Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya

Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya!

Desain interior industrial modern merupakan sebuah gaya desain yang hadir dengan penggunaan bahan-bahan bernuansa alam dan industri. Ketika gaya ini yang Anda pilih untuk mendekorasi rumah, maka bahan-bahan seperti batu bata, logam, beton, semen, dan kayu akan menjadi bahan dasar dari proyek Anda.

Penggunaan bahan-bahan tersebut bertujuan untuk menciptakan kesan Unfinished di dalam ruangan. Awalnya, konsep ini di gunakan untuk membangun sebuah cafe. Namun, seiring perkembangan zaman gaya di gunakan untuk mendesain sebuah ruangan untuk mendapatkan kesan hangat dan menenangkan.

Gaya ini hadir di karena kan kebutuhan untuk menghadirkan kesan pabrik atau sebuah lumbung tua di dalam rumah. Proyek desain ini mengharuskan Anda untuk lebih pandai dalam penggunaan teknik dan memiliki mekanisme yang memadai.

Elemen Kunci Desain interior industrial modern

Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya
Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya

Bahan Dasar Besi

Gaya interior industrial sangat identik dengan penggunaan bahan besi sebagai unsur pembangun furnitur di dalam ruang. Penggunaannya akan menciptakan sentuhan yang tepat untuk tampilan industrial, tanpa tampil terlalu mewah.

Tidak hanya besi saja, Anda bisa menggunakan baja, timah, tembaga, dan juga kuningan. Untuk pilihan warna, penggunaan nada abu-abu, hitam, dan juga netral akan mempertegas tema yang Anda usung!

Namun, hasil akhir yang Anda gunakan tidak selalu bersinar! Hasil akhir dengan tampilan matte bisa merupakan pilihan yang lebih baik untuk menyempurnakan tampilan industrial yang terkesan lebih rileks.

Kayu esensial

Bahan ini akan menjadi tambahan aksen yang sangat bagus untuk ruangan bergaya industrial! Terlebih lagi ketika Anda menggunakan kayu dengan usia lebih lama atau berpenampilan unfinished.

Anda bisa memasukkan fitur kayu dalam berbagai cara seperti lantai kayu, bangku kayu, kursi, meja, bahkan hiasan dinding!

Batu bata

Ini merupakan bahan yang paling sering di gunakan untuk membuat dinding rumah. Bata yang ditata sedemikian rupa (di lapisi cat) atau di biarkan tanpa cat akan meningkatkan pesona gaya industrial yang Anda kerjakan!

Ketika mengekspos dinding batu bata, Anda bisa membiarkannya berwarna asli atau memberinya tambahan cat. Dinding batu bata dengan lapisan cat putih akan menciptakan kesan yang lebih bersih dan cocok untuk ruang berskala kecil!

Proyek mengekspos juga tidak selalu harus di terapkan pada setiap sisi dinding, Anda bisa menerapkannya pada sebuah dinding (berfungsi aksen). Cara ini juga sangat efektif untuk Anda yang melakukan perombakan pada gaya ruang.

Ekspos Semen Halus

Di berikan lapisan finishing atau tidak, semen yang di ekspos akan tampil menawan! Dengan semen, Anda akan menciptakan tampilan yang lebih kuat, awet, dan tidak memakan terlalu banyak anggaran!

Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya
Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya

Anda bisa mengaplikasikan bahan satu ini pada 2 bidang dalam ruang yaitu pada area lantai dan area dinding.

Untuk membuat kesan lebih hangat, Anda bisa menambahkan karpet atau lukisan dengan nada lebih cerah pada lantai dan dinding Anda!

Terapkan konsep open floor

Ruang terbuka tanpa sekat akan menyempurnakan tampilan industrial yang Anda terapkan! Selain itu, Anda juga bisa membiarkan langit-langit terbuka (tanpa plafon) untuk memamerkan penyangga atap yang ada. Dalam gaya ini, penyangga atap merupakan tambahan dekorasi yang menawan begitu juga dengan untaian lampu yang menggantung panjang!

Ide Desain interior industrial modern

Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya
Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya

Penggunaan Warna

Penerapan warna akan dominasi nada gelap! Penggunaan nada gelap yang mendominasi merupakan ciri khas dari gaya Industrial. Nada seperti abu-abu, coklat kayu, merah bata, dan hitam adalah pilihan yang sangat populer untuk gaya ini.

Ingin Menerapkan Konsep Interior Minimalis? Berikut Ini Yang Harus Anda Lakukan!

Namun penggunaan nada mustard, navy, dan juga rose gold juga bisa di gunakan untuk mendapatkan kesan ruang yang terasa lebih manis. Selain itu, penggunaan nada yang lebih terang juga bisa Anda terapkan (sebagai aksen) untuk mendapatkan tampilan lebih gloomy pada sebuah ruang.

Dinding batu bata

Bahan ini menjadi bahan utama dari proyek desain interior industrial, batu bata akan memberikan tampilan visual yang lebih atraktif untuk ruang. Tampil dari batu itu sendiri di pajang dengan jelas untuk kesan hangat. Selain bata, Anda bisa menggunakan bahan lain seperti beton atau kayu sebagai alternatif. Mengombinasikan dinding bata dan lantai kayu juga bisa di lakukan guna memperkuat tampilan interior industrial yang ada!

Tampilan Unfinished

Membiarkan dinding yang apa adanya (tanpa polesan cat dan wallpaper) juga menjadi ciri dari gaya ini. Penerapannya bertujuan untuk menciptakan tampilan estetik pada dinding dengan nada abu-abu yang di semen untuk tampilan yang terasa lebih sejuk.

Area Lantai

Lantai beton atau kayu menjadi pilihan paling populer untuk Desain interior industrial modern. Tampilan yang terkesan kasar, tidak sempurna, dan tambahan merupakan sebuah seni yang memikat dalam gaya ini.

Walaupun kayu dan beton di pilih untuk meningkatkan kesan industri, namun penggunaan material ini juga bertujuan untuk menciptakan tampilan yang lebih kokoh pada ruangan Anda!

Langit-langit

Tampilan industri dengan langit-langit yang terbuka dengan balok yang terlihat jelas merupakan sebuah langkah berani untuk meningkatkan pesona industrial. Agar ruangan terasa lebih lapang dan menyegarkan, Anda bisa membuat langit-langit lebih tinggi!

Dengan demikian Anda bisa lebih leluasa mendesain langit-langit dan memberi kesan ruang yang lebih lapang.

Pencahayaan

Ruang bergaya industrial sering kali hadir dengan jendela-jendela lebih besar yang akan mengalirkan cahaya alami ke dalam ruangan Anda. Sedangkan untuk pencahayaan buatan, Anda bisa memilih beberapa fixture dengan pencahayaan yang terkesan lebih redup.

Kemudian, Anda bisa menambahkan lebih banyak lampu sorot untuk menonjolkan beberapa detail yang ada seperti hiasan dinding, kursi, meja, dan item dekoratif lainya.

Furniture

Pilihan furniture seperti sofa mewah, bantal, karpet, dan juga dipan harus di pilih dengan tujuan untuk menyeimbangkan tampilan visual di dalam ruang. Meja kursi berbentuk sederhana dari bahan kayu atau logam merupakan ide sempurna untuk meningkatkan pesona industri dalam ruangan Anda!

Dekorasi Khas Industrial

Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya
Ciri Khas Desain Interior Industrial dan Cara Menerapkannya

Untuk mendekorasi gaya industrial modern, Anda harus melakukan penataan untuk membuat perabotan bergaya industri terlihat lebih hidup di antara dinding yang terasa kaku dan dingin.

Anda bisa meletakan sofa mewah di tengah dinding batu bata kemudian tambahkan meja kopi kecil di tengahnya.

Untuk menciptakan tekstur di dalam Desain interior industrial modern, Anda bisa memadukan kayu dengan permukaan kasar dengan logam berkilau dengan sedikit warna hitam, emas, atau tembaga.

Mengombinasikan bahan ini akan menciptakan tampilan yang terasa lebih unik di dalam ruangan. Penggunaan nada krom pada kaki-kaki meja yang di padukan dengan kayu alam juga bisa di pertimbangkan untuk memperkuat visualisasi dari karakter industrial itu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *