Kubah Tembaga Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Kubah masjid, biasanya akan dibangun dengan material dan desain yang sebaik mungkin, sehingga kubah ini bisa memiliki kesan yang megah dan indah. Salah satu jenis material yang bisa digunakan adalah tembaga kuningan. Kubah tembaga nantinya akan memiliki tampilan yang indah serta mewah.

Untuk saat ini sendiri sudah ada banyak perusahaan jasa pembuatan kubah masjid yang terbuat dari tembaga kuningan, sehingga Anda hanya perlu mencari yang paling terbaik di antaranya. Dengan menggunakan jasa seperti ini, Anda bisa menentukan desain dan ukuran kubah masjid itu sendiri.

Berbagai Macam Jenis Kerajinan Kubah Tembaga Masjid Berkualitas Terbaik

Pengrajin Kubah Masjid Tembaga Berkualitas
Pengrajin Kubah Masjid Tembaga Berkualitas

Istilah kubah tembaga kuningan memang sudah menjadi hal yang umum didengar oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, istilah ini merujuk kepada sebuah kubah masjid yang dibuat dari material tembaga kuningan dengan kualitas yang paling terbaik.

Nantinya, di dalam kubah tembaga ini juga akan dibagi menjadi beberapa jenis tertentu, sehingga Anda perlu mengenalinya satu per satu. Setiap jenis kubah ini akan memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri, dan untuk informasi lebih lengkapnya ada di bawah ini:

1.     Oval

Pada dasarnya, jenis kubah masjid yang terbuat dari material tembaga kuningan seperti ini akan dibedakan menurut bentuknya masing-masing. Meski begitu, Anda tetap harus mengenalinya secara satu per satu.

Untuk jenis kubah masjid tembaga oval sendiri akan memiliki bentuk yang seperti telur dibelah secara horizontal, sehingga bentuknya ini bisa menjadi ciri khas tersendiri bagi kubah tersebut. Dengan bentuknya yang terlihat unik seperti ini, sering membuat banyak orang kagum begitu melihatnya,

Sementara itu, hasil akhir dari jenis kubah ini biasanya akan terlihat sedikit lonjong, sehingga mungkin Anda sudah sering melihat jenis kubah ini di beberapa wilayah Indonesia. Jika Anda masih merasa asing dengan bentuknya, Anda bisa melihat contohnya yang ada di bangunan kuno Barok Rococo.

2.     Bawang

Ya, jika dilihat dari kejauhan kubah masjid dengan jenis ini akan memiliki bentuk yang terlihat seperti sebuah bawang. Bentuknya adalah bulat yang melebar, dengan dasarnya yang kecil meski bagian ujungnya meruncing.

Jenis kubah bawang seperti ini, sering ditemui di bangunan-bangunan yang bergaya eastern. Jadi, mungkin Anda pernah melihatnya di beberapa film luar negeri yang berlatar belakangkan di sebuah masjid tertentu.

Namun, meski cukup sering muncul di film-film luar negeri, pada dasarnya jenis kubah tembaga satu ini juga sudah ada banyak di tanah Indonesia. Bahkan, ada beberapa di antaranya juga yang dijadikan sebagai objek wisata religi yang patut dikunjungi oleh semua orang.

3.     Bertingkat

Untuk Anda yang ingin menciptakan kesan mewah pada kubah masjid yang hendak Anda bangun, Anda bisa menjadikan jenis kubah yang satu ini sebagai inspirasi yang tepat. Sesuai dengan namanya, kubah jenis ini akan dibangun dengan level tingkatan-tingkatan tertentu.

Jadi, kubah jenis ini akan memiliki 2 kubah yang disusun menjadi satu, sehingga jenis kubah ini akan memberikan kesan yang ditumpuk dan unik. Nantinya, pada bagian atas jenis kubah ini akan memiliki ujung yang runcing, sehingga hal ini semakin memberikan kesan yang unik ke dalam masjid tersebut.

Anda mungkin pernah menemukan kubah yang bertingkat seperti ini di beberapa wilayah Indonesia. Sebab, memang sudah ada banyak masjid di Indonesia yang menggunakan jenis kubah bertingkat.

