Kerajinan Dari Logam Dan Berbagai Contohnya

Kerajinan dari logam atau yang lebih dikenal sebagai kriya logam merupakan sebuah bentuk kerajinan tangan yang di hasilkan untuk menciptakan sebuah produk kerajinan yang berasal dari bahan dasar logam. Kerajinan dari logam hadir dengan ciri khasnya tersendiri yaitu di buat dengan menggunakan metode ukiran tangan secara manual.

Ketika kita berbicara tentang kerajinan dari logam, maka beberapa orang mungkin akan langsung tertuju pada penggunaan bahan dasar alumunium, baja, seng dan juga besi sebagai bahan dasar pembuatannya. Namun, pada dasarnya produk kerajinan dari bahan dasar logam lebih dari itu! Kerajinan logam tembaga kuningan menjadi salah satu contoh produk kerajinan dari logam yang kini tengah mendunia. Berikut ini beberapa contoh kerajinan dari logam yang wajib untuk Anda ketahui:

10 Contoh Kerajinan Dari Logam

Berbicara tentang produk kerajinan logam, maka kita akan mendapati banyak pilihan yang ada di sana. Namun, berikut ini 7 contoh kerajinan logam yang paling populer saat ini:

1. Ukiran Logam

Ukiran Logam Kuningan
Ukiran Logam Kuningan

Ukiran logam adalah seni memahat atau mengukir logam untuk menciptakan gambar, desain, atau teks. Contohnya termasuk relief pada pintu masjid atau gereja yang menggambarkan cerita agama, ukiran pada perhiasan logam, atau detail yang rumit pada perabot rumah tangga seperti meja atau kunci pintu.

2. Patung Logam

Kerajinan Logam Patung Tembaga
Kerajinan Logam Patung Tembaga

Patung logam adalah karya seni tiga dimensi yang dibuat dengan memanipulasi logam. Kerajinan ini biasa terbuat dari logam tembaga, kuningan, besi, dan juga aluminium. Patung logam bisa menjadi monumen kota yang megah, instalasi seni kontemporer, atau patung kecil untuk koleksi pribadi.

3. Kerajinan Logam Berbentuk

Kerajinan logam bentuk seperti vas, mangkuk, atau hiasan dinding adalah contoh lain dari karya logam yang indah. Produk ini menggunakan metode tempa atau dibentuk dengan menggunakan teknik khusus untuk menciptakan bentuk dan tekstur yang unik.

4. Perhiasan Logam

Perhiasan logam adalah contoh lain dari kerajinan logam yang indah. Gelang, anting-anting, kalung, atau cincin yang terbuat dari logam mulia seperti emas, perak, atau platinum adalah karya seni kecil yang memamerkan detail halus dan keindahan logam.

5. Pengerjaan Logam untuk Fungsionalitas

Selain seni, logam juga digunakan untuk membuat barang-barang fungsional seperti alat masak, lampu, atau furnitur. Desain unik dan ketahanan logam membuatnya populer dalam pembuatan barang-barang sehari-hari yang tahan lama.

6. Karya Logam Kontemporer

Dengan perkembangan teknologi dan teknik pembuatan, ada banyak karya logam kontemporer yang mengeksplorasi batas-batas seni logam. Mulai dari instalasi besar hingga karya kecil yang inovatif, seniman logam modern terus menciptakan karya-karya yang memukau.

7. Seni Relief

Relief Logam Tembaga
Relief Logam Tembaga

Seni relief memanfaatkan dimensi kedua untuk menciptakan gambar atau desain yang menonjol dari permukaan logam. Relief ini bisa ditemukan di monumen, dinding bangunan, atau bahkan barang hiasan seperti plakat.

Kerajinan logam hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, memamerkan keindahan, kekuatan, dan keunikan dari material logam itu sendiri. Dari tradisional hingga modern, kerajinan logam terus menginspirasi dengan keindahan dan keterampilannya.

8. Kubah Masjid Tembaga

Produk kerajinan logam selanjutnya yang tidak kalah mewah dan menarik adalah produk kerajinan kubah Masjid Tembaga, produk yang satu ini merupakan produk ikonik untuk umat Islam karena di gunakan sebagai penghias untuk exterior dari Masjidnya. Selain dari bahan tembaga, kubah kuningan juga menjadi salah satu pilihan yang patut untuk di pertimbangkan sebagai penghias exterior Masjid.

9. Kerajinan Mendali Dari Logam

Mendali merupakan salah satu kerajinan yang sering di pesan dari Bleecopper, dimana produk ini di gunakan untuk memberi apresiasi pada pemenang atau seorang yang berjasa pada sebuah organisasi atau perlombaan. Produk mendali dari logam sering kali di pesan dalam 3 pilihan bahan yaitu bahan logam tembaga, logam kuningan, dan juga alumunium.

10. Lampu Robyong Tembaga

Lampu Robyong Tembaga
Lampu Robyong Tembaga

Produk Kerajinan dari logam yang tidak kalah menarik adalah produk lampu robyong tembaga atau kuningan. Produk kerajinan ini hadir sebagai dekoratif untuk memberikan pencahayaan di dalam atau di luar ruangan. Selain memberi pencahayaan, lampu robyong dari tembaga atau kuningan juga memiliki daya tarik lebih karena bentuk dan desainnya yang elegan nan menawan.

Baca Juga: Pengrajin Lampu Robyong Tembaga Kuningan Berkualitas.

Teknik Pembuatan Kerajinan Dari Logam

Ada beberapa teknik utama yang digunakan dalam pembuatan kerajinan logam. Setiap teknik memerlukan keahlian khusus dan sering kali merupakan kombinasi dari keterampilan tradisional dan teknologi modern. Berikut adalah teknik yang digunakan dalam pembuatan kerajinan dari logam:

1. Pengecoran Logam

Pengecoran adalah proses mencairkan logam kemudian menuangkannya ke dalam cetakan untuk membentuk bentuk tertentu. Proses ini bisa menggunakan cetakan pasir atau cetakan yang terbuat dari bahan lain. Teknik ini umumnya digunakan untuk membuat patung logam atau komponen industri yang kompleks.

2. Pemintalan Logam

Pemintalan adalah proses menggulung logam menjadi lembaran tipis atau kawat. Ini biasanya digunakan dalam pembuatan kawat logam, lembaran logam untuk industri, atau dalam pembuatan perhiasan.

3. Penempaan Logam

Penempaan melibatkan memukul atau menekan logam untuk membentuknya. Dalam proses ini, logam dipanaskan hingga suhu tinggi kemudian dibentuk menggunakan palu atau mesin penempa. Teknik ini menghasilkan kekuatan yang tinggi dan detail yang halus. Seni ukir logam dan pembuatan peralatan tangan sering menggunakan teknik ini.

4. Pengelasan

Pengelasan adalah teknik menggabungkan dua atau lebih potongan logam dengan pemanasan hingga titik lebur atau dengan menggunakan tekanan tinggi. Ini adalah teknik yang digunakan dalam konstruksi, pembuatan kendaraan, peralatan industri, dan karya seni logam yang kompleks.

5. Pemotongan Logam

Pemotongan logam melibatkan pemisahan logam dengan menggunakan pisau, mesin potong laser, atau alat lainnya. Teknik ini digunakan untuk membuat bagian-bagian kecil dari logam, detail yang halus pada karya seni, atau dalam industri pembuatan barang-barang logam.

6. Pengukiran Logam

Pengukiran logam adalah proses menghapus sebagian material dari permukaan logam untuk membuat gambar atau pola tertentu. Pengrajin menggunakan berbagai alat seperti pahat, dremel, atau alat pengukir logam lainnya untuk menciptakan detail yang rumit.

7. Lasser Cutting

Teknik terakhir yang sering di gunakan dalam pembuatan kerajinan logam adalah teknik lasser cutting, ini adalah teknik yang menggunakan media lasser untuk menghasilkan tekstur dan bentuk sesuai dengan desain yang di inginkan. Teknik ini akan membuat lembaran plat menjadi berlubang dan membuatnya terlihat lebih menarik secara desain.

Setiap teknik ini membutuhkan keahlian khusus, pemahaman tentang karakteristik logam yang digunakan, dan sering kali kombinasi dari keterampilan tradisional dengan teknologi modern. Kreativitas dan keahlian dalam menggunakan teknik-teknik ini adalah kunci dalam menciptakan kerajinan logam yang indah dan fungsional.

Pesona Kerajinan Dari Logam

Ornamen Exterior Logam Tembaga
Ornamen Kerajinan Dari Logam Tembaga

Kerajinan logam bukan hanya sekadar karya seni. Mereka memiliki daya tarik yang tak tertandingi dan banyak manfaat yang mengagumkan.

1. Keindahan yang Abadi

Kerajinan logam, dengan ketahanan dan keawetannya, menawarkan keindahan yang abadi. Mereka dapat menjadi pusat perhatian dalam dekorasi rumah atau bahkan menjadi warisan yang dilestarikan dari generasi ke generasi.

2. Fleksibilitas dalam Desain

Logam dapat dipoles, ditekuk, dan dibentuk menjadi berbagai bentuk dan ukuran. Hal ini memberikan kebebasan bagi pengrajin untuk menciptakan karya yang unik dan menyesuaikan desain sesuai keinginan.

3. Ketangguhan yang Tidak Terbantahkan

Kerajinan dari logam, dengan sifat-sifatnya yang tahan lama dan kokoh, tidak hanya memancarkan keindahan tetapi juga memberikan fungsionalitas yang tinggi. Mereka dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari dekorasi hingga konstruksi.

Melalui sentuhan kreatif para pengrajin, logam yang awalnya hanya bahan mentah, berubah menjadi karya yang memukau. Keterampilan mereka tidak hanya menciptakan objek yang indah secara visual tetapi juga menginspirasi perasaan yang mendalam di hati setiap orang yang melihatnya.

Kerajinan dari logam tidak pernah lepas dari inovasi. Penggunaan teknologi modern seperti pemotongan laser, pencetakan 3D, dan material yang lebih maju telah membuka pintu untuk lebih bereksperimen dan menghasilkan karya yang lebih menakjubkan.

Scroll to Top