Ketika berbicara tentang logam, maka kita tidak akan luput dari tembaga! Tembaga menjadi salah satu logam yang paling banyak di tembang dan memiliki nilai/fungsi besar untuk kehidupan sehari-hari. Logam tembaga sering kali di gunakan sebagai salah satu bahan pembuatan kerajinan, otomotif, obat-obatan, dan juga elektronik. Dengan banyaknya industri yang memanfaatkan tembaga, maka hal itu tidak terlepas dari jenis-jenis tembaga yang ada.

Tembaga merupakan salah satu unsur logam dengan transisi kristal di kenal dengan nomor atom 29 yang berlambangkan Cu (Cuprum), tembaga merupakan salah satu logam golongan 1B dengan berat 63,55gr/mol. Anda bisa menemukan tembaga pada berbagai senyawa atau benda padat mineral seperti karbonat, silikat, sulfida, hingga tembaga murni.

Fungsi Tembaga

Banyaknya sifat yang di miliki oleh tembaga, maka hal ini memiliki pengaruh besar untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, sifat seperti anti karat, kemudahan dalam pembentukan hingga logam dengan penghantar panas yang baik membuat logam ini dapat bekerja dengan baik untuk berbagai keperluan. Kegunaan tembaga yang paling umum di gunakan:

  1. Di jadikan sebagai komponen utama pada berbagai alat elektronik
  2. Di gunakan untuk bahan dasar kerajinan atau campuran emas atau logam lain
  3. Bahan baku kabel
  4. Pelasi anti mikroba (yang di gunakan dalam dunia medis)
  5. Pembunuh ganggang yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas air
  6. Sebagai bahan dasar pembuatan uang logam
  7. Penghantar listrik yang baik
  8. Dan lain sebagainya

Karakter Tembaga

Produk Kerajinan Tembaga Kuningan Yang Banyak Di Minati

Produk Kerajinan Tembaga Kuningan Yang Banyak Di Minati

Setiap logam hadir dengan berbagai ciri yang membuatnya terlihat berbeda dari logam lain, begitu juga dengan logam tembaga ini! Berikut ini adalah karakteristik dari logam tembaga yang membuatnya istimewa:

  1. Hadir dengan tampilan mengkilap berwarna kemerah-merahan
  2. Merupakan logam yang sangat baik untuk menghantarkan panas
  3. Mudah dalam pembentukan (sehingga menjadi logam terbaik sebagai bahan baku kerajinan)
  4. Merupakan logam anti karat
  5. Permukaan logam dapat di tutup dengan lapisan hijau dan menarik jenis karbonat basa
  6. Bereaksi dengan oksigen dan menghasilkan Cu O berwarna hitam dalam suhun 300 derajat Celsius
  7. Tidak bereaksi dengan alkasi, namun dapat larut dengan ammonia
  8. Unsur panas bereaksi dengan halogen serta uap dari belerang

Jenis-Jenis Tembaga Yang Wajib Di Ketahui

Jenis jenis tembaga dan berbagai kegunaanya

Jenis-jenis tembaga dan berbagai kegunaanya

Dengan banyaknya pemanfaatan tembaga, maka tidak heran jika ada berbagai jenis tembaga yang ada! Berikut ini jenis-jenis tembaga yang harus Anda tau:

Tembaga Dalung (TD)

Jenis tembaga yang pertama adalah tembaga dalung yang tergolong ke dalam kelas lima dan sering kali di gunakan sebagai bahan baku pembuatan dandang atau kuali bekas dengan harga yang lebih terjangkau.

Tembaga Bakar

Tembaga bakar tergolong ke tembaga kelas empat dengan harga yang lebih tinggi dari pada dalung. Tampilan tembaga bakar terlihat lebih kotor/hitam (seperti gosong), hadir dengan tampilan sisa kulit karena hasil dari proses pembakarannya.

Tembaga Biasa

Tembaga biasa adalah tembaga kelas tiga dengan harga yang masih terjangkau, hadir dengan ukuran seperti rambut atau serabut. Anda bisa menemukan tembaga jenis ini pada trafo, generator, dan juga dinamo penggerak tampilnya bersih dan tidak memiliki bau menyengat seperti sisa pembakaran.

Tembaga BC

Yang satu ini adalah jenis tembaga kelas dua dengan bentuk batangan atau pipa yang mendekati kelas tembaga super. Yang membuatnya berbeda dari kelas super adalah warnanya yang lebih hitam, sedikit kuyu, dan juga tidak mengkilap. Kulitnya yang terkelupas di karena kan proses pembakaran.

Tembaga Super (TS)

Ini adalah tembaga kelas satu dengan harga paling mahal di bandingkan jenis lainnya! Hadir dengan warna yang mengkilap, memiliki ukuran yang lebih kecil (setipis sapu ijuk), di hadirkan berupa kabel bertenggangan tinggi.

Baca Juga : Kelengkapan Produk Kerajinan Tembaga Kuningan Bleecopper!

Keunggulan Logam Tembaga

Ada banyak keunggulan logam tembaga untuk pembuatan berbagai produk seperti:

  1. Menjadi penghantar listrik yang baik
  2. Tampilannya yang mewah menjadikan logam tembaga sebagai produk kerajinan untuk menghias interior ataupun exterior rumah
  3. Mudah di bentuk, sehingga memiliki berbagai varian kerajinan serta di gunakan untuk berbagai produk
  4. Jika di kaitkan dengan bidang informasi, maka logam tembaga dapat menyalurkan informasi sampai 900 kanal telefon.

Jika Anda ingin menghias interior ataupun exterior dengan produk kerajinan tembaga, maka Anda berada di situs yang tepat! Di sini Anda bisa memesan berbagai produk kerajinan tembaga kuningan untuk memaksimalkan tampilan pada interior Anda. Bleecopper, merupakan pengrajin tembaga berpengalaman yang sudah terbukti kualitasnya. Jadi, Anda bisa melakukan pemesanan di sini untuk berbagai produk kerajinan! Dapatkan harga yang lebih terjangkau dengan kualitas tembaga premium hanya di Bleecopper.

Tagged in:

,