Sebagian besar masyarakat Indonesia umumnya akan memiliki 1 jenis kerajinan tembaga di rumahnya. Sebab, jenis kerajinan ini memang memiliki beragam manfaat untuk kehidupan manusia. Dengan beragamnya manfaat yang dimiliki produk ini, membuat banyak orang ingin memilikinya.

Biasanya, seseorang akan menggunakan kerajinan tembaga kuningan sebagai kebutuhan interior maupun eksterior dalam sebuah rumah. Pasalnya, tembaga memiliki karakter yang kuat dan anti karat, sehingga kualitas material ini tidak akan berkurang meski terkena air hujan.

Industri Kerajinan Tembaga Dan Manfaatnya Yang Beragam

Salah satu alasan mengapa kerajinan yang terbuat dari tembaga ini banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah, karena selain memiliki karakter yang kokoh, kerajinan ini juga banyak yang tersedia dalam desain yang menarik dan elegan.

Patung Rusa Kuningan Mewah

Patung Rusa Kuningan Mewah

Apalagi, kerajinan dari tembaga seperti ini juga pasti akan memiliki manfaat yang sangat beragam, sehingga kerajinan ini tidak hanya berfungsi sebagai pajangan di rumah saja. Untuk mengetahui manfaat-manfaatnya secara lebih lengkap lagi, Anda bisa menyimak informasi lengkapnya berikut ini:

1.     Dekorasi Rumah

Seperti yang sudah sempat kami katakan di beberapa paragraf sebelumnya, bahwa sudah ada banyak orang yang memanfaatkan jenis kerajinan ini untuk memenuhi kebutuhan interior maupun eksterior dalam rumahnya.

Ya, sebagian besar kerajinan dari tembaga seperti ini memang dibuat dengan desain yang menarik, sehingga hanya melihat dari tampilan luarnya saja sudah membuat banyak orang tertarik untuk membelinya.

Wall Decor Tembaga Kuningan

Wall Decor Tembaga Kuningan

Saat ini, sudah ada banyak kerajinan seperti ini yang terjual secara bebas. Bahkan, ada juga beberapa usaha yang menawarkan sebuah pelayanan untuk pembuatan kerajinan tembaga, dengan desain dan warna yang dipilih sendiri oleh pembelinya.

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan sendiri desain dari kerajinan tersebut dengan desain rumah Anda. Jadi, penampilan rumah Anda bisa semakin terlihat cantik dengan adanya jenis kerajinan tersebut. Pilihan Kerajinan tembaga kuningan untuk dekorasi rumah yang bisa Anda dapatkan antara lain adalah Hiasan dinding kuningan tembaga, jam dinding kuningan tembaga, lampu hias tembaga kuningan, vas bunga kuningan, pot tembaga, dan berbagai aksesoris rumah lainnya.

2.     Konstruksi Rumah

Tidak hanya bermanfaat untuk dekorasi rumah saja, tapi jenis kerajinan ini juga bisa dimanfaatkan untuk bahan konstruksi rumah. Namun, untuk menggunakan tembaga sebagai konstruksi rumah seperti ini membutuhkan biaya yang sangat mahal, sehingga Anda perlu menyiapkannya sejak awal.

Dengan harganya yang tergolong cukup mahal seperti ini, membuat beberapa orang memilih untuk berpikir 2 kali. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terkadang ada beberapa toko kerajinan sejenis ini yang menawarkan sebuah harga promo atau diskon.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membeli kerajinan yang terbuat dari tembaga seperti ini. Nantinya, Anda bisa menggunakan material tersebut untuk melengkapi konstruksi rumah yang sedang Anda bangun.

Kerajinan sejenis ini bisa digunakan untuk atap rumah, langit-langit ruangan dalam rumah, maupun pancuran atap. Dengan karakternya yang kokoh, membuat rumah bisa semakin terlindungi dengan adanya material ini.

Seiring dengan harga yang cukup spektakuler, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dengan menggunakan bahan tembaga sebagai kontruksi rumah Anda. Salah satunya adalah daya tahan serta tampilannya yang luar biasa menawan!

3.     Aksesoris Masjid

Mayoritas agama warga Indonesia adalah Islam, sehingga tidak mengherankan jika Anda bisa dengan mudah menemukan bangunan masjid di setiap wilayah Indonesia. Biasanya, pembangunan masjid dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Mulai dari desainnya, material yang hendak digunakan, jumlah ruangan yang ada di dalamnya, luas bangunannya, hingga beberapa informasi sejenis ini lainnya akan menjadi informasi penting dalam pembangunan sebuah masjid.

Untuk jenis material yang akan digunakan dalam pembangunan masjid sendiri, wajib dipilih dengan sebaik mungkin. Pastikan material yang digunakan berkualitas terbaik, supaya masjid tersebut bisa selalu kokoh meski sedang ada angin besar.

Sementara itu, beberapa masjid di Indonesia sudah ada yang menggunakan tembaga sebagai material pembangunan kubahnya. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat kubah masjid yang terbuat dari tembaga seperti ini biasanya bisa memberikan kesan yang lebih kokoh dan indah.

Dengan kesannya yang terlihat kokoh dan indah seperti ini, akan membuat tampilan luar masjid semakin terlihat menarik di mata banyak orang. Apalagi, jika kubah tembaga masjid ini juga dilengkapi dengan desain yang memikat hati, tentu hal ini akan semakin memperbaik desain dari masjid tersebut.

Selain kubah masjid tembaga kuningan, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak aksesoris untuk Masjid seperti lampu robyong tembaga kuningan, replika lampu Nabawi kuningan, lampu dinding Masjid kuningan, Mihrab kuningan, dan berbagai aksesoris Masjid lain berbahan dasar tembaga dan kuningan.

Bersama dengan Bleecopper, Anda bisa menciptakan replika Masjid Nabawi dengan Mudah! 

Keunggulan Kerajinan Tembaga Dibanding Jenis Kerajinan Lainnya

Kerajinan Tembaga (Kaligari Mewah Kuningan)

Kaligrafi Allah Kuningan Mewah

Setiap jenis kerajinan yang ada di dunia ini, pasti akan memiliki keunggulannya masing-masing. Hal ini, juga akan berlaku untuk kerajinan tembaga yang sudah terjual luas di seluruh wilayah Indonesia. Kerajinan jenis ini dilengkapi dengan berbagai macam keunggulan yang akan membuat Anda puas.

Keunggulan ini, nantinya akan menjadi pembeda antara kerajinan yang terbuat dari bahan tembaga dengan jenis kerajinan lainnya. Maka dari itu, penting untuk Anda ketahui apa saja keunggulan yang dimiliki jenis kerajinan yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi lengkapnya:

1.     Dilengkapi dengan Proses Finishing

Tidak semua jenis kerajinan akan dilengkapi dengan proses finishing seperti ini, sehingga hal ini bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi kerajinan yang terbuat dari tembaga. Biasanya, proses finishing seperti ini akan dilakukan untuk memberikan kilauan tersendiri terhadap kerajinan tersebut.

Umumnya, yang akan melalui proses finishing seperti ini adalah kerajinan tembaga kuningan. Untuk menghasilkan produk kerajinan yang lebih terlihat cantik, pengrajin pasti akan melakukan proses finishing ini dengan sebaik mungkin.

Dengan adanya proses finishing dalam proses pembuatan kerajinan ini, membuat para pemiliknya tidak perlu lagi membawa kerajinannya tersebut ke tempat perawatan. Sebab, produk ini sudah terbebaskan dari proses perawatan.

2.     Kualitas Warna Selalu Terjaga

Bak Mandi Tembaga

Bak Mandi Tembaga

Terkadang, ada beberapa jenis kerajinan yang warnanya akan mudah pudar, sehingga hal ini sering membuat banyak orang kecewa. Namun, kekhawatiran seperti ini tidak perlu Anda pikirkan, karena kerajinan yang terbuat dari tembaga seperti ini akan memiliki kualitas warna yang selalu terjaga.

Oleh karena itu, ada banyak orang yang menggunakan jenis kerajinan ini sebagai desain eksterior rumahnya. Sebab, material tembaga yang dijadikan sebagai desain eksterior seperti ini akan tahan dari berbagai jenis cuaca.

Tidak ada 1 hal pun yang bisa mengubah kualitas warna kerajinan ini dengan mudah. Sehingga, tidak mengherankan jika sudah ada banyak kubah masjid di Indonesia yang menggunakan jenis kerajinan ini sebagai bahan dasarnya.

3.     Awet atau Tahan Lama

Tidak seperti material kayu dan besi yang tergolong tidak terlalu awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama, untuk material tembaga sendiri memang memiliki karakter yang awet atau tahan lama, sehingga hal ini juga akan menunjukkan bagaimana keawetan dari sebuah kerajinan tembaga.

Jika material kayu akan mudah lapuk dan termakan rayap, material tembaga tidak akan mudah lapuk karena material ini memiliki kekokohan yang maksimal. Selain itu, material tembaga juga anti karat sehingga sangat berbeda jika dibandingkan dengan material besi.

Jadi, untuk Anda yang sedang mencari jenis material apa yang cocok untuk desain eksterior rumah Anda, maka material tembaga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda.

4.     Didukung dengan Perlindungan terhadap Air Garam dan Zat Asam

Biasanya, kerajinan yang terbuat dari tembaga berkualitas terbaik akan dilengkapi dengan perlindungan terhadap air garam serta zat asam. Hal ini perlu dilakukan untuk melindunginya dari perubahan warna yang mengurangi kualitas dari kerajinan itu sendiri.

Ketika 2 unsur kimia ini menempel di permukaan tembaga, akan membuat warnanya berubah menjadi hijau antik, sehingga hal ini bisa mengurangi kualitas warna dari kerajinan itu sendiri. Jika warnanya berubah, maka kualitas dari kerajinan itu juga akan berkurang.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal yang seperti ini, beberapa perusahaan kerajinan di Indonesia yang profesional akan melengkapinya dengan perlindungan yang sangat bermanfaat ini.

5.     Tidak Mudah Hancur

Pada dasarnya, keunggulannya yang satu ini akan sangat berkaitan dengan kekokohan yang dimilikinya. Karena material tembaga sendiri memiliki kekokohan yang lebih maksimal, jadi kerajinan yang terbuat dari material ini pun juga tidak akan mudah hancur dan rusak.

Sudah ada banyak barang antik yang dengan sengaja dibuat dari material tembaga. Barang antik ini juga akan termasuk dalam jenis kerajinan yang bisa Anda beli di toko kerajinan profesional. Dengan adanya barang antik di rumah Anda, akan memberikan kesan yang lebih unik ke dalam rumah tersebut.

Selain itu, karena kerajinan ini memiliki karakter yang tidak mudah hancur seperti ini, juga akan membuatnya bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang secara sekaligus. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli kerajinan-kerajinan lain lagi di masa mendatang.

6.     Harga Terjangkau dan Ekonomis

Umumnya, harga dari sebuah kerajinan yang terbuat dari tembaga ini akan disesuaikan menurut desain dan ukurannya masing-masing. Jadi, setiap jenis kerajinan ini akan memiliki harga yang berbeda-beda. Namun yang pasti, harga kerajinan tembaga masih tergolong cukup terjangkau dan ekonomis.

Sebut saja brand ternama seperti Bleecopper yang selalu memberikan harga terbaik kepada para pelanggannya. Merek ini dijamin akan selalu memberikan kerajinan tembaga yang berkualitas terbaik dengan harga yang masih di batas normal.

Ketika Anda membeli produk kerajinan ini dari Bleecopper, Anda bisa memilih sendiri desain seperti apa yang Anda inginkan. Maka dari itu, bisa dibilang tidak hanya harganya saja yang terbaik, tapi pelayanan dari usaha ini juga tergolong sangat memuaskan hati para pelanggan.

Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga

Jam Dinding Mewah Murah Bahan Logam Kuningan

Jam Dinding Mewah Murah Bahan Logam Kuningan

Tak jarang dari beberapa orang yang ingin tahu tentang bagaimana proses pembuatan kerajinan tembaga yang berkualitas terbaik. Sebab, mereka ingin tahu bagaimana proses itu dilakukan hingga bisa membuahkan hasil kerajinan yang sangat memuaskan seperti itu.

Bagi setiap pengrajin, proses pembuatan kerajinan seperti ini harus dilakukan dengan sebaik dan serinci mungkin. Dengan begitu, hasil yang memuaskan akan lebih mudah untuk didapatkan. Untuk itu, jika Anda ingin tahu tentang proses pembuatannya tersebut, simak dengan baik penjelasan berikut ini:

1.     Proses Pembuatan Pola Mal

Langkah pertama yang akan dilakukan oleh para pengrajin dalam membuat kerajinan yang terbuat dari bahan tembaga seperti ini adalah dengan membuat pola mal. Pola mal ini nantinya akan disesuaikan dengan produk yang akan dibuatnya tersebut.

Di dalam pola mal ini, akan terbentuk segala jenis poin penting yang terkait dengan kerajinan tersebut. Sebut saja seperti rincian ukuran hingga gambaran hasil produk bisa menjadi poin penting yang tidak boleh dilewatkan.

2.     Proses Pemotongan Lempengan Tembaga dan Proses Pembakaran

Jika pola mal sudah berhasil dibuat, maka sekarang pengrajin akan melalui proses pemotongan lempengan tembaga dengan ukuran yang sudah ditetapkan oleh pengrajin itu sendiri. Ukuran ini juga sudah termasuk dalam pola mal sebelumnya.

Setelah melalui proses pemotongan lempengan tembaga tersebut, pengrajin mulai melakukan proses pembakaran. Tujuan utama dari terjadinya proses ini adalah untuk melenturkan material tembaga supaya lebih mudah dibentuk.

Sebab, tembaga termasuk salah satu jenis material yang sangat kokoh, sehingga jika tidak dilakukan proses ini, material tersebut akan sulit untuk dibentuk. Sementara itu, biasanya proses pembakaran ini akan dilakukan hingga 4 kali dan masing-masing di antaranya membutuhkan waktu 5 menit.

3.     Proses Pengelasan

Setelah melalui proses pembakaran hingga material tembaga bisa dengan mudah dibentuk, pengrajin akan melakukan proses pengelasan dengan cara yang tepat. Nantinya, bahan yang telah didinginkan tersebut akan disambungkan sesuai dengan ukuran serta desain yang diinginkan pemiliknya.

Maka dari itu, biasanya pihak pengrajin akan menanyakan tentang hal ini kepada para pelanggannya sejak awal pembelian. Dengan begitu, proses pengelasan bisa dilakukan tanpa adanya kendala yang terjadi di tengah-tengah proses pembuatan.

4.     Proses Pengukiran dan Pembuatan Pola

Disini lah proses awal pembentukan kerajinan dari tembaga dimulai. Di dalam tahapan ini, pola akan disesuaikan dengan jenis serta bentuk produk-produk tertentu. Sebagai contoh, kami akan menyebutkan nama-nama produk seperti vas bunga, mangkuk, baskom, hiasan dinding, hingga chafing dish.

Tahapan ini akan dilakukan di atas panggung dengan palu yang terbuat dari material baja. Nantinya, akan ada 2 teknik yang biasa digunakan, yaitu teknik buko atau melebar dan teknik ngimpes atau menyusut.

5.     Proses Peleburan Bahan

Setelah tahapan sebelumnya berhasil dilakukan oleh pengrajin yang profesional, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melalui proses peleburan bahan untuk memberikan pola tekstur yang sesuai keinginan.

Nantinya, akan tersedia beberapa jenis tekstur yang bisa dihasilkan, misal seperti sarang lebah, paku jatuh, tekstur liar, tekstur jeruk, dan lain sebagainya. Tekstur ini biasanya juga akan didiskusikan oleh pihak pengrajin kepada pihak pelanggan.

Jadi, tidak akan ada salah satu pihak yang merasa dirugikan atas pembuatan kerajinan ini. Pasalnya, semua sudah didiskusikan dengan matang sejak proses pembelian dan perjanjian pertama dilakukan.

6.     Proses Finishing

Seperti yang sudah sempat kami katakan di bagian keunggulan kerajinan tembaga sebelumnya, bahwa kerajinan jenis ini akan melalui proses finishing untuk memberikan kesan mengkilap di dalamnya. Tahapan ini, akan meliputi proses sandpapering dan polishing.

Kedua tahapan ini sering disebut sebagai tahapan yang krusial untuk menentukan kualitas dari produk itu sendiri. Selain itu, untuk melakukan proses ini para pengrajin juga akan membutuhkan kesabaran dan keahlian yang tinggi.

Nantinya, proses sandpapering dalam hal ini akan menggunakan ampelas kasar hingga ampelas halus, sedangkan untuk proses polishing akan menggunakan batu hijau serta bensin atau minyak tanah. Dengan begitu, warna dari kerajinan tersebut bisa menjadi terlihat lebih mengkilap.

7.     Proses Pengeringan dan Pelapisan

Meski proses ini merupakan langkah terakhir yang harus dilakukan oleh para pengrajin, tetapi perannya tidak kalah penting dengan proses-proses sebelumnya. Jika pengrajin melewatkan tahapan ini, maka mereka tidak akan bisa membuat kerajinan yang berkualitas terbaik.

Sementara itu, nantinya proses ini bisa disesuaikan juga dengan keinginan para pelanggan. Sebab, proses ini akan sangat berkaitan dengan pemilihan warna dari kerajinan tersebut.

Jadi, tidak mengherankan jika biasanya ada diskusi panjang antara pihak pengrajin dengan pelanggan mengenai hal ini.

Kerajinan tembaga bisa mempercantik ruangan di dalam rumah Anda. Sebab, jenis kerajinan ini tidak hanya memiliki desain yang cantik, tetapi juga akan memiliki perpaduan warna yang enak untuk dipandang.