Banyak orang masih menyepelekan pilihan lampu interior rumahnya, namun pada dasarnya hal ini berdampak besar untuk tampilan serta daya tarik dari sebuah ruangan. Perlu Anda tahu bahwa pilihan lampu yang tepat adalah kunci untuk menciptakan rasa nyaman dan memaksimalkan desain dari sebuah ruangan! Maka, jangan sembarangan memilih lampu untuk ruangan Anda.

Dalam pemilihan ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan seperti desain, warna, bentuk, ukuran, dan juga jenis lampu interior rumah. Dengan pemilihan yang tepat berdasarkan faktor-faktor yang ada maka Anda akan menciptakan tampilan ruang yang lebih elegan seperti:

  • Menciptakan desain interior ruang terlihat lebih jelas dan nyata
  • Menciptakan nuansa ruang yang lebih nyaman untuk di tinggali
  • Serta membuat identitas dalam setiap ruangan yang ada di dalam rumah Anda!

Dengan pilihan lampu interior rumah yang tepat Anda benar-benar bisa menyulap ruangan menjadi tempat yang sepenuhnya nyaman dan menyenangkan untuk di tinggali bukan? Sebelum mulai dengan pilihan lampu interior, ada baiknya kita tau tentang jenis-jenis pencahayaan yang sering di gunakan dalam setiap ruangan!

Jenis-jenis pencahayaan

Trik Memilih Lampu Interior Rumah Untuk Hasil Maksimal

Trik Memilih Lampu Interior Rumah Untuk Hasil Maksimal

Sebelum beranjak pada pilihan lampu untuk interior rumah, ada baiknya kita tau jenis-jenis pencahayaan terlebih dahulu. Dengan mengetahui jenis-jenis pencahayaan, maka Anda akan lebih mudah memilih lampu-lampu yang tepat untuk ruangan Anda!

1. Pencahayaan Umum

Jenis pencahayaan yang pertama adalah pencahayaan umum atau sering di sering di sebut sebagai general lighting (sumber cahaya utama di dalam sebuah ruangan). Fungsi dari pencahayaan umum adalah untuk menerangi setiap sudut ruangan secara menyeluruh untuk mendapatkan tampilan ruang yang terlihat lebih jelas!

2. Pencahayaan Tipe Tugas

Yang kedua adalah pencahayaan jenis tugas, seperti namanya tipe ini merupakan pilihan pencahayaan yang di gunakan untuk area yang sering kali di gunakan untuk sebuah aktivitas tertentu seperti memasak dan juga membaca. Tujuan dari pencahayaan ini adalah agar setiap aktivitas yang Anda lakukan dapat di kerjakan dengan baik dan kesehatan mata tetap terjaga.

3. Pencahayaan Aksen

Jenis pencahayaan yang terakhir adalah pencahayaan jenis aksen, konsep dari tipe aksen itu sendiri adalah di gunakan untuk menyorot area tertentu atau benda-benda dekoratif pada sebuah ruangan.

Ketahui Jenis-Jenis Lampu Gantung Kekinian Dan Bagaimana Cara Memilihnya!

Pilihan Lampu Interior Rumah

Seiring perkembangan lampu interior dan exterior berkembang sangat pesat, hadir dengan berbagai pilihan desain yang beragam, pencahayaan yang semakin mewah, dan memiliki berbagai warna-warna yang menawan. Untuk mempermudah pilihan Anda, berikut ini beberapa jenis lampu interior rumah yang wajib di ketahui:

Lampu Pijar (lampu bohlam)

Lampu pijar merupakan pilihan lampu yang sangat familiar dan sangat terkenal karena sudah ada pada zaman dahulu dan masih eksis untuk menghias ruangan hingga saat ini. Lampu ini terkenal dengan tampilan kuning terangnya yang menciptakan nuansa hangat.

Desain dari lampu pijar kini juga beragam dan semakin elegan, salah satu pilihan yang wajib di jadikan pertimbangan adalah lampu pijar dengan kombinasi kuningan dari kami! Pilihan lampu ini sangat cocok dengan desain rumah kekinian karena memiliki tampilan yang bersinar di setiap bagian badan lampunya, selain itu kami memiliki berbagai jenis model yang bisa di sesuaikan dengan hunian Anda!

Fluorescent

Lampu Fluorescent

Lampu Fluorescent

Florescent atau lebih di kenal sebagai lampu neon, hadir dengan berbagai pilihan bentuk seperti spiral, tornado, lurus memanjang, dan memanjang vertikal dengan fitting yang menyerupai lampu pijar. Lampu neon sangat cocok di gunakan untuk menghias rumah karena memiliki daya yang lebih awet dan dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya.

Kelebihan dari lampu ini antara lain adalah:

  • Daya tahannya yang lama
  • Hadir dalam berbagai pilihan warna seperti: Putih, kuning, dan berbagai warna lainnya
  • Menjadi pilihan yang ramah lingkungan

Lampu LED

Lampu LED 16 Bohlam Kuningan

Lampu LED 16 Bohlam Kuningan

Lampu ini tidak datang dengan pijar pencahayaan, karena lampu ini hadir dengan sirkuit semikonduktor yang memberikan pencahayaan ketika ada aliran listrik di dalamnya. Lampu ini hadir dengan pancaran pencahayaan dari aliran listrik yang ada yang membuatnya tidak memiliki panas berlebih ketika di gunakan.

Kelebihan utama dari lampu ini adalah

  • Hadir dalam berbagai warna
  • Hemat energi dan dapat hidup hingga 20 tahun lamanya

Halogen

Pada dasarnya, lampu ini kurang cocok di gunakan untuk area interior rumah karena sering di gunakan untuk menciptakan spotlight pada area artistik di luar ruangan. Penggunaannya sering kali digunakan untuk menyinari:

  • Area tanaman
  • Patung
  • Kolam
  • Dan berbagai item artistik lainnya

Trik Memilih Lampu Interior Rumah

Pilihan lampu interior ruang tamu

Ruang keluarga dan ruang tamu merupakan ruangan multifungsi yang memiliki beragam aktivitas di dalamnya, banyak orang bisa berkumpul di sana dan menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan seperti menonton tv, membaca, atau hanya sekedar bersantai bersama dengan keluarga.

Dengan banyaknya aktivitas yang terjadi di sana, ada baiknya kita menciptakan suasana yang meningkatkan rasa nyaman dan menjaga mood dari pengguna ruangnya. Ide pencahayaan ruang tamu yang bisa di praktikan antara lain:

Mix dan Match Pencahayaan

Cobalah sebisa mungkin menerangi setiap area yang ada, mulai dengan mengombinasikan lampu gantung dengan lampu dinding! Dan ketika kombinasi dari lampu gantung dan pencahayaan lampu dinding di rasa kurang optimal maka penambahan beberapa sumber cahaya perlu Anda lakukan! Tambahan lampu meja, lantai, serta stand lamp adalah pilihan bijak menghadirkan suasana yang menyenangkan dalam ruang tamu.

Ruang Minimalis

Untuk Anda yang memiliki ruang berukuran minimalis, maka cobalah untuk menghadirkan general lighting yang bisa menjangkau setiap sudut ruangan. Ingatlah ide utama dari penggunaan general lighting adalah untuk menerangi setiap sisi ruang!

Dan ketika Anda memiliki ruang minimalis, maka sebuah general light dengan 3-4 bohlam sudah cukup untuk menerangi setiap inci ruangan.

Untuk ruang berukuran besar

Jika Anda memiliki ruang yang lebih besar dengan plafon yang menjulang tinggi, maka penggunaan lampu berukuran besar bisa menjadi opsi cerdas untuk di terapkan. Lampu dengan sulur yang lebih banyak dan terang bisa memaksimalkan tampilan dari ruangan Anda!

Lampu Robyong Kuningan 1

Lampu Robyong Kuningan

Jika Anda memiliki konsep tradisional, maka coba pertimbangkan penggunaan lampu robyong di atas! Selain memiliki desain yang klasik lampu robyong tembaga ini juga sangat cocok untuk di jadikan general lighting untuk ruang dengan plafon yang menjulang tinggi.

Terapkan layering

Sebuah general lighting saja mungkin tidak akan bekerja secara optimal untuk menerangi ruangan Anda! Dengan demikian, cobalah untuk menggunakan layering untuk ruang tamu. Penerapan layering akan menciptakan suasana yang lebih nyaman dan mengundang serta akan meningkatkan tampilan dari ruangan Anda.

Lampu Interior Ruang Makan

Ruang makan merupakan ruang yang harus bisa memikat setiap orang yang ada di dalamnya, hal ini bertujuan agar setiap orang merasa terundang dan lebih bersemangat untuk menghabiskan makanan yang ada. Selain harus menarik, ruang makan juga harus di desain sedemikian rupa agar pengguna merasa nyaman di sana. Ini karena ruang makan menjadi ruang yang paling sering di gunakan setelah ruang tamu. Tips yang bisa di praktikan untuk ruangan ini antara lain:

General Lighting di Tengah Meja Makan

Yang pertama adalah dengan menerangi setiap sisi pada meja makan! Pastikan setiap inci pada meja makan Anda di sorot dengan baik oleh lampu gantung yang akan Anda gunakan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gantungkan lampu Anda setidaknya 60cm dari permukaan meja.

Pencahayaan

Agar suasana di ruang makan tetap terjaga, pastikan Anda memilih pencahayaan yang tidak terlalu terang dan menghadirkan nuansa hangat. Lampu LED berwarna kuning menjadi pilihan tepat agar suasana di ruang makan Anda tetap nyaman dan meningkatkan nafsu makan pengguna ruangnya.

Penggantungan

Lampu gantung di area ruang makan memang menjadi ide yang tepat untuk di praktikan, namun ketika Anda memiliki ruang makan yang tidak bisa digantungi lampu maka opsi lain yang bisa di lakukan adalah dengan menggunakan lampu lantai dengan sulur bengkok.

Lampu lantai dengan sulur bengkok akan menciptakan kesan ruang yang lebih stylish dan elegan!

Area Dapur

Dapur merupakan area yang memiliki tingkat aktivitas padat dan mengharuskan Anda untuk menerangi area-area tugas agar setiap aktivitas yang ada di sana berjalan dengan lebih baik. Tips penerapan lampu interior di dapur yang bisa di lakukan antara lain:

General Light

Pastikan Anda memilih general lighting dengan pencahayaan yang baik dan dapat menjangkau setiap sudut ruangan. Pemasangan beberapa down light pada area kitchen set bisa menjadi ide bijak agar aktivitas yang ada dapat berjalan dengan baik dan lancar!

Tambahan Lampu

Jika Anda memiliki dapur dengan area duduk, makan tambahan lampu meja dan stand lamp akan membuat ruangan semakin nyaman dan juga menyenangkan!

Kamar Tidur

Ini merupakan ruang pribadi yang di miliki setiap orang, ruangan yang akan menjadi ruang pertama dan ruang terakhir dalam menjalani hari. Jadi, pencahayaan interior yang ada haruslah pencahayaan yang memberi rasa nyaman serta rileks pada tubuh pengguna ruang.

Pencahayaan

Pilihlah lampu dengan pancaran sinar yang ringan akan memberikan suasana yang menenangkan dan menunjang untuk beristirahat. Penggunaan lampu gantung dengan 3-4 bohlam dengan pencahayaan yang berkesan hangat sudah sangat cukup untuk menjaga kulitas tidur dari pengguna ruang!

Tambahan Lampu

Jika ada beberapa kegiatan yang sering Anda lakukan di dalam kamar tidur, entah itu membaca atau mengerjakan tugas maka ada baiknya untuk mempertimbangkan tambahan beberapa lampu tugas pada area yang sering Anda gunakan untuk mengerjakan tugas!

Area Kamar mandi

Ini merupakan ruang yang penuh privasi serta membutuhkan pencahayaan yang dapat menghadirkan rasa relax dari si pengguna ruang.

Pencahayaan

Ide lampu interior rumah untuk kamar mandi yang pertama adalah dengan memilih lampu yang menghadirkan pancaran cahaya putih ringan. Hal ini di karena kan pencahayaan kamar mandi yang terlalu terang bisa membuat ruangan menjadi terasa panas dan tidak menyenangkan.

Desain

Kamar mandi adalah area paling lembab dan memiliki air di setiap sisinya, jadi menggunakan desain yang sederhana pada lampu kamar mandi merupakan keputusan yang bijak untuk di lakukan! Selain desain yang sederhana, pastikan juga untuk menghindari lampu berbahan kayu, kain, dan juga kulit karena memiliki potensi berjamur!

Dengan penerapan lampu interior rumah yang tepat, maka kita akan mendapatkan suasana nyaman serta menenangkan di dalam rumah! Jadi pastikan Anda menghadirkan lampu-lampu yang tepat di setiap ruang agar rasa nyaman serta tampilan ruang tetap terjaga.

Jika Anda ingin mendapatkan lampu berbahan logam kuningan atau tembaga, maka Anda bisa langsung memesnya di sini! Bleecopper akan memberikan lampu terbaik untuk melengkapi kebutuhan interior Anda.