Jenis Dan Cara Mengatasi Sakit Mata Yang Perih

Pada zaman ini setiap kalangan tidak akan pernah luput dari layar biru mereka, entah itu Handphone ataupun komputer. Banyak orang yang menghabiskan watu di depan layar biru mungkin akan mengalami sakit pada mata terutama merasakan mata yang perih. Bahkan mata yang persih bisa sangat mengganggu dan menyakitkan bahkan bisa menimbulkan komplikasi. Mata perih sering di gambarkan dengan sensasi bakar, nyeri atau ada sebuah benda kecil yang ada di dalam mata. Mata perih memiliki berbagai penyebab, mungkin bisa karena iritasi, debu, hingga infeksi atau radang mata.
Rasa perih di mata jangan di anggap sepele! Mata yang perih harus segera di atasi untuk membuat kondisi tidak semakin parah. Ada pun penyebab dari mata perih dan penyebabnya telah kami tulis dalam artikel ini, berikut penjelasanya!

Sakit Mata

Sakit Mata
Mata kering
Mata kering adalah yang paling sering di alami setiap orang. Mata kering menjadi sebuah kondisi mata yang terasa sangat panas dan juga perih serta berair, penderita mata kering akan merasakan sebuah sensasi kesat atau ada sesuatu yang menganjal di dalam mata (seperti pasir).
Mata perih bisa di atas dengan mudah yaitu dengan melembabkan mata menggunakan obat tetes mata. Obat tetes ini tersedia banyak di apotek, anda hanya perlu membaca aturan ketika inggin menggunanya. Untuk pencegahan dari mata kering, Anda bisa memperbanyak makan makanan yang kaya omega-3 dan banyak minum air putih, serata mengedipkan mata secara lebih sering untuk menyebarkan air mata pada permukaan mata.
Fotokeratitis (Paparan Yang Berlebihan Dibawah Sinar Matahari)
Penyebab utama dari perih mata karena paparan sinar yang berlebihan bisa terjadi pada Anda yang terlalu lama di bawah sinar matahari. Kondisi ini akan membuat mata terasa sangat perih, panas, pengelihatan berubah, dan jika tidak di tangani dengan segera bisa menjadi penyebab dari kebutaan.
Untuk Anda yang sering berada di bawah sinar matahari mata perih dari paparan sinar bisa membaik dengan sendirinya ketika Anda berpindah tempat ke area yang lebih teduh. Namun, untuk memulihkan kondisi ini dengan lebih cepat Anda perlu melakukan tindakan pencegahan dengan berada di ruangan, kaca mata hitam, tetes mata tanpa mengucek mata, dan untuk Anda yang menggunakan lensa kontak segera lepaskan.
Blepharitis (Infeksi karena Bakteri)
Blepharitis adalah mata perih yang di sebabkan karena adanya bakteri yang menyarang pada pinggiran kelopak mata atau di area tumbuhnya bola mata yang akan membuat mata terasa perih, kelopak mata memerah dan membengkak.
Anda bisa mengatasinya dengan mengompres mata menggunakan air hangat di area mata yang terasa perih. Kompres sekitar 8-12 menit dan ulangi 2 atau 3 kali sehari.  Perhatikan ketika Anda mengompres mata, gosok dengan lembut kelopak mata dan pijat memutar dan keringkan menggunakan kapas pada daerah yang terinfeksi.
Alergi
Alergi juga menjadi sebuah penyebab yang sering di temui ketika Anda merasakan mata perih. Debu, serbuk sari, bulu hewan, dan lain-lain. Untuk mengatasinya Anda bisa menghentikan konjugntivitas dengan penyebab alergi Anda. Menjauh dari penyebab alergi akan membantu Anda untuk mengurangi rasa perih, dan menggunakan tetes mata dengan kandungan Antihistamin akan meredakan rasa perih secara perkahan.
Ocular Rosacea (Radang Kulit)
Perih dimata selanjutnya bisa terjadi karena adanya radang kulit di area kelopak mata. Penyakit ini menjadi sebuah penyakit yang kambuh dan menjadi salah satu dari penyakit autoimun.
Untuk mengatasi masalah mata yang satu ini, Anda harus mengendalikan gejala ketika kambuh dan intensitas dari parahnya. Pada kenyataanya penyakit ini tidak bisa di sembuhkan, namun akan datang dan menghilang seiring waktu. Anda akan lebih sering di berikan antiseptik dari dokter mata, dan mengompres mata dengan air hangat akan mencegah kumatnya penyakit ini.
Phytegium
Atau lebih dikenal sebagai pertumbuhan selaput pada jaringan yang berbentuk segitiga merah muda yang akan muncul pada kelopak putih mata. Penyakit ini menjadi penyakit yang umum dan dapat terjadi pada siapa saja yang lebih sering berada di luar rumah.
Untuk mengatasi masalah mata yang satu ini, Anda harus segera kedokter dan berkonsultasi untuk obat yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *