Pusat Kerajinan Tembaga Tumang Dengan Kualitas Tinggi

Pusat Kerajinan tembaga tumang yang mendunia dengan berbagai produk kerajinan tembaga dan kuningannya yang di kenal sebagai kerajinan dengan unsur seni yang mewah dan memikat hati! Ya, kerajinan tembaga dan kuningan merupakan sebuah seni kerajinan tangan yang sudah ada di Indonesia dari zaman dahulu. Dan Indonesia atau lebih tepatnya Tumang menjadi daerah yang menghasilkan kerajinan tembaga dan kuningan terbesar.

Di desa Tumang, mayoritas penduduknya adalah pengrajin tembaga yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi untuk menciptakan berbagai produk berkualitas tinggi yang penuh dengan nilai seni. Ketika berbicara tentang kerajinan tembaga dan kuningan, maka kita akan mulai dari sejarah kerajinan itu sendiri hingga bagaimana kerajinan ini bertahan dan bahkan berkembang pada era ini!

Dalam artikel ini, kami akan berbagi informasi penting tentang kerajinan tembaga dan kuningan yang ada di desa Tumang dan kami (Bleecopper) sebagai salah satu pengrajin berpengalaman yang sudah menghadirkan ribuan produk yang kini di pasarkan di seluruh Indonesia bahkan hingga manca negara!

Sejarah Kerajinan Tembaga Tumang

Sejarah Kerajinan Tembaga Tumang
Sejarah Kerajinan Tembaga Tumang

Kerajinan tembaga tumang merupakan sebuah kerajinan yang di wariskan secara turun temurun dari Indonesia, kerajinan ini di mulai dari zaman prasejarah dan terus berkembang hingga saat ini. Dari hasil observasi arkeologis, kerajinan tembaga di temukan dan mulai di produksi dari wilayah timur tengah sejak kurang lebih 8.000 SM.

Kemudian, kerajinan tembaga terus berkembang dan menyebar ke seluruh dunia (Asia, Afrika, dan juga Amerika). Dan di Indonesia, kerajinan tembaga sudah ada pada zaman kerajaan Hindu-Buddha dan kini menjadi warisan budaya yang terus berkembang di desa kami tercinta yaitu desa Tumang, Cepogo, Boyolali.

Dengan perkembangan teknologi yang ada, teknik pembuatan kerajinan tembaga itu sendiri mengalami perubahan dan semakin meningkat pesat. Pada awalnya, kerajinan tembaga dan kuningan di produksi dengan menggunakan metode pukul manual menggunakan palu. Dan, akhirnya muncul berbagai alat modern yang di gunakan untuk membantu pengrajin untuk memproduksi produk-produk yang ada (palu mekanis hingga berbagai mesin-mesin modern lainnya).

Walaupun banyak perubahan dalam proses pembuatannya, produk kerajinan tembaga tumang tidak meninggalkan unsur seni dan kebudayaan yang ada di dalamnya. Inilah mengapa produk tembaga dan kuningan kami hadir dengan nilai artistik tinggi dan sering kali menjadi item dekoratif yang di gunakan pada Masjid, hunian pribadi, kantor, hingga museum.

Kerajinan tembaga dan kuningan memiliki sejarah yang sangat panjang dan mengalami berbagai perubahan dalam cara pembuatannya. Namun, tidak pernah meninggalkan unsur seni dan sejarah di dalam hasil yang ada! Kami Bleecopper sangat bangga telah menjadi salah satu pengrajin tembaga yang terus berinovasi dengan berbagai produk yang kami miliki.

Proses Pembuatan Kerajinan Tembaga Tumang

Kerajinan Patung Tembaga
Kerajinan Patung Tembaga

Ketika berbicara tentang proses pembuatan kerajinan tembaga tumang, maka kita akan membicara beberapa tahap pembuatan yang cukup memakan waktu dan tingkat ketelitian tinggi. Ketika kami menciptakan kerajinan tembaga atau kuningan yang memiliki nilai seni tinggi, kami hadir dengan 5 tahapan utama dalam pembuatan kerajinan antara lain:

Pembuatan Desain Kerajinan

Proses pembuatan kerajinan yang pertama kali kami lakukan adalah dengan membuat desain produk. Kami menciptakan sketsa berdasarkan produk yang akan di produksi, proses ini sering kali menggunakan komputer untuk mendapatkan gambaran jelas dari produk yang akan diproduksi. Namun, tidak jarang menggunakan gambaran tangan untuk mendesainnya!

Ketika mendapati costumer yang ingin memiliki desain yang antik dan berbeda dari desain yang sudah ada, kami juga melayani pembuatan produk secara Costumize (yang artinya Anda bisa mendesain dan mendapatkan produk kerajinan tembaga tumang sesuai dengan keinginan Anda).

Njabung!

Proses kedua adalah Njabung, istilah yang satu ini pasti sangat asing bukan? Ini merupakan sebuah istilah yang kami gunakan sebagai media untuk menciptakan desain (ukiran) di dalam sebuah produk kerajinan tembaga kami. Proses ini bisa menghabiskan 1-2 hari kerja tergantung dari seberapa besar produk yang akan kami produksi dan seberapa keras Jabung ini akan di buat.

Proses Pengukiran

Yang selanjutnya adalah proses pembuatan kerajinan tembaga dan kuningan yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi dan mengharuskan pengrajin bersabar. Dalam menciptakan produk kerajinan tembaga kuningan, proses ini bisa di sebut sebagai proses inti (Karena ini adalah proses pola untuk membuat produk kerajinan terlihat unik dan penuh dengan nilai seni).

Pada dasarnya, proses ini harus di kerjakan oleh pengrajin yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi. Tanpa adanya pengalaman, maka desain yang di hasilkan akan jauh dari ekspektasi (bahkan gagal).

Pembentukan Kerajinan

Dalam proses ini, kami akan menyatukan bentukan yang sudah selesai di ukir dan di susun secara rapi selayaknya desain awal yang telah ada. Tentu saja! Proses ini juga tidak bisa di kerjakan oleh sembarangan orang, karena tingkat ketelitian dan jam terbang menjadi kunci keberhasilan dari proses ini.

Finishing

Pusat Kerajinan Tembaga Tumang Dengan Kualitas Tinggi
Pusat Kerajinan Tembaga Tumang Dengan Kualitas Tinggi

Proses terakhir ketika menciptakan produk kerajinan tembaga dan kuningan adalah finishing! Ini adalah proses pemberian warna pada produk kerajinan dan menyempurnakan tampilan dari produk itu sendiri. Proses ini meliputi pengamplasan, polish, dan juga pemberian coating agar warna dari produk yang ada tetap awet dan bertahan lama.

Jangan khawatir tentang kualitas yang akan kami berikan, karena kami adalah pengrajin tembaga kuningan yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun. Kami memiliki berbagai produk kerajinan tembaga dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau! Jadi, jangan ragu untuk memesan kerajinan tembaga kuningan dari kami.

Produk Kerajinan Tembaga dan Kuningan Desa Tumang

Hiasan Dinding Wayang Tembaga
Hiasan Dinding Wayang Tembaga

Ketika berbicara tentang produk kerajinan tembaga dan kuningan, maka kita akan mendapatkan ratusan produk kerajinan yang ada. Namun, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh produk kerajinan tembaga kuningan yang sering di cari dan di minati para costumer kami:

Patung Tembaga

Pilihan produk kerajinan tembaga kuningan yang pertama adalah Patung Tembaga, kerajinan patung tembaga yang kami ciptakan hadir dengan tampilan yang sangat mewah dan menawan. Patung tembaga dan kuningan sering kali di pesan sebagai sebuah monumen, atau sebagai hiasan di dalam sebuah hunian.

Kerajinan patung tembaga dari kami hadir dari berbagai ukuran, mulai dari 35cm hingga puluhan meter. Cek informasi lebih lanjut tentang patung tembaga kuningan di sini!

Kubah Masjid Dari Kerajinan Tembaga

Kubah Masjid dari kuningan dan tembaga hadir dengan berbagai keunggulannya! Produk ini hadir dengan tampilan yang mewah sehingga membuat Masjid yang ada terkesan lebih mengundang dan menarik lebih banyak perhatian. Kubah dari bahan tembaga itu sendiri juga berfungsi sebagai item dekoratif, yang artinya memiliki dampak untuk meningkatkan tampilan serta keanggunan dari model Masjid yang ada. Berikut ini kelebihan dari kubah tembaga dari bleecopper!

Lampu Dan Pintu Nabawi Kuningan

Siapa yang tidak mengenal lampu Nabawi dan pintu Nabawi? Tentu saja ini adalah item ikonik yang ada di Masjidil Haram. Lampu gantung yang ada di Masjidil Haram merupakan lampu Nabawiyah, dan kami di sini menyediakan replika lampu serta pintu Nabawiyah yang berbahan dasar logam kuningan. Produk ini tidak hanya banyak di minati karena tampilannya yang menyerupai lampu dan pintu Masjiddil Haram saja.

Namun, produk ini juga hadir dengan daya tahannya yang bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Tidak hanya dengan model lampu Nabawiyah saja, kami juga menghadirkan lampu hias Masjid yang bisa di jadikan referensi untuk item dekoratif pada Masjid Anda!

Hiasan Dinding Tembaga

Hiasan Dinding Tembaga Motif Bunga
Hiasan Dinding Tembaga Motif Bunga

Siapa di sini yang suka dengan dinding kosong tanpa adanya hiasan di dalamnya? Tentu tidak ada bukan? Di sini kami menghadirkan produk kerajinan hiasan dinding dari bahan tembaga dan kuningan. Produk ini hadir dengan berbagai motif dekoratif seperti (bunga, hewan, burung, dan juga abstrak). Produk hiasan dinding tembaga dan kuningan menjadi produk yang sangat di cari karena memiliki tampilan yang mewah dan memikat untuk di tempatkan di dalam atau pun luar ruangan Anda!

Bak Mandi Tembaga

Produk kerajinan bak mandi tembaga atau Bathtub merupakan produk kerajinan yang di produksi dengan logam tembaga berkualitas tinggi dan di kerjakan oleh pengrajin terampil kami. Ide dari produk bak mandi tembaga adalah untuk memberikan kualitas berendam di dalam bak dengan suhu air yang terjaga! Selain itu bak mandi tembaga akan memberikan Anda rasa nyaman, tampilan berkelas, dan sensasi berendam yang lebih menenangkan.

Selain contoh produk di atas, kami juga memiliki beragam produk kerajinan tembaga lainnya yang bisa Anda cek di sini!

Kelebihan Produk Kerajinan Tembaga Tumang

Kerajinan Lampu Nabawi Kuningan Minimalis
Kerajinan Lampu Nabawi Kuningan Minimalis

Kerajinan tembaga dan kuningan telah menjadi warisan budaya yang kaya, menciptakan keindahan yang tahan lama dengan sentuhan tangan ahli. Dari lampu hias elegan hingga patung artistik, benda-benda seni ini bukan hanya sekadar barang, melainkan karya seni yang mencerminkan keahlian tinggi dan nilai-nilai budaya. Artikel ini akan menjelaskan beberapa kelebihan dari kerajinan tembaga dan kuningan, menyoroti daya tahan, keindahan estetika, dan keberlanjutan sebagai faktor kunci dalam popularitasnya.

Ketahanan dan Durabilitas Tinggi

Salah satu kelebihan utama dari kerajinan tembaga dan kuningan adalah kekuatan dan ketahanannya terhadap waktu. Logam ini tidak hanya tahan terhadap korosi dan oksidasi, tetapi juga sangat kuat. Kekuatan tembaga dan kuningan membuatnya ideal untuk pembuatan barang-barang daya tahan tinggi seperti panci, wadah penyimpanan makanan, dan perabotan luar ruangan. Bahkan setelah bertahun-tahun penggunaan, kerajinan ini tetap mempertahankan keindahan dan fungsionalitasnya, menjadikannya investasi jangka panjang.

Keindahan Estetika yang Luar Biasa

Kerajinan tembaga dan kuningan memancarkan keindahan estetika yang unik. Kemampuan logam ini untuk mengambil bentuk yang halus dan detail yang kompleks memberikan seniman kebebasan ekspresi yang luar biasa. Dari vas bunga yang dipahat dengan indah hingga lampu gantung yang elegan, keindahan artistik dari kerajinan ini menambahkan sentuhan istimewa pada setiap ruangan. Pola dan tekstur yang dihasilkan oleh seniman tembaga dan kuningan memberikan nilai seni yang tinggi, menjadikan setiap karya sebagai pernyataan visual yang memukau.

Fleksibilitas Desain yang Luar Biasa

Salah satu keunggulan utama dari kerajinan tembaga dan kuningan adalah fleksibilitasnya dalam desain. Logam ini dapat dengan mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk dan ukuran, memungkinkan seniman untuk menciptakan karya-karya yang beragam dan inovatif. Dari desain tradisional hingga kontemporer, tembaga dan kuningan dapat menyatu dengan berbagai gaya dekorasi interior dan eksterior. Fleksibilitas ini memberikan konsumen pilihan yang lebih luas untuk menyesuaikan barang-barang mereka sesuai dengan preferensi dan selera pribadi.

Kemampuan Pewarnaan yang Menakjubkan

Tembaga dan kuningan memiliki kemampuan untuk menghasilkan warna yang menakjubkan melalui proses oksidasi dan patinasi. Proses ini menghasilkan lapisan oksida alami yang memberikan warna-warna unik seperti coklat kemerahan, hijau tua, dan biru tua. Seniman dapat menggunakan proses ini untuk meningkatkan keindahan karya seni mereka atau untuk mencapai efek khusus pada produk fungsional seperti lampu dan perhiasan. Kemampuan pewarnaan yang luar biasa ini menambah dimensi artistik pada kerajinan tembaga dan kuningan, menciptakan barang-barang yang tidak hanya berguna tetapi juga memukau secara visual.

Keberlanjutan dan Ramah Lingkungan

Dalam era yang semakin peduli terhadap lingkungan, kerajinan tembaga dan kuningan menonjol sebagai pilihan yang ramah lingkungan. Logam ini dapat didaur ulang tanpa kehilangan kualitas atau keindahannya. Dengan mendukung praktik pembuatan yang berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa warisan budaya ini tetap ada untuk generasi mendatang tanpa merugikan lingkungan. Pilihan untuk menggunakan bahan yang dapat didaur ulang memberikan kontribusi positif terhadap upaya global untuk mengurangi limbah dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Bleecopper Pengrajin Tembaga Kuningan Tumang

Kerajinan Logo Kuningan
Kerajinan Logo Kuningan

Kami adalah pengrajin kerajinan tembaga tumang yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi, kami telah menciptakan ratusan produk kerajinan tembaga dan kuningan. Serta sudah mendistribusikan produk kerajinan kami ke seluruh Indonesia, jadi ketika Anda ingin mendapatkan produk kerajinan tembaga dan kuningan asli dari tangan pertama maka Kamilah jawaban untuk Anda. Berikut data lengkap dan informasi lebih lanjut tentang kami!

Scroll to Top