4.     Layar

Tidak terlihat seperti kubah-kubah masjid yang biasanya memiliki bentuk lingkaran atau bentuk-bentuk sejenis ini lainnya, untuk kubah masjid layar akan memiliki bentuk yang cukup unik. Maka dari itu, jenis kubah yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk seseorang yang menyukai kesan unik.

Pada dasarnya, sudut-sudut kubah yang ada pada kubah layar akan mendukung seluruh struktur yang ada. Kemudian, untuk bagian sisi-sisinya akan berbentuk sedikit melengkung, sehingga inilah yang akan menambah keunikan yang ada pada bangunan masjid tersebut.

5.     Cawan

Tidak banyak orang yang tahu bahwa para pengrajin kubah tembaga juga ternyata bisa membuat kubah cawan yang indah dan menawan. Umumnya, kubah dengan jenis ini akan memiliki fondasi yang melingkar serta cekungannya tergolong cukup rendah.

Nantinya, cekungan yang tergolong cukup rendah ini akan memberikan kesan kubah terlihat seperti sebuah cawan. Oleh karena itu, kubah masjid dengan jenis ini sering disebut sebagai kubah cawan.

Jadi, proses pembuatan kubah jenis ini bukanlah perkara yang mudah, sehingga hanya orang-orang yang sudah menjadi ahlinya saja yang bisa melakukannya. Maka dari itu, jika Anda tertarik membangun kubah dengan bentuk yang seperti ini, Anda perlu menggunakan jasa pengrajin yang Handal.

Spesifikasi Kubah Tembaga Kualitas Terbaik

Kubah Tembaga Mewah Berkualitas
Kubah Tembaga Mewah Berkualitas

Untuk membangun sebuah kubah masjid yang berkualitas terbaik, seorang pengrajin pasti akan merencanakan spesifikasinya terlebih dahulu secara matang-matang. Dengan begitu, harapan untuk hasil kubah tersebut bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, akan lebih mudah terwujud.

Sebagai pelanggan yang pintar, Anda perlu tahu dan mengenali spesifikasi kubah masjid yang seperti apa yang bisa diklaim sebagai kubah masjid berkualitas terbaik. Maka dari itu, penting untuk Anda simak dengan baik penjelasan singkat yang ada di bawah ini:

1.     Lapisan Penutup Paling Atas

Ketika Anda menggunakan jasa pengrajin atau kontraktor kubah masjid yang profesional seperti ini, biasanya mereka akan menjelaskan kepada Anda tentang spesifikasi kualitas kubah yang hendak dibangunnya, sejak pertama mereka membuat perjanjian dengan Anda yang berperan sebagai klien.

Dalam tahapan ini, biasanya pihak pengrajin atau kontraktor akan memberikan informasi tentang material apa yang akan digunakan dalam pembuatan lapisan penutup kubah paling atas.

Biasanya, kubah jenis ini akan menggunakan material tembaga kuningan yang berkualitas terbaik, untuk bagian lapisan penutup paling atas kubah tersebut. Sehingga, hal ini bisa memberikan dampak yang baik untuk bangunan masjid itu sendiri.

2.     Warna dan Penggunaan Cat

Umumnya, pihak pengrajin atau kontraktor yang bertanggung jawab akan berdiskusi dengan pihak klien tentang masalah warna yang akan digunakan dalam bangunan tersebut. Jadi, keputusan pemilihan warna biasanya akan ditentukan oleh pihak pelanggan atau klien itu sendiri.

Melihat beberapa pengalaman yang sudah terjadi sebelumnya, biasanya pihak pengrajin atau kontraktor akan memberi saran kepada pihak klien, untuk menggunakan warna yang sesuai dengan desain interior maupun eksterior dari bangunan masjid yang hendak atau sudah dibangun tersebut.

Jika pemilihan warna sudah dilakukan, maka pihak pengrajin atau kontraktor akan mulai mencari produk cat yang paling berkualitas terbaik. Hal ini perlu dilakukan supaya kualitas kubah akan tetap terjaga meski musim telah berganti dari musim panas ke musim hujan.

3.     Pembuatan Menara dan Kerangka Dudukan

Kubah Masjid Kuningan 2
Kubah Masjid Kuningan 2

Menara dari kubah masjid biasanya akan menggunakan material tembaga dan kuningan yang paling terbaik. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kualitas dari bangunan masjid itu sendiri. Sebab, dengan memiliki kualitas menara kubah yang baik, maka bangunan masjid tersebut akan terlihat lebih kokoh.

Sementara itu, untuk membuat kerangka dudukan kubah masjid sendiri akan menggunakan bahan kuningan yang paling kuat. Sebab, bisa dibilang kerangka dudukan kubah masjid ini akan berfungsi sebagai fondasi dari kubah tersebut.

Maka dari itu, bisa dipastikan bahwa pemilih material yang paling terbaik harus dilakukan oleh setiap pengrajin dan pelanggan, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas bangunan tersebut.

Ingin Membuat Interior Masjid Semakin Mewah Dan Menawan? Berikut Piihan Lampu Masjid Untuk Di Pertimbangkan!

4.     Penggunaan Material untuk Plat Kuningan Kubah Masjid

Biasanya, para pengrajin kubah tembaga yang profesional akan menggunakan material dan lapisan yang tahan air, untuk plat kuningan yang ada pada kubah masjid tersebut. Sebab, bagian kubah ini akan berhubungan langsung dengan air hujan, sehingga dikhawatirkan dapat merusak kualitasnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, ada baiknya jika para pengrajin sudah memikirkannya sejak awal. Dengan begitu, kualitas bangunan masjid yang sudah dibangun dengan kerja keras tersebut bisa selalu terjaga bahkan hingga jangka waktu yang panjang sekalipun.

5.     Penggunaan Plafon Kubah Masjid

Material yang digunakan dalam plafon kubah masjid yang terbuat dari tembaga kuningan juga sangat penting untuk diperhatikan. Selain material, desain dari plafon tersebut juga harus direncanakan secara terperinci.

Sebagai saran yang sering diberikan oleh para pengrajin profesional, biasanya mereka akan menyarankan untuk menggunakan plafon yang modern. Dengan begitu, plafon ini bisa menyeimbangkan desain dari bangunan masjid tersebut.

Jadi, setiap bagian yang ada di bangunan masjid ini akan didukung dengan material dan desain yang berkualitas terbaik. Dengan begitu, tampilan dan kualitasnya bisa memenuhi kebutuhan dari para pemiliknya. Tentunya, pembangunan ini harus disesuaikan dengan fungsi dari bangunan itu sendiri.

Kelebihan Kubah Tembaga Masjid

Ahli Kubah Masjid Tembaga Kuningan
Ahli Kubah Masjid Tembaga Kuningan

Tidak semua kubah masjid akan terbuat dari material tembaga, tapi ada juga yang terbuat dari beberapa material lainnya. Namun, ada lebih banyak orang yang memilih menggunakan material tembaga karena jenis material ini akan memiliki beragam kelebihan dibanding jenis material lainnya.

Untuk membantu Anda dalam mengenali apa saja kelebihan yang dimiliki material tembaga yang digunakan untuk bahan dasar kubah masjid, berikut kami sampaikan beberapa kelebihan yang dimaksud tersebut:

1.     Tahan terhadap Jenis Cuaca Apapun

Biasanya, seorang pengrajin dan kontraktor yang profesional pasti akan lebih memilih jenis material yang tahan dengan jenis cuaca apa pun itu. Jadi, meskipun musim telah berganti, kualitas dari material atau bangunan tersebut tidak akan berkurang.

Nah, material tembaga memiliki kriteria yang seperti ini. Salah satu keunggulan yang dimiliki kubah tembaga adalah ketahanannya dalam menghadapi segala jenis cuaca. Baik itu panas hingga dingin, kedua cuaca ini tidak akan berpengaruh terhadap kualitas dari material tersebut.

Dengan begitu, bagi para pemilik bangunan yang dilengkapi dengan material tembaga seperti ini tidak perlu khawatir akan tidak bisa bertahan lama, karena ketahanannya sudah bisa dibuktikan dengan tepat.

2.     Anti Karat

Tidak seperti material besi yang memiliki risiko sangat besar dalam mengalami kerusakan berkarat, untuk material tembaga tidak memiliki karakter yang seperti itu, sehingga karakternya yang anti karat ini bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi material tembaga itu sendiri.

Hal ini kembali lagi dengan karakternya yang tahan menghadapi segala jenis cuaca yang ada, sehingga meskipun material tembaga terkena air hujan, material tersebut tidak akan berubah menjadi berkarat. Maka dari itu, tidak mengherankan jika tembaga sering digunakan dalam pembangunan kubah masjid.

Kendati demikian, sebagai pemilik kubah masjid yang terbuat dari material tembaga seperti ini, juga diperlukan untuk membersihkan kubah bagian sampingnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kilauan yang ada pada bagian tersebut.

Selain itu, perawatan juga akan berguna untuk memberikan kesan yang bersih terhadap bangunan masjid tersebut. Dengan begitu, fungsi dari bangunan tersebut bisa tersampaikan dengan baik dan benar.

3.     Anti Lumut

Tidak hanya memiliki karakter anti karat saja, tapi material tembaga yang sering digunakan dalam pembangunan kubah masjid ini juga umumnya memiliki karakter anti lumut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kualitas kubah masjid milik Anda akan mudah berubah atau berkurang.

Umumnya, ketika hujan mengguyur bumi akan ada genangan air yang masuk ke bagian samping kubah, sehingga momen ini sering membuat bagian samping kubah tersebut menjadi lumutan. Namun, ketika Anda menggunakan material tembaga dalam hal ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Mengapa begitu? Karena material tembaga sudah pada dasarnya anti lumut, sehingga karakternya ini bisa menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda atau pemilik bangunan masjid lainnya.

4.     Tahan Lama

Pada dasarnya, karakternya yang satu ini akan sangat berkaitan dengan beberapa karakter yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Dikarenakan material tembaga memiliki karakter yang tahan terhadap segala jenis cuaca apa pun, anti karat, dan anti lumut, jadi hal ini membuatnya lebih tahan lama.

Jika dibandingkan dengan jenis material lainnya, material tembaga akan terlihat lebih unggul di atas segalanya. Maka dari itu, tidak mengherankan jika jenis material ini sering digunakan sebagai bahan dasar kubah tembaga masjid di Indonesia.

Ketika Anda membangun masjid dan memilih material tembaga kuningan sebagai bahan dasar pembangunan kubahnya, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih beragam. Bahkan, untuk merawat kubah masjid yang terbuat dari tembaga pun masih tergolong cukup mudah.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas dari kubah itu sendiri, meski sudah ada sejak jangka waktu yang cukup lama. Sampai kapan pun masjid itu sudah berdiri, kubahnya akan tetap terlihat berkualitas jika Anda merawatnya dengan benar.

5.     Didukung dengan Harga yang Ekonomis

Saat ini, sudah ada banyak produk kubah tembaga yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Salah satu pilihan kubah tembaga yang bisa menjadi jawaban terbaik untuk Anda adalah Bleecopper.

Brand ini sudah memiliki reputasi yang sangat baik di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya yang beragama Islam. Sudah ada banyak orang yang memercayakan brand pengrajin tembaga ini untuk membangun kubah masjid miliknya.

Salah satu alasan mengapa popularitas brand ini selalu mengalami peningkatan dalam setiap waktunya adalah, karena Bleecopper selalu menawarkan produk kerajinan tembaga dengan kualitas yang terbaik meski dibanderol harga yang ekonomis.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika brand ini berhasil memikat hati banyak orang yang sedang mencari perusahaan pengrajin paling terbaik di Indonesia. Sekarang, hanya tersisa tugas Anda untuk memilih dan menilai apakah brand ini memang bisa memenuhi kebutuhan Anda dengan baik atau tidak.

Tidak hanya mampu memberikan kesan yang mewah, megah, dan indah saja, tapi kubah tembaga juga akan memberikan kesan yang kokoh dan bersih. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan material tembaga untuk membangun kubah masjid milik Anda.

Scroll to Top