8 Ide Desain Ruang Makan Minimalis Modern

8 Ide Desain Ruang Makan Minimalis Modern

Pada zaman sekarang ini ada banyak sekali kegiatan yang bisa di lakukan di ruang makan, terlepas dari fungsi utamanya yang menyatukan pengguna rumah untuk makan bersama, ruang makan juga bisa menjadi ruang untuk bekerja ataupun mengerjakan tugas anak-anak. Pilihan desain ruang makan minimalis modern menawarkan tampilan sederhana, bersih, dan bebas kekacauan yang sangat cocok untuk Anda coba!

Walau demikian, tidak ada aturan umum yang mengharuskan Anda untuk menggunakan berbagai furniture tertentu. Bahkan, Anda bisa menggabungkan meja makan kayu ramping dengan kursi abad pertengahan untuk tampilan yang memikat! Menambahkan lampu gantung bergaya kontemporer dengan pencahayaan yang menyebar ke setiap penjuru ruang juga dapat berfungsi dengan baik untuk ruangan Anda.

Semuanya bisa dalam desain ruang makan minimalis modern ini! Anda hanya perlu memastikan untuk menjaga ruang tetap netral dengan tekstur yang jelas!

Tips Memulai desain ruang makan minimalis modern!

Bersihkan Kekacauan yang ada

Hal pertama untuk memulai desain ruang makan minimalis modern adalah dengan membersihkan berbagai perabotan yang kurang atau tidak bermanfaat untuk ruang makan. Cara ini berkaitan erat dengan pernyataan “LESS IS MORE”, pada ruangan minimalis modern Anda harus mendapatkan alas bedak yang tepat dan terbebas dari berbagai kekacauan yang ada.

Dengan lebih sedikit perabotan yang ada, maka Anda bisa berjalan dengan lebih nyaman di dalam ruang dan memudahkan pembersihan serta perawatan ruang makan.

Tips yang bisa di coba: Gunakan meja makan minimalis dengan garis yang lebih rapi, kombinasikan dengan kursi abad pertengahan (bergaya vintage), kemudian beri lampu gantung bergaya modern dengan tampilan yang melengkapi meja dan kursi makan Anda!

Tetap pada nada netral

Untuk kesempurnaan desain minimalist modern, palet netral memiliki peran penting untuk keberhasilan Anda! Dalam desain desain ruang makan minimalis modern pilihan yang bisa di cobalah adalah putih bersih, gading, arang, dan juga kayu terang. Tujuan penggunaan warna-warna ini adalah untuk memantulkan efek warna yang ada dan membuat furniture tampil dengan lebih jelas (lebih menarik perhatian).

Tips: Menggunakan nada kayu yang ringan akan membuat ruang menjadi lebih menyatu, tambahkan juga kursi makan dengan lapisan kain kontemporer dengan warna krem atau putih. Dan akhiri dengan daya tarik seni dinding dengan warna hitam-putih.

Gunakan fitur yang sederhana

Dalam desain ruang makan minimalis modern, Anda tidak akan menggunakan banyak item atau fitur-fitur yang berlebihan. Selain membatasi kekacauan yang ada, ruangan Anda akan tampil dengan furnitur minimalis dengan tampilan ramping yang di lengkapi dengan garis-garis bersih yang kuat.

Pastikan Anda tidak terlalu banyak memasukan ornamen ke dalam ruang makan! Gunakan rak konsol terbuka dengan garis yang lebih tebal, kemudian tambahkan permadani dengan garis-garis netral modern yang berfungsi sebagai fokus utama di ruang makan.

Simmetri ruang

Untuk ruang makan, simetri menjadi kunci untuk menyeimbangkan dan memadukan tampilan yang ada! Dan mereka adalah elemen penting untuk ruangan yang memiliki keterbatasan aksen. Fokuslah pada pengaturan tata letak yang ada (meja, kursi, dan juga seni dinding) harus di atur secara terstruktur dan merata.

Gunakan lebih banyak bahan alam

Desain ruang makan minimalis modern tidak hanya sebatas penggunaan nada netral dan perabotan cadangan saja! Ketika Anda hanya fokus pada nada putih maka ruang makan akan terasa sangat hampa dan kurang menyenangkan. Untuk memberi tambahan kehangatan di dalam ruang makan minimalis, campurkan bahan-bahan di dalamnya!

Kayu alami, atau fitur ligam akan masuk dengan menawan dan memberikan tampilan ruang yang lebih hangat dan mengundang! Cobalah lampu gantung minimalis kuningan ini untuk meningkatkan tampilan di ruang makan Anda.

Namun, mengkombinasikan bahan bukan hanya sekedar pada lampu saja! Anda bisa memasukan meja makan, kursi dari bahan kayu alami dengan hasil akhir tanpa warna untuk meningkatkan pesona serta daya tarik dalam ruang makan minimalis modern Anda!

Manfaatkan area negatif

Untuk ruang makan bergaya minimalis, Anda bisa saja memiliki sebuah dinding kosong! Dari pada membiarkanya tetap kosong, cobalah untuk memberikan beberapa item aksen untuk meningkatkan daya tarik di ruang makan. Pilihan seperti hiasan dinding atau rak dengan vas bunga di pahat, atau bejana bisa membuat tampilan desain ruang makan minimalis modern semakin memikat!

Untuk memberikan daya tarik tambahan di ruang makan minimalis modern adalah dengan menyingkirkan beberapa benda yang ada untuk membuat tampilan lebih menonjol pada potongan-potongan yang ada.

Utuk area tengah meja makan, cobalah untuk memberi beberapa vas bunga atau mangkok yang lebih mencolok, lampu gantung dengan bentuk elegan, dan kursi anyaman yang nyaman. Ini adalah kombinasi sempurna untuk mengikat tampilan serta rasa nyaman di dalam ruang makan!

Geometris ruang

Hampir sama dengan bahan alami, ruang makan minimalis hadir dengan banyak keuntungan dari desain dan juga bentuk geometrisnya! Dalam proyek desain, semua item bisa hadir dengan banyak pahatan indah dengan tampilan praktis untuk memikat perhatian pengguna ruang. Namun, dalam pemilihan pastikan Anda mengedepankan fungsi dari pada tampilan!

Beri kontras yang lebih kuat!

Selain memainkan tekstur dan juga bentuk dalam proyek desain ruang makan minimalis modern ini, ruang makan minimalis juga membutuhkan tambahan kontras! Inilah yang akan membuat ruang terasa lebih hidup dan menyenangkan. Cobalah untuk mencampurkan nada terang dan gelap, bahan lembut dan tebal, bentuk bulat dengan persegi panjang, serta permukaan halus dan keras. Namun, tetaplah menggunakan nada netral dalam pencampuranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *