Inspirasi Tata Letak Dapur Wajib Untuk Di Pertimbangkan

Inspirasi Tata Letak Dapur Wajib Untuk Di Pertimbangkan!

Tata letak dapur merupakan sebuah faktor yang sangat penting untuk menciptakan dapur yang fungsional, praktis, dan memaksimalkan kinerja Anda. Terlepas dari ukuran yang ada, tata letak yang di gunakan juga menghadirkan perbedaan besar serta membuat Anda dapat memaksimalkan potensi di dalamnya. Pada dasarnya, Tata letak dapur tidak hanya sekedar memilih furnitur dan mengaturnya saja.

Namun, dalam hal ini Anda juga harus memperhatikan ketinggian ruang, dan memastikan bahwa setiap pergerakan dapat di lakukan dengan nyaman. Pengaturan yang tepat juga akan membuat Anda lebih mudah untuk menggunakan berbagai alat yang ada dengan lebih mudah.

Seperti apa pun ukuran dan bentuk ruang yang ada, Anda memiliki banyak cara untuk mengoptimalkannya! Dalam proyek pengaturan ini, ada beberapa trik yang patut untuk di coba.

Mengetahui Kinerja Segitiga Dapur

Segitiga dapur mulai hadir pada tahun 1920-an dan menjadi sebuah cara untuk memaksimalkan ukuran dapur agar dapat di gunakan dengan lebih efisien. Segitiga dapur harus di susun dengan jelas antara area persiapan (kompor), area pembersihan (wastafel, dan juga area penyimpanan.

Segitiga Dapur
Segitiga Dapur

Prinsip penerapan segitiga dapur

  • Setidaknya segitiga dapur harus memiliki panjang kaki antara 1,2 dan 2,5m
  • Panjang dari ketiga kaki setidaknya antara 4m dan 8m
  • Pastikan tidak ada item (cabinet) yang memotong salah satu kaki segitiga
  • Memastikan tidak ada lalu lintas besar yang melewati area segitiga

Untuk mendapatkan kegunaan maksimal dari dapur, berikut ini trik yang bisa di terapkan:

  1. Desain pintu masuk dapur setidaknya dengan lebar minimal 812mm
  2. Pastikan pintu masuk tidak mengganggu pengoperasian peralatan, serta setiap peralatan tidak saling mengganggu
  3. Memiliki panjang lorong kerja setidaknya 1060Mm untuk area masak tunggal, dan 1220mm untuk area masak ganda
  4. Memiliki area lalu lintas (jalan setapak) dengan ukuran minimal 920mm
  5. Menghadirkan area duduk dengan lebar setidaknya 615mm untuk setiap orang, dan beri jarak bebas antar kaki 450mm dengan meja setinggi 750mm. Jarak bebas 380mm pada area meja dapur dengan tinggi 915mm, dan 310 untuk area penghitung batang.
  6. Untuk Anda yang memiliki wastafel tunggal, maka Anda harus menempatkannya di sebalah kompor atau lemari es.
  7. Wastafel akan lebih baik jika di apit dengan area pendaratan dengan ukuran setidaknya 615mm, dengan 450 di ke dua sisinya
  8. Memiliki permukaan kerja dengan lebar 750mm dengan ke dalaman 610mm di sebelah wastafel
  9. Memiliki area pendaratan dengan ukuran minimal 380mm di samping pegangan lemari es atau di seberang lemari es dengan ukuran maksimal 1200mm
  10. Sedangkan untuk area masak Anda harus menghadirkan area pendaratan setidaknya 300mm di satu sisi dan sisi lain sekitar 400mm
  11. Buat jarak setidaknya 610mm antara permukaan masak dan permukaan tidak mudah terbakar
  12. Jangan lupa menciptakan sistem ventilasi di semua peralatan permukaan memasak.

Pilihan Tata letak dapur populer

Tata letak dapur satu dinding

Tata Letak Dapur Satu Dinding
Tata Letak Dapur Satu Dinding

Pengaturan ini merupakan pilihan yang paling cocok untuk dapur berukuran kecil, dengan pengaturannya yang sederhana Anda bisa menghemat lebih banyak ruang tanpa harus mengorbankan fungsionalitas di dalam ruang. Pengaturan ini hadir dengan cabinet yang di instalasi pada satu sisi dinding, dengan cabinet atas, cabinet bawah dan juga rak di atas cabinet dasar dengan hasil akhir dengan tampilan bersih.

Baca Juga: Trik Dekorasi Ruang Makan Minimalis Sederhana, tanpa keluar banyak uang!

Tips Pengaturan

Untuk memastikan gaya ini bekerja dengan baik, maka Anda harus menggunakan pola pikir area vertikal! Di sini, Anda hanya memiliki sebuah sisi yang tidak cukup besar untuk di kerjakan. Jadi, mulailah mengatur cabinet untuk mendapatkan penyimpanan yang memadai.

Dalam pengaturannya, Anda tidak bisa menghadirkan segitiga dapur namun Anda bisa menggantinya dengan meletakan cabinet es di satu ujung, oven dan kompor di tengah serta wastafel pada ujung lain. Jika Anda tidak memiliki cabinet yang mencapai langit-langit, maka area di atas cabinet bisa di fungsikan sebagai tempat penyimpanan item yang jarang di gunakan.

Ini merupakan ide untuk memanfaatkan ruang yang panjang dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan pesona dari tema dapur yang Anda usung.

Dapur gaya Galley

Dapur Gaya Galley
Dapur Gaya Galley

Ini merupakan sebuah pengaturan dapur dengan memaksimalkan pengaturan cabinet agar lebih ekonomis. Dapur ini terdiri dari dua baris cabinet yang saling berhadapan, dan alhasil membentuk sebuah lorong dalam atau dapur di antara keduanya.

Di sini, Anda harus menghilangkan cabinet pada sudut ruang, dan memaksimalkan penggunaan item di setiap inci ruang tanpa adanya pemborosan. Dengan tampilannya yang sederhana juga membuat ruang tidak memerlukan gadget-gadget khusus sehingga Anda menjadi lebih hemat biaya.

Tips Pengaturan Dapur Galley

Penggunaan deretan cabinet, dapur ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas pada setiap ruang penyimpanan. Ini merupakan gaya yang cocok untuk keluarga besar atau sebuah dapur dengan koki ganda! Dalam pengaturannya, Anda juga harus menghadirkan sebuah area kerja pada salah satu dinding saja.

Idenya adalah untuk menciptakan arus lalu lintas yang lebih baik ketika melewati segitiga kerja dan meminimalisir kecelakaan di dalam ruang.

Gaya L

Tata Letak Dapur Gaya L

Tata letak dapur bentuk L menjadi pilihan yang sangat cocok dan praktis untuk dapur berukuran besar maupun kecil. Tata letak ini hadir dengan cabinet di sepanjang dinding tegak lurusnya. Walau Anda membutuhkan opsi cabinet pintar untuk membuatnya lebih praktis, namun dapur bergaya L hadir dengan fleksibilitas besar dalam penempatan alat masak dan juga area kerja.

Untuk memastikan gaya ini bekerja dengan optimal akan lebih baik jika Anda menjaganya ukurannya kurang dari 4,5m.

Tips pengaturan tata letak dapur L

Manfaatkan setiap sudut dengan semaksimal mungkin, penggunaan cabinet pantry walk-in merupakan cara yang tepat! Penggunaannya akan memungkinkan Anda tidak kehilangan kendali pada setiap ruang berharga di setiap sudut, dan Anda tetap bisa mempertahankan aset berharga di sana.

Kelebihan lain dari penggunaan gaya ini adalah Anda bisa menciptakan sebuah area makan kecil di sudut untuk sarapan pagi bersama keluarga.

Tata letak dapur gaya U

Tata Letak Dapur Bentuk U
Tata Letak Dapur Bentuk U

Yang satu ini merupakan pilihan paling cocok untuk dapur dengan ukuran yang lebih besar, gaya ini hadir dengan cabinet di ketiga sisinya yang saling berdekatan. Jinis ini memberikan Anda lebih banyak fitur penyimpanan. Namun, dalam penempatan lemari es Anda harus benar-benar memperhatikannya! Penempatan yang salah hanya akan menutup salah satu cabinet Anda.

Gaya U juga pilihan yang sangat cocok untuk tugas memasak secara bersamaan, karena memiliki area lalu lintas yang luas di sana.

Tips pengaturan

Agar pengaturan berjalan dengan baik, pastikan untuk menjaga area jendela tetap terbuka dan senantiasa rapi. Tata letak U menghadirkan lebih banyak peluang sempurna untuk segitiga dapur tanpa ada gangguan, jadi Anda bisa bekerja dengan lebih maksimal di dalamnya.

Pulau dapur

Jika Anda menggunakan konsep rumah terbuka, maka tata letak dapur yang paling cocok untuk Anda adalah dapur pulau! Ini merupakan sebuah tata letak yang menghadirkan permukaan kerja cukup besar dengan penyimpanan di tengah ruang.

Pulau dapur hadir dengan gabungan permukaan masak, mangkuk persiapan, serta bar atau cabinet es. Ini hanyalah sebuah area persiap atau area untuk makan bersama keluarga. Sedangkan dapur harus cukup besar untuk menggabungkan sebuah pulau, dan penempatan merupakan cara terbaik untuk menciptakan lalu litas yang efektif di dalam ruangan.

Tips pengaturan

Idenya adalah memanfaatkan seoptimal mungkin pulau sebagai area kerja dan berbagai kegiatan sosial di mana Anda bisa berinteraksi sembari menyiapkan hidangan. Penempatan yang berada di tengah dapur, membuat Anda bisa memasang sebuah lampu hias unik sebagai penerangan tugas.

Tata letak Peninsula

Dapur gaya Semenanjung
Dapur gaya Semenanjung

Ide tata letak dapur yang terakhir adalah dapur bergaya peninsula (semenanjung). Ini merupakan pengaturan pulau dapur yang memiliki meja dapur yang lebih menonjol dari dinding dan juga cabinet. Pengaturan ini merupakan solusi yang tepat untuk ruang yang tidak bisa memasang pulau secara independen.

Semenanjung yang ada juga menjadi tempat ideal untuk persiapan makan, makan, dan berbagai tugas lain sembari menunggu sajian sang koki.

Tips pengaturan

Layaknya dapur pulau, gaya peninsula menghadirkan kesempatan untuk berinteraksi dengan tamu selama persiapan makan di lakukan. Ini merupakan pilihan yang sangat bagus untuk dapur kecil sekalipun!

Dalam memilih Tata letak dapur, Anda harus memastikan bagaimana penggunaan dapur dan seberapa besar ukuran ruang. Pastikan pengaturan yang ada memperlancar berbagai kegiatan yang akan Anda lakukan di sana!

One Comment to “Inspirasi Tata Letak Dapur Wajib Untuk Di Pertimbangkan!”

  1. […] Baca Juga: Ide Tata Letak Dapur Yang Wajib Di Pertimbangkan! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *