Tis Pencahayaan Kamar Tidur 100 Bikin Nyaman

Tis Pencahayaan Kamar Tidur 100% Bikin Nyaman!

Pencahayaan kamar tidur yang tepat merupakan salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan daya tarik dari dekorasi kamar tidur yang Ada. Begitu juga saat Anda salah memasukkan pencahayaan, maka tampilan ruang akan semakin memburuk!

Dalam pemilihannya, pencahayaan kamar tidur harus di pilih dan di atur sedemikian rupa (berdasarkan ukuran, desain, serta kebutuhan pengguna ruang). Itulah mengapa dalam menghadirkan fitur pencahayaan kamar tidur satu orang dan lainnya bisa berbeda-beda!

Seperti halnya di kamar tidur berukuran kecil, penggunaan lampu gantung lebih baik dari pada lampu meja dan juga lampu lantai. Penggunaan lampu gantung akan memberi lebih banyak ruang bebas di permukaan untuk berbagai item lain yang Anda miliki.

Ide dalam penerangan kamar tidur berskala kecil adalah dengan meminimalisir penggunaan area permukaan dan mengoptimalkan pencahayaan di area langit-langit dan juga area vertikal! Sedangkan dalam kamar tidur yang lebih besar, Anda membutuhkan lebih banyak suntikan pencahayaan!

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan serta mempermudah berbagai kegiatan yang Anda lakukan di sana. Agar Anda bisa memilih lampu kamar tidur dengan tepat, ada baiknya Anda mengetahui jenis pencahayaan dan fitur pencahayaan kamar tidur berikut ini!

Jenis Pencahayaan!

Jenis Pencahayaan Kamar Tidur
Jenis Pencahayaan Kamar Tidur

Untuk menciptakan suasana ruang yang menyenangkan dan lebih menawan, Anda harus memiliki keseimbangan dari ke tiga jenis pencahayaan yang ada (ambient, task, dan juga accent). Ketika jenis pencahayaan itu antara lain adalah:

Ambient

Pencahayaan jenis ini merupakan tipe pencahayaan yang hadir dengan tujuan untuk menentukan suasana dari sebuah ruangan secara keseluruhan. Pencahayaan ini sering kali berupa sebuah lampu gantung, atau sebuah liontin berukuran besar dan memiliki pasokan pencahayaan paling banyak untuk sebuah ruangan!

Pencahayaan Tipe Tugas

Tipe pencahayaan yang harus Anda miliki selanjutnya adalah pencahayaan dengan tipe tugas! Pencahayaan ini memiliki fungsi utama untuk mempermudah sebuah kegiatan tertentu di dalam ruangan Anda. Jika itu di dapur maka ini adalah pencahayaan yang di tempatkan pada area memotong, mencuci, dan juga persiapan.

Sedangkan jika di dalam kamar tidur, maka pencahayaan tugas memiliki fungsi sebagai pencahayaan di area rias dan juga area baca Anda.

Pencahayaan Tipe Aksen

Tipe pencahayaan terakhir merupakan pencahayaan yang bertujuan untuk memperjelas sebuah objek tertentu (biasanya item dekoratif). Pencahayaan jenis ini sering kali di pasang untuk meningkatkan daya tarik dari sebuah fitur seperti hiasan dinding, atau item yang di gunakan sebagai focal point di dalam ruangan.

Pilihan Fitur Pencahayaan Kamar Tidur

Setelah Anda mengetahui 3 jenis pencahayaan yang harus di miliki, kini saatnya Anda memilih fitur yang tepat untuk melengkapi kamar tidur Anda! Berikut ini beberapa pilihan yang bisa di pertimbangkan.

Lampu Dinding

Lampu Dinding Kamar Tidur
Lampu Dinding Kamar Tidur

Pilihan ini merupakan sebuah pilihan yang sangat cocok untuk mereka yang memiliki kamar tidur berukuran kecil. Lampu dinding yang di posisikan di samping ranjang akan memberi pencahayaan yang nyaman untuk mengganti side lamp Anda.

Dengan menggunakannya, Anda akan mendapatkan area baca yang sepenuhnya nyaman tanpa harus meninggalkan ranjang!

Lampu Gantung

Untuk mendapatkan suasana ruang yang lebih nyaman dan menawan, Anda bisa memasukkan sebuah lampu gantung dekoratif. Ini adalah pilihan lampu jenis aksen yang bertujuan menerangi seluruh ruang serta menjadi item untuk menarik lebih banyak perhatian.

Lampu Meja

Lampu Meja Kuningan
Lampu Meja Kuningan

Untuk Anda yang hadir dengan side table, maka lampu meja menjadi pilihan yang patut untuk di pertimbangkan! Lampu meja dengan kap menjadi tambahan yang menarik untuk meningkatkan daya tarik di dalam kamar tidur.

Dalam hal ini Anda bisa berkreasi dengan kap lampu yang ada, kap lampu hadir dengan berbagai warna, desain serta pola yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya ruang yang ada!

Tips Pemilihan Fitur Pencahayaan Kamar Tidur

Jika Anda sudah memutuskan tentang pilihan fitur pencahayaan kamar tidur, maka jangan buru-buru membelinya! Sebab ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika memilih fitur-fitur yang ada.

Ukuran

Ukuran Fitur Pencahayaan
Ukuran Fitur Pencahayaan

Sebelum membawa pulang fitur pencahayaan, pastikan Anda mengetahui ukuran kamar tidur! Hal ini bertujuan untuk mempermudah pilihan lampu yang ada dan mendapatkan pencahayaan paling optimal di dalam ruangan. Pastikan lampu yang ada cukup untuk menerangi seluruh ruang agar Anda mendapatkan suasana yang sesuai dengan harapan.

Menambahkan dimmer (peredup) adalah keputusan yang bijak agar Anda bisa mengatur suasana ruang sesuai dengan ke inginkan Anda!

Ketinggian

Sama dengan ukuran ruang, ketinggian ruang juga merupakan faktor penentu dari pilihan fitur Anda nantinya. Semakin tinggi plafon yang ada, Anda harus memastikan lampu di gantung lebih rendah (setidaknya cukup untuk menjangkau sudut ruang).

Pastikan Cukup Terang!

Pencahayaan Kamar Tidur
Pencahayaan Kamar Tidur

Memang benar bahwa kamar tidur adalah ruang yang di fungsikan sebagai tempat beristirahat setelah hari yang panjang. Namun, Anda tidak menggunakan ruang sebagai tempat beristirahat saja! Belajar, berias, berpakaian, dan kegiatan lain juga berlaku di sana.

Baca Juga: Trik Cerdas Mendekorasi Kamar Tidur Kecil Agar Terlihat Lebih Besar!

Jadi dalam menghadirkan pencahayaan kamar tidur, jangan pernah pelit! Memastikan ruang cukup terang untuk berbagai kegiatan juga menjadi hal yang harus benar-benar Anda perhatikan.

Penempatan

Ketika mulai menentukan lokasi pemasangan fitur pencahayaan, Anda harus menghindari pemasangan di atas ranjang! Hal ini berakibat buruk pada pola tidur Anda nantinya, fitur yang ada di atas ranjang akan membuat Anda terus menatapnya saat berbaring dan membuat tidur malam Anda terganggu!

Ide pencahayaan kamar tidur benar-benar optimal untuk meningkatkan suasana di dalam kamar tidur. Menerapkan ide di atas akan membuat ruang Anda semakin menawan dan terasa lebih nyaman tentunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *