Apa Anda sudah merasa bosan dengan tampilan rumah yang begitu-begitu saja? Coba kita ingat kembali kapan terakhir kali kita mendekorasi rumah? Atau kapan terakhir kalinya Anda memasukkan aksesoris terbaru Anda ke dalam ruang? Mungkin sudah lama sekali ya! Ini adalah saat yang tepat untuk mengetahui tips dekorasi rumah yang akan mengubah pesona ruangan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa mendekorasi rumah tidak selalu tentang merombak setiap sudut ruang dan mengeluarkan puluhan juta untuk memperbarui setiap furnitur yang ada! Ada beberapa tips dekorasi rumah yang benar-benar efektif dan tidak memerlukan banyak biaya. Berikut ini tips dan trik dekorasi rumah tanpa harus merusak keuangan Anda!

Mengatur ulang (secara asimetris)

Tips Mengatur Ulang Ruangan

Tips Mengatur Ulang Ruangan

Ingat, mendekorasi tidak selalu tentang memperbarui berbagai item yang ada di dalam ruangan. Namun, ide dari mendekorasi ulang adalah untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan terasa berbeda. Melakukan pengaturan ulang pada furnitur serta aksesoris merupakan salah satu cara paling efektif dan ampun untuk memperbarui tampilan pada sebuah ruangan (terlebih untuk ruang berskala kecil).

Menggunakan pengaturan simetris merupakan cara paling umum untuk mengatur furnitur (terlebih untuk sofa), namun cara ini benar-benar sudah sangat jadul! Cobalah untuk mengubah pengaturan area duduk Anda menggunakan pengaturan asimetris! Cobalah untuk meletakan sofa berlawanan dengan sudut ruang.

Kemudian pindahkan meja kopi yang selalu berada di tengah ruang ke bagian samping! Cara ini bisa memberikan kesan ruang yang terbarukan dan terasa lebih menyenangkan. Tidak hanya di ruang tamu saja, namun Anda juga bisa mengubah pengaturan kamar tidur dengan memindahkan ranjang ke tengah ruang.

Idenya adalah untuk menciptakan suasana yang berbeda dari biasanya!

Utamakan kualitas dari pada kuantitas

Ketika Anda mulai mendekorasi rumah, pastikan Anda berinvestasi pada furnitur yang memiliki kualitas terbaik! Beberapa furnitur dan aksesoris akan berada di ruangan hingga bertahun-tahun lamanya. Ketika Anda mengedepankan kualitas produk dari pada kuantitas, maka Anda akan mendapat furnitur terbaik yang akan menemani Anda hingga puluh-puluh tahun lamanya.

Walaupun untuk mendapatkan kualitas produk mengharuskan Anda mengeluarkan lebih banyak uang, namun cara ini merupakan pilihan paling bijak untuk menciptakan ruang idaman Anda!

Selain kualitas produk, jumlah produk juga menjadi faktor yang akan mempengaruhi dekorasi Anda! Ingat lah bahwa Anda memiliki batasan di setiap ruang. Terutama untuk Anda yang memiliki rumah minimalis (mungil), akan lebih baik jika Anda benar-benar memperhatikan apa yang di butuh kan!

Pilih ukuran yang tepat

Ukuran Ruang

Ukuran Ruang

Tips dekorasi rumah yang selanjutnya adalah memilih aksesoris yang tepat (berdasarkan ukuran ruang). Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan seberapa besar ukuran ruang Anda dan mulailah menyesuaikan ukuran aksesoris-aksesoris yang akan di gunakan nantinya!

Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil! Kesesuaian ukuran aksesoris dengan ruang akan menentukan tampilan ruang yang ada. Ketika memilih aksesoris yang terlalu kecil dalam ruang berskala besar akan memberi kesan ruang yang kosong. Sedangkan aksesoris besar pada ruang kecil akan memberikan dampak tampilan ruang yang aneh.

Kesesuaian adalah kunci untuk menciptakan tampilan ruang terbaik untuk rumah Anda!

Kombinasikan tekstur dan warna

Tips dekorasi rumah yang tidak kalah penting adalah menarik lebih banyak perhatian tamu yang datang. Cara yang sangat efektif untuk menarik lebih banyak perhatian adalah dengan memilih aksesoris yang di kombinasikan berdasar warna dan juga tekstur ruang. Cobalah untuk memasukkan beberapa nada yang lebih berani dan material yang tidak biasa untuk furnitur Anda.

Dan untuk hiasan dinding, Anda bisa menggunakan nada yang kontras pada dinding agar terlihat lebih mencolok! Warna mengkilap dari logam kuningan dan tembaga bisa menjadi pilihan yang cocok untuk hiasan dinding Anda.

Tanaman Hias

Tanaman Hias Ruangan

Tanaman Hias Ruangan

Kurang rasanya jika mendekorasi ruang tanpa adanya tanaman! Agar sebuah ruang tidak terasa polos, cobalah untuk memasukkan beberapa tanaman. Tidak perlu tanaman yang besar, namun beberapa tanaman hias berskala kecil sekalipun bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk meningkatkan daya tarik di dalam ruangan Anda.

Tanaman mini seperti kaktus, lili paris, lidah mertua, atau English ivy bisa menjadi pilihan yang cocok untuk meningkatkan daya tarik untuk ruangan Anda! Berikut pilihan tanaman hias dalam ruangan yang mudah di rawat.

Perbarui kain yang ada

Ketika mendekorasi rumah Anda pasti memasukkan beberapa kain! Mungkin itu gorden, sarung bantal, ataupun karpet. Kain-kain ini bisa saja menjadi kunci untuk memperbarui suasa di dalam ruangan Anda. Alih-alih membeli furnitur baru, akan lebih baik jika Anda memperbarui kain-kain yang ada!

Selain lebih hemat, cara ini juga efektif untuk memperbarui tampilan dalam ruangan.

Mengecat ulang furnitur

Dekorasi Ulang Cat Ruang

Dekorasi Ulang Cat Ruang

Tips dekorasi rumah yang terakhir adalah dengan memperbarui warna-warna yang ada! Mengecat ulang furnitur dan dinding merupakan trik yang paling cocok untuk memperbarui ruang tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Dengan memperbarui nada-nada yang ada, Anda akan mendapatkan suasana ruang yang berbeda.