencar lampu dengan ukuran sedang yang di lengkapi dengan kap berbahan kain. Yang memiliki dasar kaki lampu dai kayu, kuningan atau berbahan porselen.

Lampu dinding

Ciptakan kesan ruang yang terasa lebih dramati dengan menggunakan lampu teplok! Tidak perlu khawatir, saat ini Anda bisa mencari lampu seperti ini dengan pencahayaan bohlam yang di sesuaikan (bukan dengan minyak dan sumbu).

Area lantai

Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran
Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran

Saat mendekorasi Rumah Bergaya Vintage, Anda bisa menggunakan bahan berikut ini sebagai pelapis lantai!

Ubin Terakota

Ini merupakan pilihan paling apik untuk menciptakan pesona vintage karena memiliki permukaan berporti, tidak keras, dan nyaman saat di pijak. Anda bisa mendapatkan berbagai tampilan untuk ubin ini, dari bujur sangkar, persegi panjang, hingga segi enam.

Untuk perawatan, Anda harus memberinya lapisan pelindung atau fax untuk membuatnya awet dan tahan lama.

Kayu

Ini merupakan tampilan dengan satuan kayu utuh yang memiliki pemasangan menggunakan sekrup, bahan ini juga bisa di gunakan dalam berbagai item seperti decking, plafon, fasad, dan lain sebagainya.

Penggunaan bahan ini akan menghadirkan kesan hangat dan tetap natural! Walau hadir dalam harga yang cukup mahal, namun mereka dapat bertahan lebih dari 20tahun lamanya.

Parket

Pilihan terakhir adalah dengan lantai parket! Item yang satu ini hadir dalam 2 pilihan yaitu parket solid dan engineered. Parket solid hadir dengan tampilan 100% kayu baik jati, bangkirai, ulin, Merbabu, atau sonokeling.

Sedangkan engineered merupakan pilihan dari lapisan veneer dan plywood pada lapisan bawahya.

Untuk merawat lantai kayu atau perket, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dan menyapunya secara rutin. Untuk menyeka noda dan cairan yang membandel, gunakan lap halus dan lembab. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa air tidak meresep ke dalam pori-pori.

Sedangkan parket merupakan bahan lantai yang mudah tergores dan rusak! Untuk bahan ini, Anda bisa menggunakan high heels pada lantai dan pastikan mengangkat furnitur ketika memindahnya.

Penambahan alas kaki furnitur juga menjadi pilihan yang cocok untuk meminimalisir goresan pada lantai.

Plafon rumah bergaya vintage

Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran 9
Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran 9

Dalam gaya vintage, plafon terbaik adalah plafon dengan tampilan kayu! Dan untuk menyempurnakan tampilan, ada beberapa tips yang bisa di coba.

Ekspos rangka

Jika Anda suka tampilan rumah dengan rangka plafon yang terlihat, maka mengekspos rangka dengan cara menggunakan kayu terbaik dan warna yang tepat akan menciptakan tampilan yang terasa hangat, dan untuk menciptakan ilusi ruang lebih tinggi Anda bisa menggunakan nada all white pada area plafon.

Kayu datar

Ingin tampilan lebih rapi? Cobalah untuk menggunakan plafon kayu datar! Kayu datar pada plafon akan memberikan kesan ruang hangat, dan terlihat lebih rapi. Untuk pilihan kayu Anda bisa menggunakan kayu bengkirai, keruing, atau ulin.

Texture

Dekorasi Rumah Bergaya Vintage hadir dalam tekstur bunga, pohon, dan ukiran. Penggunaan tekstur seperti ini akan meningkatkan pesona vintage dalam ruangan Anda. Penerapannya bisa di lakukan pada beberapa item seperti kap lampu, sofa, tirai, hingga sarung bantal.

Pembersihan

Untuk menjaga daya tahan serta tampilan dari item-item yang ada di dalam ruang Anda harus membersihkannya secara berkala!

Porcelain

Anda bisa menggunakan lap lembut atau spons untuk menyeka kotoran dan noda. Pastikan juga untuk menggunakan cairan pembersih noda agar Anda bisa menyeka kotoran dengan maksimal!

Kayu

Untuk membuat tampilannya terjaga, sebelum membawanya masuk pastikan untuk menyemprotnya dengan pembersih kayu. Setidaknya lakukan hal ini setiap 3-7 bulan sekali! Selain itu, memberi semprotan anti rayap juga akan menjaga item tetap terjaga dan awet!

Dengan menerapkan ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage di atas, Anda akan lebih mudah mendapatkan tampilan ruang terkesan vintage tanpa harus mengeluarkan banyak uang!

One Comment to “Ide Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Ramah Anggaran”

  1. […] Tips Dekorasi Rumah Bergaya Vintage Yang Ramah Anggaran! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *