Jenis Pencahayaan Interior Untuk Meningkatkan Suasana Ruang

Jenis Pencahayaan Interior Untuk Meningkatkan Suasana Ruang

Pencahayaan merupakan salah satu faktor terpenting untuk membangun sebuah ruangan. Berbagai jenis pencahayaan hadir untuk menciptakan tampilan ruang yang lebih menawan dan nyaman untuk di tempati. Namun sayangnya, tidak setiap jenis pencahayaan bisa di terapkan di setiap ruang.

Setiap jenis pencahayaan bisa di bedakan berdasarkan sumber dan juga intensitas cahaya yang ada. Beberapa fitur pencahayaan hadir dengan pencahayaan lebih redup untuk menghangatkan ruang, dan fitur lain hadir dengan intensitas lebih tajam untuk meningkatkan fokus.

Ketika Anda mulai mendekorasi sebuah ruangan, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis pencahayaan terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mendekorasi ruang dan menghadirkan kesan sesuai dengan kebutuhan.

Pencahayaan Utama (General Lighting)

Jenis Pencahayaan Tipe General
Jenis Pencahayaan Tipe General

Jenis pencahayaan yang pertama adalah pencahayaan utama atau lebih di kenal sebagai general lighting. General lighting merupakan pencahayaan yang berfungsi untuk menerangi seluruh ruangan dan bertujuan agar setiap inci ruang dapat di lihat secara jelas.

General lighting bisa di bagi menjadi beberapa fitur seperti lampu gantung, lampu langit-langit, pencahayaan alami, dan lain sebagainya.

Ketika Anda menghadirkan pencahayaan ini, akan lebih baik jika Anda menambahnya dengan dimmer (pengendali intensitas cahaya). Dengan tambahan item ini, Anda akan lebih mudah mengatur suasana di dalam ruangan sesuai kebutuhan Anda.

Lampu Tugas

Pencahayaan Tipe Tugas
Pencahayaan Tipe Tugas

Seperti namanya, lampu ini hadir dengan sebuah tugas khusus! Biasanya pencahayaan jenis ini di fungsikan untuk menerangi sebuah objek tertentu. Dan berfungsi untuk meminimalisir bayangan yang mengganggu di sebuah area kerja.

Baca Juga: Tips Pencahayaan Ruang Tamu Dengan Dampak Luar Biasa!

Jika itu adalah ruang tamu, maka lampu tugas akan menerangi sebuah area khusus yang di gunakan orang untuk membaca. Jika di dapur, maka ini adalah pencahayaan yang menerangi area khusus yang membutuhkan lebih banyak fokus.

Pencahayaan Aksen

Jenis Pencahayaan Aksen Sconce Dinding
Jenis Pencahayaan Aksen Sconce Dinding

Pencahayaan tipe aksen merupakan pencahayaan dengan intensitas cukup kecil (hanya untuk sebuah objek tertentu). Tujuan dari pencahayaan ini adalah untuk menonjolkan sebuah item yang ada di dalam ruangan, agar mata pengguna ruang secara langsung tertuju pada fitur yang Anda tonjolkan tersebut.

Jika Anda memiliki sebuah hiasan dinding kuningan atau lukisan antik dan ingin memamerkannya dengan lebih jelas, maka pencahayaan tipe aksen harus ada di dalam ruangan Anda!

Mendefinisikan ruang

Jenis pencahayaan yang satu ini merupakan tipe yang di butuh kan ketika Anda menerapkan konsep rumah terbuka. Pencahayaan mendefinisi ruang bertujuan untuk memperjelas setiap ruang yang adai dalam rumah Anda.

Contoh sederhana, jika rumah Anda hadir dengan konsep terbuka yang menghilangkan sekat pada ruang tamu dan ruang makan. Maka, cahaya pembagi yang bisa di masukan adalah pencahayaan terang sebagai (general lighting) dan pencahayaan dengan intensitas hangat di atas meja makan untuk mendefinisikan area makan Anda.

Lampu Sorot

Pencahayaan Sorot
Pencahayaan Sorot

Hampir sama dengan lampu tipe aksen, lampu sorot merupakan sebuah jenis pencahayaan yang di fungsikan untuk menerangi area tertentu sama dengan tipe aksen. Namun, biasanya lampu sorot bisa di gerakan sesuai keinginan Anda.

Jadi, lampu ini bisa di katakan sebagai lampu aksen yang mudah di atur penumpatnya.

Pencahayaan dekoratif

Lampu Hias Kuningan
Lampu Hias Kuningan

Seperti namanya, Jenis pencahayaan dekoratif merupakan tipe pencahayaan yang berfungsi sebagai pemanis ruangan. Pencahayaan ini juga dapat di gunakan untuk membuat ruang terlihat semakin menawan dan mewah.

Lampu dekoratif bisa Anda dapatkan dalam berbagai bentuk seperti halnya lampu lotus kuningan di bawah ini.

Lampu Hias Motif Lotus
Lampu Hias Motif Lotus
Lampu Hias Lotus Kuningan teratai
Lampu Hias Kuningan teratai

Jika Anda ingin memasukkan lampu dekoratif ke dalam ruangan dengan bentuk yang berbeda, Anda bisa melakukan costum desain di Bleecopper dengan mudah! Cukup kirimkan foto beserta ukuran yang Anda inginkan. Kami akan membuat lampu dekoratif sesuai dengan keinginan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *