Kelola Emosi Anak Dengan Tips Cerdas Berikut Ini

Emosi menjadi sebuah cara untuk mengungkapkan perasaan seseorang tentang apa yang di rasakan, ada banyak pengungkapan emosi dari setiap individu pasti berbeda-beda. Emosi telah ada dalam diri setiap individu sejak saat dilahirkan. Seperti saat melihat baya yang menangis karena apa yang mereka ingginkan tidak di dapatkan,maka bayi hanya akan menangis karena mereka belum bisa mengekspresikan emosi mereka.
Bahkan bayi dan balita, belum bisa mengambarkan emosi mereka dan bagaimana kita tau apa yang mereka inginkan? Seperti saat Anak Anda marah atau merajuk karena sebuah hal kecil, maka mereka tidak bisa melakukan selain menangis, dan ini sangat berbeda dari orang dewasa. Orang dewasa akan mengungkapkan emosi mereka dengan berbagai cara yang unik.

Kelola Emosi Anak Dengan Tips Cerdas Berikut Ini

Kelola Emosi Anak Dengan Tips Cerdas Berikut Ini
Namun ada juga yang disebut sebagai anak sensitif atau anak yang mengeluarkan emosi mereka dengan berlebihan. Anak ini cenderung akan marah, frustasi, dan mengamuk. Jadi, ada baiknya Anda mengelola emosi dari anak sensitif untuk menjaga perilaku mereka tetap baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi Anak sensitif :
Sensitif bukan sebuah kelemahan !
Anak Anda tidak inggin di tinggal saat sekolah? Maka Anda akan berusaha dengan berbagai cara untuk menenangkan mereka dan meningalkan mereka. Anda harus memikirkan cara untuk membuat anak Anda mau di tinggal dan mengikuti kegiatan belajar dengan tenang.
Ya walau ini sedikit menyusahkan, jangan berfikir bahwa anak Anda penakut dan memarahi anak Anda dengan kata yang membuat mereka semakin takut seperti ” Kamu Nakal”, “Kamu membuatku susah”, “Janggan Rewel”. Pada kenyataanya kata-kata ini akan membuat mental anak Anda semakin menciut.
Anak sensitif bukan menjadi sebuah pertanda bahwa anak Anda adalah anak yang lemah. Karena setiap individu lahir dengan pribadinya tersendiri. Menjadi sebuah hal yang sangat wajar saat Anak Anda kesulitan dalam mengungkapkan emosinya.
Dalam masa ini Anda harus membantu anak Anda dalam mengatur, mengenali, dan mengedalikan emosi mereka agar pengungkapan emosi bisa lebih baik lagi.
Kenalkan Dengan Berbagai Emosi
Untuk membuat anak Anda lebih bisa mengontrol emosinya, memberikan mereka pelajaran dengan berbagai perasaan yang di rasakan merupakan cara yang baik. Anda bisa mengambarkan emot wajah, game, atau video untuk memberikan pelajaran tentang berbagai emosi yang ada.
Berikan mereka teta-teki dengan menggunakan gambar emot, seperti tujukan emot tertawa dan biarkan anak Anda menebak emosi itu. Berikan sedikit sugesti untuk pengenalan emosi Anda, seperti “Nak, bagaimana jika mainan kesayanganmu rusak, bagaimana perasaanmu?”
Setelah Anda memberikan tentang berbagai macam emosi, ini saatnya Anda mengarahkan bagaimana cara yang baik untuk menunjukan emosinya. Seperti Anda bisa mengajarkan cara yang baik untuk meminta pertukaran maian dengan teman, tanpa harus memukul atau membentak teman.
Dan berikan sedikit arahan untuk mereka menangis saat mereka merasa sedih dan marah. Dan tanamkan pada diri mereka untuk tidak berlebihan saat menangis jangan dengan berteriak-teriak dan membenturkan wajah pada lantai. Sedikit pengarahan untuk Anak sensitif akan membuat anak Anda lebih baik dalam mengekspresikan emosi mereka.
Pahami perasaan Anak Anda
Anak yang berlebihan dalam mengungkapkan emosi, merupakan Anak yang menginginkan perhatian lebih dari Anda sebagai orang tua. Karena Anak ini masih kesulitan dalam penyampaian apa yang mereka rasakan, dan kebingungan saat memberikan sikap untuk menyampaikan keinginan mereka. Sebagai orang tua, Anda harus pandai dalam memahami perasaan dari anak Anda.
Saat Anak Anda sedih, karena pembatalan sebuah janji.Maka, Anda juga harus menunjukan ekspresi bahwa Anda juga sedih harus membatalkan janji pada mereka karena tanpa menunjukan ekspresi Anda mungkin Anak Anda akan merajuk dan marah-marah.
Dengan mengekspresikan perasaan Anda pada si kecil akan membuat pengolaan perasaan dari Anak sensitif Anda lebih terkendali.
Ajari Mengatur Emosi
Setelah Anda mengenalkan berbagai macam emosi, kini saatnya Anda untuk mengajari bagaimana mengatur emosi yang di rasakan. Ajarkan mereka menarik nafas dalam dan membuang secara perlahan saat mereka merasa sedikit kesal dengan teman sepermainan, dari pada memukul teman ajarkan untuk menarik nafas dan membuat secara perlahan.
Untuk Anak yang lebih dewasa, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk menghidar dari berbagai situasi yang memicu kemarahan mereka. Menjauh dan mencari tempat yang lebih menenangkan, kamar mungkin akan menjadi tempat pribadi untuk menenangkan diri. Diamkan Anak Anda beberapa saat dan bicarakan apa masalah mereka dengan demikian Anda akan mendapat tempat lebih dekat dengan Anak Anda dan menjadikan mereka lebih terbuka dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *