Japandi Interior Design

Semua Tentang Japandi Interior Design

Perlu Anda ketahui bahwa gaya desain Scandinavian dan gaya desain Jepang merupakan 2 gaya yang memiliki banyak kesamaan! Salah satunya dari segi estetika, gaya Scandinavian dan Jepang hadir dengan fokusnya terhadap kesederhanaan mengedepankan rasa nyaman, dan juga berbagai elemen alami.

Dengan banyaknya kesamaan yang di miliki pada desainer menggabungkan ke dua gaya ini dan menyebutnya sebagai “Japandi interior design” atau gabungan dari Scandinavian dan Jepang. Jadi sebenarnya apa itu gaya Japandi?

Japandi interior design merupakan kombinasi dari fungsionalitas gaya Scandinavian dan minimalis pedesaan Jepang untuk memberikan kesan ruang alami, sederhana, fungsional, dan memiliki nilai seni tinggi. Dengan gaya Japandi, Anda akan mendapatkan tampilan ruang dengan perpaduan pada bentuk dan fungsi yang berfokus pada garis-garis bersih, area cerah, dengan warna-warna yang lebih terang untuk kesan lapang.

Bagaimana Japandi style interior bekerja?

Jika Anda suka dengan gaya Scandinavian, maka istilah “Hygge” pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda! Istilah ini merupakan sebuah konsep desain yang memiliki kesan sederhana, kenyamanan, dan tetap menjunjung tinggi kesenangan di dalam ruang.

Dan Jika Anda sudah paham tentang konsep dasar menciptakan rumah bergaya Scandinavian, maka gabungkan dengan gaya Interior Jepang atau “Wabi-Sabi”. Atau bisa di artikan sebagai sebuah gagasan yang mengedepankan keindahan pada ke tidak sempurnaan tampilan!

Kedua konsep ini sangat cocok karena memiliki dasar pada ruang minimalis dan mengedepankan rasa nyaman. Gaya Japandi memiliki tampilan santai dan terasa canggih satu sama lain.

Beberapa orang beranggapan bahwa ini dua gaya yang berbeda, namun jika di perhatikan lagi kedaunya merupakan gaya yang saling melengkapi. Desain interior gaya jepang yang indah, dengan perpaduan gaya Nordic pedesaan yang alami. Dan perpaduan warna pada Desain Jepang yang kaya dapat di padukan dengan tampilan Scandinavian yang tegas dan terasa tajam untuk kesan dingin dalam ruangan.

Kedua desain ini bisa di katakan berbeda, namun saling melengkapi satu sama lain!

Bagaimana Menghadirkan Japandi Style?

Untuk mereka yang sudah menggunakan desain minimalis dan menerapkan gaya Scandinavian, maka pastinya mereka sudah mulai mengerti tentang apa itu Japandi. Untuk membuat tampilan Japandi benar-benar hadir dalam ruangan, maka Anda harus fokus terhadap penggunaan bahan-bahan alami seperti kayu setengah jadi dan potongan bambu untuk memberikan kesan alam dan keindahan natural dalam ruangan.

Japandi Interior Design Idea
Japandi Interior Design Idea

Kemudian, tambahkan warna-warna lembut dan berikan sedikit warna hijau dengan tambahan tanaman hias untuk memberikan kesegaran dalam ruang. Jangan lupa juga untuk meminimalisir kekacauan yang ada di dalam ruangan!

Karena keteraturan juga menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan tampilan Japandi dalam ruangan Anda! Gaya Jepang akan lebih sering menggunakan konsep desain lain terbuka dan minimalis, namun untuk membuat tampilan yang lebih sederhana Anda bisa memasukkan tampilan minimalis buatan dengan menggunakan keranjang atau furniture built-in untuk merapikan ruangan.

Elemen Desain Japandi

Untuk memperkuat serta mempermudah proyek desain Japandi, Anda harus menerapkan beberapa elemen dasar berikut ini.

Warna Netral

Yang paling utama dalam menciptakan tampilan Japandi dalam ruangan adalah dengan menggunakan palet warna kalem dan netral untuk memberikan nuansa ruang lebih harmonis serta terasa santai. Untuk itu, pilihan warna seperti putih, krem, dan juga oatmeal merupakan warna utama pada dinding dalam Japandi.

Untuk membuat ruang tidak hambar, cobalah untuk menggunakan warna-warna lebih hangat seperti coklat atau hijau untuk memberi kesegaran ekstra dalam ruangan. Ide lain yang bisa di coba adalah dengan menggunakan furnitur dengan nada alam seperti bambu coklat atau furnitur lain bernuansa alami.

Baca Juga: Cara Desain Interior Ala Jepang di Sini!

Furnitur

Dalam pemilihan furniture gaya Japandi, mungkin Anda akan merasa sedikit kesulitan! Karena gaya Jepang menggunakan furnitur dengan warna-warna mendalam dengan bentuk yang elegan dan halus. Sedangkan Scandinavian akan hadir dengan furnitur bergaris bersih, tampilan sederhana.

Untuk kesempurnaan gaya Japandi dalam rumah, Anda harus menjadi kreatif dan menggabungkan ke dua pilihan furniture yang ada. Cara hebat untuk di coba adalah dengan memasukkan garis lurus Scandinavia pada perlengkapan lampu dan penyimpanan, sedangkan tampilan melengkung pada meja bisa terinspirasi dari Gaya Jepang dengan penggunaan kayu bernoda gelap.

Melapisi Permadani

Kenyataannya Japandi interior design tidak hanya tentang keindahan dari gaya yang ada! Namun, juga harus memberikan ketenangan dan juga rasa nyaman pada indra lain. Salah satu trik yang tidak boleh di lupakan adalah dengan menggunakan rugs bertekstur dan melakukan penggabungan untuk memberi tambahan rasa nyaman di dalam ruangan.

Dalam pemilihannya, tetaplah pada warna cerah dan netral! Namun, jangan lupakan penggabungan pola dan serat karena ini adalah salah satu kunci untuk memberi tambahan rasa nyaman dan meminimalisir rasa bosan dari pengguna ruang.

Aksesoris ruang

Terkadang tampil minimalis bisa terlalu membosankan dan hambar! Namun, jangan khawatir karena Anda bisa menghancurkan rasa bosan Anda dengan menambahkan beberapa aksesoris ke dalam ruangan. Dengan menambah aksesoris, ruangan akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Namun, ingatlah bahwa ini adalah ruang bergaya minimalis! Jadi, jangan berlebihan dalam penggunaan aksesoris di dalamnya. Tetap perhatikan fungsionalitas dan juga kesederhanaan di dalam pemilihan aksesoris.

Bawa elemen alami!

Yang terakhir dalam menghidupkan Japandi interior design adalah dengan memberikan sentuhan alam! Namun, ini tidak hanya tentang memberi tambahan kayu, gabus, atau bambu ke dalam ruangan. Tapi, ini adalah bagaimana menciptakan ruang yang lebih segar.

Dan salah satu cara paling mudah untuk membuat ruang menjadi lebih segar adalah dengan membawa masuk tanaman hias penghasil udara! Selain memiliki tampilan yang unik, tanaman hias juga akan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan yang akan membuat Anda menjadi lebih segar dan tampilan Japandi interior design lebih terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *