Bahaya Susah Tidur Dan Cara Yang Tepat Untuk Pengobatan

Anda susah tidur di malam hari? Atau Anda sering tidur di jam 24.00 ke atas? Menurut Anda apakah ini normal? Pada dasarnya gangguan tidur adalah sebuah kelainan bagi seorang. Kesulitan tidur akan menggurangi jam tidur Anda setiap harinya dan ini akan berdampak buruk untuk kesehatan dari penderita susah tidur!
Susah tidur bisa menjadi faktor utama saat Anda merasakan kantuk di siang haru, susah tidur pada jam normal, akan menghancurkan siklus istirahat tubuh Anda dan menyebabkan bangun pagi tidak teratur dengan badan yang kurang enak tentu. Gangguan tidur yang tidak segera di tanggani akan memunculkan berbagai masalah kesehatan bagi pengidam susah tidur, bahkan bisa memicu terjadinya penyakit jantung!

Bahaya Susah Tidur Dan Cara Yang Tepat Untuk Pengobatan

Bahaya Susah Tidur Dan Cara Yang Tepat Untuk Pengobatan
Gangguan tidur dapat di sebabkan dar beberapa faktor dan memiliki berbagai cara untuk mengatasi dan beberapa faktor terjadinya gangguan, kenali dan antasi beberapa jenis kelainan tidur ini!
Insomnia
Merupakan sebuah kondisi saat seorang merasa bahwa dia membutuhkan waktu lama untuk segera tidur. Insomnia bisa terjadi karena siklus tidur yang tidak baik, stress, dan juga beberapa penyakit tertentu (Gangguan kelenjar pineal merupakan yang paling umum)
Hypersomnia
Kelainan tidur ini merupakan kondisi dimana pengidam akan membutuhkan tidur yang sangat lama, dan membuat penderita merasakan kantuk yang luar biasa di siang hari. Salah satu pemicu kelaian tidur ini adalah depresi!
Tidur dengan berjalan
Salah satu kelaian tidur yang sering terjadi lainya adalah tidur dengan berjalan, penderita kelainan ini akan sering tidur dengan berjalan dan melakukan beberapa aktivitas di luar kesadaran dari penderita.
Mimpi buruk
Mimpi buruk bisa dialami setiap orang dan penyebab utama dari mimpi buruk adalah rasa cemas yang berlebihan dan terlalu memikirkan banyak hal yang meresahkan. 
Tanda Gangguan tidur
Bagi Anda yang menderita masalah tidur, Anda bisa merasakan beberapa tanda-tanda di bawah ini:
  1. Bangun dengan waktu yang tidak tentu
  2. Merasakan sulit tidur di malam hari
  3. Bernafas dengan tidak teratur saat mau tidur
  4. Mimpi buruk, rasa cemas, dan berjalan saat tidur (sleep walking)
  5. Mengeluarkan suara-suara saat tidur (mendengkur, gigi mengertak, dan nafas tidak teratur)
  6. Setelah berhasil tidur kadang terbangun dan tidak bisa tidur kembali
  7. Badan terasa sakit saat bangun
  8. Merasakan kantuk yang berat saat siang hari dan tertidur dalam keadaan yang tidak terduka (bekerja atau bahkan saat mengemudi)
  9. Sering merasakan lelah.

Apa perlu konsultasi dengan dokter?
Dalam beberapa kasus dan Anda tidak mendapatkan tidur berkualitas Anda kembali, Ada baiknya Anda pergi ke dokter dan berkonsultasi dengan dokter Anda saat Anda mengalami susah tidur dan itu mengganggu kegatan lain. Segera konsultasikan kepada dokter Anda saat mengalami beberapa hal ini:
  • Tidur saat mengemudi
  • Tidur saat sedang membaca atau menonton tv
  • Konsentrasi hilang
  • Lesu
  • Menjadi pelupa
Pengobatan
Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah tidur Anda, semua tergantung dari sebab gangguan tidur. Anda beberapa pengobatan yang bisa mengatasi gangguan tidur :
Merubah pola hidup
Untuk tetap menjaga kualitas tidur, ada baiknya Anda mumali mengubah pola hidup Anda dengan hidup lebih sehat dengan tips ini:
  1. Lebih banyak makan makanan berserat
  2. Mengurangi kadar gula
  3. Olahraga
  4. Pengendalian stress
  5. Mengurangi kafein
  6. Berhenti konsumsi Alkohol dan rokok
  7. Jangan beranggapan tidur saat haru libur bisa menjadikan tidur Anda lebih berkualitas! Tidur terbaik adalah 6-7 jam per hari bukan 10 jam saat hari libur.
Alat tidur
Alat tidur akan sering digunakan oleh pengidam hipersomnia, alat ini akan memberikan pengguna oksigen yang terus mengalir dan terhubung dengan alat secara terus-menerus dan menjadikan pengidam merasa lebih tenang dan rileks.
Obat

Obat tidur bisa menjadi cara mengatasi gangguan tidur Anda, obat penenang dan atidepresi merupakan obat yang sering di Anjurkan. Namun, inggat jangan ketergantungan dengan obat-obatan ini.
Komplikasi
  • Keriput dan kantung mata
  • menjadi pelupa
  • konsentrasi menurun
  • Tingkat Kecemasan meningkat
  • Penurunan kewaspadaan
  • Meningkatkan resiko terserang penyakit
Pencegahan
  1. Membuat area tidur yang nyaman dan nyaman untuk memudahkan Anda tidur
  2. Berhenti mengkonsumsi alkohol dan juga rokok
  3. Kurangi kafein saat sore dan malam hari
  4. Berhenti bekerja saat larut malam
  5. Olahraga teratur.
Jadi jangan sepelekan tidur Anda, karena saat tidur adalah saat paling nyaman dan paling baik untuk menghilangkan stress dan beristirahat setelah hari-hari yang melelahkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *