8 DIY Tips Dekorasi Ruang Tamu Besar 2

8 DIY Tips Dekorasi Ruang Tamu Besar

Ternyata bukan hanya ruangan berskala kecil saja yang sulit untuk di tangani, namun dekorasi ruang tamu besar juga membutuhkan perencanaan yang tepat. Berbeda dari ruang tamu kecil dengan segala keterbatasannya, ruang tamu berukuran besar juga memiliki beberapa masalah tersendiri. Memang ruang berskala besar cukup menyenangkan untuk di jadikan sebagai ruang hiburan, namun rasa nyaman dan fungsionalitas harus di pertimbangkan lagi!

Jadi, bagaimana cara paling tepat untuk mendekorasi ruang tamu besar? Simak tips cerdas berikut ini untuk menangani proyek dekorasi ruang tamu besar Anda!

Ide Dekorasi ruang tamu besar

Ciptakan Zona!

Ketika Anda memiliki ruang tamu berukuran kecil, Anda hanya bisa mendapatkan sebuah area untuk menerima dan berbincang bersama tamu serta cenderung tidak memiliki area untuk mengelompokkan furnitur. Namun, untuk ruang tamu berukuran besar Anda dapat memfungsikannya dengan lebih baik.

8 DIY Tips Dekorasi Ruang Tamu Besar 3
8 DIY Tips Dekorasi Ruang Tamu Besar

Dalam proyek dekorasi ruang tamu besar, Anda bisa memfungsikan ruang lebih dari sekedar duduk dan berbincang bersama! Namun, untuk mendapatkannya Anda harus menjadi lebih kreatif dan memanfaatkan ukuran serta bentuk ruangan yang ada.

Mulailah dengan mengidentifikasi area fungsional yang ada dan ciptakan beberapa zona seperti area percakapan, zona bermain, dan mungkin area kerja atau makan.

Pembagian ruang secara Visual

Pembagian ruang secara semi visual atau permanen dapat di lakukan dengan menggunakan permadani, tirai, wallpaper, atau dengan menempatkan furnitur secara strategis untuk mengoptimalkan rasa nyaman di dalam ruang tamu berukuran besar.

Jika Anda ingin meningkatkan pesona dekorasi ruang tamu besar, Anda bisa menggunakan sofa punggung yang menghadap ke ruang lain, kursi malas, bangku besar, lampu gantung besar, atau tanaman untuk membagi ruang.

Perlu Anda ketahui bahwa ruang tamu berukuran besar akan terlihat sangat berantakan ketika Anda tidak memiliki jangkar atau pembatas ruang. Untuk mendapatkan pembatas ruang yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan sofa sectional, meja kopi besar, bahkan rak buku built-in bisa menjadi sebuah pembatas ruang yang tepat!

Ingatlah tentang skala

Jika ruang tamu Anda hadir dengan langit-langit yang terlalu tinggi, maka Anda harus menyeimbangkan tampilan yang ada di dalam ruangan. Cobalah untuk menggunakan furnitur dengan ukuran yang lebih tinggi (jika memungkinkan). Penggunaan furnitur yang terlalu pendek pada ruangan dengan langit-langit tinggi akan menciptakan kesan ruang yang terlalu kerdil!

Untuk menyeimbangkan tampilan, cobalah untuk menggunakan rak buku yang lebih tinggi, cabinet tinggi, dan gunakan sofa dengan sandaran yang lebih tinggi dari rata-rata.

Keseimbangan merupakan kunci keberhasilan dari proyek dekorasi ruang tamu besar Anda, jadi jangan sampai terlupa!

Pencahayaan

Tak peduli tentang seberapa besar ukuran ruang yang ada, pencahayaan menjadi kunci untuk suasana di dalamnya! Untuk mendapatkan kesempurnaan pada proyek dekorasi ruang tamu besar Anda harus mempertimbangkan pencahayaan yang ada. Untungnya, ruang dengan skala besar sering kali hadir dengan banyak jendela yang menjadikan pencahayaan alami dapat mengalir dengan baik ke dalam ruangan Anda.

Yang perlu di perhatikan adalah area sudut dan ketika malam hari tiba! Bayangan gelap bisa membuat pengguna ruang merasa tidak nyaman. Jadi, sebuah sumber cahaya saja tidak akan cukup untuk menerangi ruangan Anda ketika malam tiba. Ketahuilah cara menerangi ruang tamu dengan lebih baik di sini!

Untuk mendapatkan tampian sempurna pada pencahayaan ruang tamu, Anda bisa mulai dengan memadukan lampu dari bahan logam yang ramping dalam ruangan Anda! Tampilan logam kuningan atau tembaga akan meningkatkan pesona ruang tamu dan memberikan kesan ruang yang terasa lebih mewah. Dapatkan lampu logam tembaga kuningan hanya di sini!

Warna

Pilihan warna dan pola yang tepat dapat menjadi cara untuk mencegah bentangan yang terlalu besar pada dinding ruang tamu berukuran besar! Warna dan pola dapat memotong tembok yang terlalu tinggi dan memberikan tampilan ruang yang terasa lebih nyaman. Kemudian penambahan lis dinding dengan corak netral atau nada warna yang di cat di atas dan bawah cetakan akan memberikan kesan dramatis dalam ruangan Anda.

Beri Sedikit Ruang!

8 DIY Tips Dekorasi Ruang Tamu Besar 1
8 DIY Tips Dekorasi Ruang Tamu Besar

Hal yang terlihat lucu dan aneh ketika mendekorasi ruang tamu adalah membiarkan sofa bersandar pada dinding! Entah itu ruangan dengan ukuran kecil atau besar, memberi sedikit area bebas pada dinding dan furnitur akan menciptakan tampilan ruang tamu yang lebih baik. Begitu juga ketika Anda mendekorasi ruang tamu besar, menyisakan sedikit area bebas ke dinding adalah hal yang sangat baik!

Anda bisa menarik tempat duduk dari dinding dan menciptakan area percakapan yang lebih nyaman di sekitar area fokus yang ada, ini adalah cara terbaik untuk memaksimalkan rasa nyaman pada ruang berskala besar.

Jadilah Berani

Karya seni dan juga aksesoris dalam ruangan berskala besar haruslah serasi dan tampil lebih berani! Apa pun hiasan dinding yang Anda pilih untuk menghiasi ruangan Anda pastikan untuk menggunakan ukuran yang serasi. Anda bisa mempertimbangkan hiasan dinding kuningan tembaga dari kami karena Anda bisa menyesuaikan ukuran dengan ukuran dinding yang Anda miliki.

Namun, jika Anda ingin menghiasi ruangan dengan bingkai foto yang menarik cobalah untuk menggunakan bingkai yang lebih besar dan kemudian satukan dengan beberapa potongan yang ada! Dan tetaplah ingat untuk tetap menjaga keserasian dari bingkai foto yang Anda miliki.

Pengulangan

Untuk ruangan dengan ukuran yang besar, memiliki lebih banyak furnitur dan aksesoris akan terasa serampangan! Ide yang patut untuk di pertimbangkan dalam menyatukan ruang berskala besar adalah dengan menggunakan furnitur dan menyatukan gaya yang ada dengan pengulangan.

Cobalah untuk mengulangi pola dan juga warna yang ada untuk membawa mata mengelilingi ruang dan memberikan kesan lebih menyenangkan secara visual!

Untuk Anda yang memiliki ruang tamu dengan skala besar, ide dekorasi ruang tamu besar ini bisa menjadi petunjuk untuk mengoptimalkan tampilan dalam ruangan Anda! Dengan bersabar dan menjadi lebih kreatif Anda akan mendapatkan tampilan sempurna untuk ruangan tamu besar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *