Tips Kerja Dari Rumah Agar Tetap Produktif Dan Efektif

Bekerja dari rumah adalah hal baru bagi mereka yang bekerja di kantor dan ini menjadi tantangan baru untuk Anda ketika di haruskan WFH. Namun, berbeda cerita bagi mereka yang memiliki bisnis atau jaringan yang membuat mereTips Kerja Dari Rumah Agar Tetap Produktif Dan Efektifka bisa mengerjakan semua pekerjaan dari rumah.
Untuk para pekerja kantor ini bisa menjadi sangat berat karena rumah bisa menjadi area yang terlalu nyaman untuk digunakan sebagai area kerja. Dengan demikian, penyesuaian dan perubahan dalam aktivitas di rumah harus di lakukan. Ini bisa seperti sebuah kegiatan instan yang mengharuskan Anda untuk bekerja dari rumah dan harus tetap produktiv di tengah kenyaman rumah.
Berikut tips untuk transisi kerja mendadak yang bisa Anda lakukan.

Tips Kerja Dari Rumah Agar Tetap Produktif Dan Efektif

Bangun Pagi
Ketika Anda mulai bekerja dari rumah ini adalah hal yang sangat efektif untuk di lakukan, buat rutinitas Anda dari bangun pagi. Ini adalah trik sederhana, ketika tubuh sudah melakukan aktivitas pada pagi hari maka Anda akan lebih merasa segar. Sebenarnya ketika Anda bekerja di kantor, pastinya Anda akan melakukan kegiatan seperti jalan kaki naik turun tangga, mandi di pagi hari, sarapan, dan lain sebagainya. Namun, ketika bekerja dari rumah? Ini sedikit sulit tentu.
Ketika Anda bangun terlalu siang dan langsung berada di depan layar biru, maka kesannya akan terasa melelahkan dan rasa fokus sulit untuk di dapatkan, dan ini tidak akan efektif untuk jam kerja Anda. Bekerjalah dengan jam yang sesuai dengan jam di kantor. Jangan biasakan Anda bekerja hingga larut malam walau itu di rumah.
Buat jadwal
Ini sama seperti saat Anda di kantor dan membuat jadwal kerja Anda. Ingatlah jam kerja Anda harus seimbang dengan jam ketika bekerja dari kantor.
Mungkin Anda bisa menggunakan alaram di rumah untuk memastikan jam tidak kacau, mulai dari waktu bangun hingga persiapan sebelum kerja. Dan buat jam istirahat yang lebih efisien menurut Anda. Ini seperti sebuah penanda untuk mulai ke sesi selanjutnya dan membuat kerja lebih produktif walau Anda berada di rumah.
Buat skala prioritas
Ini sama seperti saat di kantor, buat catatan kecil disamping meja Anda dan tulis pekerjaan yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu. Mungkin, ketika bekerja dari rumah kita akan lebih santai karena tidak ada atasan dan rekan kerja. Namun tetap pastikan pekerjaan yang harus segera selesai cepat untuk di selesaikan.
Area Kerja
Ini bisa menjadi penunjang produktivitas Anda, jangan biarkan bekerja dari rumah membuat Anda terlalu nyaman dan bekerja di atas ranjang! Bekerja di atas ranjang tidak akan efektif, karena daya tarik dari ranjang lebih kuat dari pekerjaan Anda.
Buat ruang kerja yang lebih terorganisir yang akan membantu Anda tetap fokus dengan apa yang di kerjakan. Untuk menjaga produktivitas, pastikan Anda menggunakan kursi yang nyamman dengan sandaran punggung yang nyaman untuk menjaga badan tetap nyaman dan menghindari sakit punggung.

Pastikan juga ruang kerja bersih, karena ini akan berpengaruh terhadap tingkat stress Anda!

Istirahat
Walau Anda bekerja dari rumah, Anda harus mengatur jam istirahat Anda pada sela-sela pekerjaan. Coba beristirahat selama 15 menit, setelah Anda merasa lelah dan mengerjakan tugas yang banyak.
Jangan paksakan diri untuk bekerja terus menerus sepanjang waktu di rumah, ini tidak akan efektif dan membuat Anda lebih stress dan mungkin pusing.
Makan Teratur
Walau Anda bekerja dari rumah, pastikan Anda tetap makan pada jam yang teratur dan tidak menunda waktu makan Anda. Makan siang dan sarapan pada jam yang semestinya, dengan menu makan yang sehat dan bergizi.
Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa makan siang yang sehat akan memberikan energi yang membuat kerja lebih konsisten. Siapkan air putih di dekat area kerja Anda untuk menjaga fokus.
Komunikasi
Ketika Anda pekerja kantor, ini adalah hal yang sangat penting untuk menjaga produktifitas dan kerja berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *